Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Fitur Microsoft Teams untuk Work From Home Lebih Produktif

Fitur Microsoft Teams untuk Work From Home Lebih Produktif

09 Mei 2020

Image of Fitur Microsoft Teams untuk Work From Home Lebih Produktif

Fitur Microsoft Teams untuk Melakukan Konferensi Online

Semakin merebaknya wabah Coronavirus (Covid-19), pemerintah sudah menghimbau kepada masyarakat di Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah salah satunya adalah dengan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Dibutuhkan layanan penunjang untuk menjaga produktivitas karyawan agar tetap berkomunikasi saat bekerja dari rumah. Untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi serta meningkatkan produktivitas kinerja dan aktivitas kegiatan Work From Home antara perusahaan dengan karyawan maupun karyawan dengan sesama rekan kerja, dibutuhkan aplikasi seperti video conference dan platform collaboration untuk membantu terhubung satu sama lainnya. 

Microsoft Teams bisa menjadi andalan Anda untuk membantu memperlancar aktivitas Work From Home Anda. Microsoft Teams adalah salah satu aplikasi bagian dari Microsoft 365 yang memang ditujukan untuk aktivitas pekerjaan. Berdasarkan data dari Dailysocial.id, Microsoft Teams mendapatkan lonjakan pengguna baru yang cukup signifikan selama masa Work From Home di berbagai belahan dunia. Pada bulan April 2020 terdapat 75 juta pengguna aktif harian dengan telah digunakan oleh peserta rapat hingga sejumlah 200 juta dalam sehari. Sedangkan untuk pembanding, aplikasi Zoom mengklaim angka 300 juta dan Google Meet dengan angka 100 juta peserta rapat dalam sehari. Jumlah ini meningkat dari bulan Maret 2020 yang memiliki jumlah pengguna aktif harian sebesar 44 juta pengguna. 

Microsoft Teams menyasar segmentasi pengguna profesional yang membutuhkan aplikasi untuk kolaborasi secara digital yang dapat diakses di berbagai platform. Microsoft Teams dapat diakses melalui laptop, Mac, Windows, dan juga tersedia versi mobile untuk Android maupun iPhone sehingga Anda tetap bisa terupdate dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Dengan menggunakan Microsoft Teams, Anda bisa membuat grup sesuai dengan kebutuhan Anda dan mendukung integrasi dengan berbagai aplikasi lainnya. Fitur Microsoft Teams yang handal lainnya seperti fasilitas pesan instan, panggilan suara, video call, berbagai dokumen, meeting online, dan sebagainya. Anda juga dapat merekam aktivitas meeting online Anda untuk kemudian dijadikan sebagai informasi pendukung pekerjaan Anda. Proses penggunaannya tergolong mudah karena sudah terintegrasi dengan Microsoft 365. Selain itu, Microsoft Teams juga memiliki sistem keamanan yang canggih sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kebocoran data yang Anda miliki. Fitur Microsoft Teams lainnya yang dapat Anda rasakan keuntungannya adalah sebagai berikut : 

  1. Solusi Messaging yang Lengkap. Fitur perpesanan atau chatting merupakan fitur inti dari Microsoft Teams. Fitur ini menjadi solusi perpesanan profesional yang terintegrasi dengan berbagai perangkat dengan dukungan pesan melalui teks, audio, dan juga video Call. Anda dapat dengan mudah membuat sebuah channel untuk tim kerja berdasarkan jenis proyek yang sedang dikerjakan. Anda juga bisa menyisipkan gambar, stiker, emoji di dalam chat sehingga pengalaman mengirim pesan Anda dapat lebih menyenangkan. Microsoft Teams juga memudahkan Anda untuk berbagi file dengan berbagai format seperti zip, pdf, docx, pptx, maupun extensi file lainnya dalam jumlah banyak. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan Microsoft Teams dengan Skype for Business sehingga membuat conference call menjadi mudah dan nyaman. 
  2. Terintegrasi Penuh dengan Microsoft 365. Microsoft Teams dapat terhubung dengan mudah pada beberapa aplikasi yang tersedia di Microsoft 365 seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Selain itu, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan cloud di Microsoft OneDrive sebesar 1TB per pengguna. Integrasi Microsoft Teams dengan Microsoft 365 meliputi perpesanan dalam jendela Microsoft 365, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik membuka aplikasi ketika sedang menggunakan Microsoft Teams karena seluruh aktivitas pengeditan dapat dimonitor oleh siapa saja dan dengan mudah sehingga dapat mencapai keputusan lebih cepat dan lebih efisien. (Baca : Microsoft 365 untuk Aktivitas Produktif dan Efektif saat Work From Home)
  3. Terdapat Banyak Add-ins. Terdapat berbagai ragam aplikasi tambahan atau Add-ins yang dapat disambungkan ke Microsoft Teams dengan mudah melalui Microsoft Store seperti Adobe Creative Cloud, MURAL, WebEngage, YellowAnt, dan Egnyte.
  4. Hadir di Berbagai Platform. Microsoft Teams tersedia di berbagai platform seperti dapat digunakan di laptop Windows, Mac, Android, dan iOS sehingga pekerjaan menjadi lebih lancar. Segala perubahan yang terdapat dalam akun Microsoft Teams akan muncul dalam bentuk notifikasi sehingga berkirim pesan dan melakukan video call menjadi lebih mudah. 
  5. Pengurangan Bising Real Time. Fitur Microsoft Teams ini secara real time dapat meminimalkan kebisingan latar belakang yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, fitur ini dapat memungkinkan pengguna untuk mendengar lebih jelas apa yang dikatakan selama sedang meeting online
  6. “Raise Hand” . Fitur Microsoft Teams satu ini memungkinkan siapa saja dalam meeting mengirim sinyal visual bahwa mereka mempunyai sesuatu yang ingin disampaikan terutama ketika sedang meeting besar, sehingga akan ada suara bel yang terdengar pada saat seseorang ingin berbicara.
  7. Integrated Teams and RealWear HMT-1 head-mounted device. Fitur Microsoft Teams ini akan memudahkan pekerja yang ada di lapangan untuk dapat mengakses informasi dan berkomunikasi jarak jauh dengan para ahli lebih mudah dari lokasi kerja mereka.
  8. Penjadwalan Lebih Mudah. Fitur Microsoft Teams ini untuk memastikan bahwa jadwal seperti konsultasi pasien kesehatan, pertemuan klien, wawancara kandidat pekerjaan dapat dengan mudah dijadwalkan, dikelola, dan dilakukan. 
  9. Obrolan di Window Terpisah. Fitur Microsoft Teams ini memudahkan penggunanya untuk memunculkan obrolan di jendela terpisah untuk membantu merampingkan alur kerja serta beralih dengan lebih mudah antara percakapan yang sedang berlangsung.
  10. Dukungan terhadap offline dan bandwidth rendah. Fitur Microsoft Teams ini memungkinkan Anda membaca pesan chat serta menulis tanggapan bahkan tanpa koneksi internet. Sehingga Anda bisa melakukan berbagai hal dimanapun dengan mudah. 
  11. Efek Latar Belakang. Fitur Microsoft Teams ini membuat video background ketika sedang melakukan meeting online menjadi diburamkan. Dengan adanya fitur ini, membuat peserta rapat dapat mengganti video background yang dimiliki dengan gambar yang telah disediakan. Nantinya, Microsoft akan mengembangkan fitur ini sehingga pengguna dapat mengupload gambar yang dimilikinya untuk latar belakang. 
  12. Keamanan Langsung dari Microsoft. Keamanan sangat diunggulkan karena didukung langsung dan dikembangkan oleh Microsoft sehingga Microsoft Teams menjaga data Anda agar tetap aman. Selain itu, Microsoft Teams juga dapat membuat saluran tersendiri sehingga kerahasiaan data Anda dan informasi terkait data pribadi dapat tersimpan rahasia. 
  13. Peningkatan Kapasitas Grup Chat. Terdapat pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft Teams, yaitu meningkatkan kapasitas grup chat dari yang sebelumnya 100 peserta menjadi 250 peserta yang akan memudahkan Anda dan perusahaan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Namun, untuk kapasitas maksimum panggilan video adalah 20 peserta. 

 

Berbagai fitur Microsoft Teams tersebut tentunya dapat membantu Anda untuk lebih produktif dan efisien dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan kerja sehingga tercapai target yang sudah ditetapkan terutama dalam kondisi Work From Home seperti sekarang ini. VADS Indonesia dapat membantu Anda dalam menyediakan Microsoft Teams yang di bundle dengan Microsoft 365.  Dengan menggunakan layanan dari VADS Indonesia, Anda akan mendapatkan on-site support dan user onboarding yang tersertifikasi dan siap membantu Anda dalam 24x7 untuk membantu Anda bekerja menggunakan Microsoft 365 terutama penggunaan Microsoft Teams. Hubungi kami di marketing@vads.co.id untuk dukungan teknis dalam memenuhi kebutuhan Anda untuk meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya bisnis Anda selama Work From Home. Tingkatkan produktivitas Anda selama #DiRumahAja sekarang juga dengan Microsoft 365 dari VADS Indonesia. Info lebih lanjut, klik www.vads.co.id



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik