Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Tips Keamanan Call Center untuk Melindungi Data Pelanggan

Tips Keamanan Call Center untuk Melindungi Data Pelanggan

15 April 2021

Image of Tips Keamanan Call Center untuk Melindungi Data Pelanggan

Penyalahgunaan dan juga pelanggaran data sudah marak terjadi yang dimana hal tersebut dapat terjadi setiap harinya dengan jumlah pelanggaran yang tentunya tidak sedikit. Banyak sekali pertanyaan diberikan kepada perusahaan mengenai apakah mereka dapat menjamin bahwa segala segala data customer yang mereka punya dapat terjaga dengan sangat baik dan dipastikan bahwa data tersebut jauh dari gangguan para pembajak diluar sana. Penting sekali bagi perusahaan untuk menanggapi hal seperti ini dan membuktikan bahwa mereka mampu untuk memastikan terjaganya setiap data konsumen yang dimiliki. Pada masa ini juga diketahui perkembangan dan juga peningkatan pada industri call center atau contact center seperti adanya layanan Inbound dan Outbond contact center sampai muncul dan berkembangnya Omnichannel menjadikan proses yang dijalankan menjadi lebih efektif dan juga efisien. Tetapi dengan berkembangnya hal-hal tersebut, masih rentan akan terjadinya pelanggaran privasi yang terjadi. Dengan memahami bagaimana cara agar call center atau contact center dapat melindungi segala data customer, dipastikan hal tersebut dapat mencegah akan terjadinya pelanggaran dan pebajakan data. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda implementasikan agar layanan call center/contact center anda dapat melindungi setiap data customer yang sudah dimiliki. 

Kuatkan Protokol Keamanan Security Question 

Pelanggaran yang terjadi pada kebocoran informasi dan juga data pribadi sudah banyak memakan korban yang menjadikan kerugian kepada individu tersebut. Dengan begitu, anda harus dapat menguatkan keamanan data customer anda terutama pada protokol kemananan security question yang dipunya. Berikanlah pertanyaan keamanan yang dimana hanya dapat dijawab oleh customer resmi yang anda miliki. Gunakan metode pertanyaan yang spesifik dan juga pertanyaan yang tidak hanya berada di dokumen data customer anda tersebut seperti, sudah berapa lama mereka memiliki akun ini ataupun kapan pertama kali mereka membuat akun tersebut dan juga kapan terakhir kali mereka menggunakan akun tersebut. 

Terapkan Pengamanan Extra 

Apabila anda hanya memiliki satu lapisan pertahanan terhadap segala data customer yang anda miliki, hal tersebut merupakan suatu yang sangat fatal karena akan mudahnya pembajakan ataupun penyalahgunaan data tersebut. Dengan begitu sebisa mungkin gunakanlah lebih dari tiga lapisan pertahanan agar anda lebih mudah mengetahui segala aktivitas yang dilakukan terhadap suatu profile tersebut dan dapat mengidentifikasi apabila terdapat aktivitas yang mencurigakan dalam hal tersebut. 

Edukasi Agent dan Upgrade Resources 

Setiap agent dan juga sumberdaya yang dimiliki juga menjadikan suatu aspek agar mencegah pelanggaran keamana terhadap seluruh data customer yang anda miliki dapat tentunya agar menjadikan data tersebut seaman mungkin. Anda dapat mengedukasi setiap agent yang dimiliki dengan memberikan training dan mentoring untuk memastikan bahwa semua agent yang dipunya sudah layak dan tentunya dapat menjalankan segala aturan untuk menjaga setiap data yang sudah ada dan juga mencegah akan terjadinya pelanggaran keamanan data customer. Selain itu, sumberdaya seperti trainers, modules, dan juga development program yang tidak kalah penting untuk menambah skill customer service kepada setiap agent yang dimiliki. Meningkatkan sistem perangkat lunak atau Software juga menjadikan aspek agar setiap data customer yang ada jauh dari virus yang memungkinkan dapat membahayakan segala data tersebut. 

Memiliki pelayanan call center dengan teknologi yang mumpuni guna menyempurnakan pengalaman pelanggan memanglah penting, tetapi disamping itu segala sistem yang dimiliki untuk melindungi segala data pelanggan juga menjadi target yang ingin diperoleh. Dengan begitu diharapkan beberapa tips keamanan call center untuk melindungi segala data customer diatas dapat membantu anda untuk memiliki keamanan yang lebih baik lagi pada pelayanan customer yang sudah disediakan. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan solusi Call Center untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan rencana bisnis anda dengan memiliki perlindungan data yang memuaskan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Call Center yang kami miliki. 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik