Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Inbound Contact Center Automation: Pengertian dan Contoh Penerapannya

Inbound Contact Center Automation: Pengertian dan Contoh Penerapannya

02 Februari 2023

Image of Inbound Contact Center Automation: Pengertian dan Contoh Penerapannya

Tingkat kesuksesan perusahaan saat ini tidak hanya didasarkan pada angka penjualan produk. Di samping itu, kepuasan pelanggan juga menjadi faktor lain yang dapat menentukan sukses atau tidaknya perusahaan dalam memberikan pelayanan. Karena itulah, diperlukan layanan inbound contact center automation yang prima untuk menerima setiap keluhan dan permintaan konsumen. 

Namun, belum semua perusahaan mengerti tentang layanan inbound contact center dan fungsi pentingnya dalam meningkatkan tingkat kepuasan konsumen. Biasanya, perusahaan seperti ini masih dalam tahap merintis sehingga belum memiliki tim contact center dan peralatan yang memadai. Lantas, bagaimana cara penerapan contact center yang efektif? 

Apa itu inbound contact center

Inbound contact center adalah layanan yang menerima panggilan masuk dari pelanggan atau calon pelanggan perusahaan. Layanan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti komplain, pertanyaan tentang produk atau jasa, atau permintaan lainnya, dengan respons yang cepat. Selain itu, perusahaan yang memiliki layanan contact center juga dapat memberikan penanganan konsumen yang baik serta melakukan penjualan atau cross selling kepada pelanggan.  

Pada layanan inbound contact center, ketika ada panggilan masuk dari pelanggan, ia akan langsung berbicara kepada agen yang bertugas. Staf inbound contact center kemudian menangani panggilan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Dalam beberapa kasus, panggilan masuk dapat dialihkan secara otomatis ke agen berikutnya berdasarkan faktor tertentu, seperti waktu dan jenis panggilan. Dalam kasus lain, pelanggan dapat diminta untuk on hold sebentar sampai agen tersedia. 

Selain itu, inbound contact center juga biasanya menggunakan berbagai program dan software untuk membantu mengelola aliran panggilan dan melacak informasi pelanggan. Alat ini dapat mencakup perangkat lunak perutean panggilan, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM), alat pelaporan, dan analitik. 

Manfaat menerapkan inbound contact center 

Terdapat sejumlah manfaat yang perusahaan dapat rasakan begitu menerapkan layanan inbound contact center. Beberapa manfaat penerapan layanan ini di antaranya adalah; 

  1. Meningkatkan pengalaman pelanggan

 

Perusahaan yang menerapkan layanan inbound contact center automation dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tidak hanya mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa yang disediakan perusahaan. Namun, mereka juga akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan tidak terlupakan, sehingga menarik mereka untuk menjadi pelanggan tetap. 

Pengalaman tersebut dapat berupa layanan support yang responsif, tentunya dengan teknologi kecerdasan buatan untuk memudahkan pelanggan dalam berkomunikasi. Sehingga, pelanggan akan mendapatkan kesan positif dan merekomendasikan perusahaan kepada relasi mereka. 

  1. Operasional bisnis jadi lebih efisien

 

Penerapan layanan inbound contact center automation juga dapat menjadikan operasional bisnis lebih efisien. Hal ini bisa terjadi karena semua kebutuhan konsumen dapat disampaikan dengan cepat melalui contact center. Selain itu, kebutuhan yang menuntut respons dari divisi terkait dapat dihubungkan langsung oleh tim contact center. Sehingga, tidak terjadi penundaan dalam proses operasional perusahaan. 

  1. Kelola traffic panggilan lebih mudah

 

Layanan inbound contact center automation juga dapat mempermudah perusahaan dalam mengelola traffic panggilan. Hal ini sangat penting untuk perusahaan yang memiliki traffic panggilan cukup tinggi karena layanan ini dibuat untuk menangani panggilan dalam jumlah besar tanpa mengorbankan kualitas. Artinya, pelanggan Anda masih bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan, bahkan di saat traffic panggilan sedang tinggi. 

  1. Bantu tingkatkan leads bisnis Anda

 

Meskipun prospek penjualan biasanya dilakukan oleh layanan outbound contact center, ternyata layanan inbound juga dapat membantu meningkatkan prospek penjualan. Hal ini terjadi karena mereka dapat memberikan tingkat layanan pelanggan yang lebih tinggi. 

Artinya, pelanggan akan cenderung melakukan pembelian berulang dengan Anda jika mereka merasa diperhatikan. Pelanggan yang senang juga cenderung berbagi pengalaman baik mereka dengan orang lain, sehingga menghasilkan lebih banyak pemasaran dari mulut ke mulut untuk bisnis Anda. 

Inbound vs. outbond contact center, apa bedanya? 

Seperti yang sempat disinggung di atas, terdapat layanan outbound contact center dengan perbedaan yang cukup signifikan dari layanan inbound. Beberapa hal yang membedakan keduanya adalah; 

  • Inbound contact center berfokus pada layanan konsumen, sementara layanan outbound berfokus pada penjualan produk atau layanan kepada pelanggan. 
  • Software yang digunakan layanan inbound biasanya berfungsi untuk menerima panggilan, sementara software dari layanan outbound terfokus untuk melakukan panggilan ke luar. 

Mengenal inovasi inbound contact center automation  

 

Saat ini, layanan contact center dapat dilakukan secara otomatis dengan mengandalkan kecerdasan buatan atau AI, yang disebut sebagai inbound contact center automation. Perbedaan signifikan dari layanan konvensional jelas terlihat, di mana contact center satu ini dilakukan oleh komputer yang sudah dimasukkan program kecerdasan buatan.  

Sehingga, kecerdasan buatan inilah yang akan menjawab seluruh permintaan pelanggan. Nah, Anda dapat memenuhi kebutuhan akan inbound contact center automation ini dengan mengandalkan PT VADS Indonesia (VADS).  

Layanan yang disediakan VADS Indonesia dapat menjadikan layanan pelanggan bisnis Anda lebih efektif karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan. Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, layanan inbound contact center automation dari VADS Indonesia dapat menjawab seluruh pertanyaan konsumen, dari yang umum sampai spesifik, dalam waktu singkat. Terlebih lagi, layanan ini dapat menghemat pengeluaran operasional karena Anda tidak memerlukan tenaga contact center yang bersiaga 24 jam untuk menjawab pertanyaan konsumen yang berulang. 

Penerapan inbound call center automation harus disiapkan secara baik dan tepat untuk menunjang kepuasan pelanggan. VADS Indonesia menyediakan inbound contact center yang layanannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, bahkan sudah tersedia automation juga. Seluruh kebutuhan seperti  customer service, service desk, hingga walk in center dapat dipenuhi lewat layanan satu ini. 

Alhasil, perusahaan Anda tetap dapat melakukan layanan contact center untuk pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Untuk menggunakan inbound contact center automation dan layanan lain dari PT VADS Indonesia, silakan klik di sini. 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik