Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Digital Customer Experience Trends 2024

Digital Customer Experience Trends 2024

05 Januari 2024

Image of Digital Customer Experience Trends 2024

Pada tahun 2024, perusahaan-perusahaan akan fokus pada personalisasi, interaksi omnichannel yang seamless, antarmuka percakapan, privasi data, analisis prediktif, dan pemberdayaan pelanggan. Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi canggih akan menjadi kunci utama yang bukan hanya untuk efisiensi, namun yang lebih penting, untuk merawat hubungan manusiawi. Simak beberapa trend digital customer experience yang dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan layanan pelanggan berikut ini:

Generative AI dan Machine Learning

Kecerdasan buatan generatif (Generative AI) berfokus pada pembuatan data atau konten baru, yang dapat digunakan untuk membuat gambar, teks, atau musik, dengan mempelajari pola dari data yang ada. Pembelajaran mesin (Machine Learning) berfokus pada pengembangan sistem komputer yang dapat belajar dari data tanpa pemrograman eksplisit. Penggunaan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin semakin meluas, memungkinkan pengalaman pelanggan yang lebih responsif dan personal.

Hyper-personalisasi

Pengalaman pelanggan yang disesuaikan secara individual adalah pendekatan yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang unik dan relevan untuk setiap pelanggan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan data pelanggan untuk memberikan rekomendasi, konten, atau layanan yang sangat relevan dan sesuai dengan preferensi, perilaku, atau kebutuhan masing-masing pelanggan.

Virtual dan Augmented Reality

Kombinasi antara virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) digunakan untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terlibat kepada pelanggan, baik dalam pembelian produk, demonstrasi, maupun interaksi lainnya.

Seamless Omnichannel

Tren ini berkaitan dengan pengalaman pelanggan yang imersif, di mana pengguna dihadapkan pada pengalaman yang lebih mendalam, biasanya melalui teknologi seperti Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR). Pengalaman ini memengaruhi berbagai saluran komunikasi (omnichannel) untuk memberikan pengalaman yang terhubung dan konsisten.

Keamanan Data Akan Menjadi Penting

Keamanan data menjadi sangat penting dalam digital customer experience karena melibatkan penggunaan data pelanggan yang sensitif. Ini mencakup perlindungan terhadap peretasan, penggunaan data secara etis, serta mematuhi peraturan dan standar keamanan yang berlaku.

Meningkatnya Interaksi Suara dalam Customer Experience

Interaksi suara semakin dominan dalam pengalaman pelanggan, di mana pengguna dapat berinteraksi dengan teknologi menggunakan suara mereka, seperti asisten virtual atau pengenalan suara untuk melakukan transaksi atau mendapatkan informasi.

Fokus pada Customer Journey

Pendekatan ini menitikberatkan pada pemahaman mendalam tentang perjalanan pelanggan dari awal hingga akhir. Ini mencakup semua touchpoint yang mungkin dilalui oleh pelanggan dan memastikan pengalaman yang seamless sepanjang perjalanan tersebut.

Keterlibatan Pelanggan Proaktif

Pendekatan ini melibatkan interaksi yang lebih aktif dari perusahaan kepada pelanggan, bukan menunggu pelanggan datang dengan masalah atau pertanyaan mereka, tetapi aktif memberikan informasi atau solusi yang relevan sebelum pelanggan menghadapi masalah.

Synthetic Customers: Mengubah CX dengan Persona Buatan

Penggunaan persona buatan atau "synthetic customers" untuk memahami dan merancang pengalaman pelanggan yang lebih baik, seringkali menggunakan AI untuk memodelkan berbagai tipe pelanggan.

 

Kami percaya bahwa masa depan customer experience akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggan yang semakin kompleks. PT VADS Indonesia, sebagai mitra terpercaya dalam menghadapi tantangan dan menerapkan inovasi untuk menciptakan customer experience yang luar biasa. Mari bersama-sama menjelajahi arah baru dalam customer experience, membangun hubungan yang berarti, dan meraih keunggulan bersama. Segera hubungi kami dan mulailah perjalanan baru menuju customer experience yang unggul dan terhubung!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik