Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Bagaimana Voicebot Membantu Meningkatkan Penjualan Anda?

Bagaimana Voicebot Membantu Meningkatkan Penjualan Anda?

09 Februari 2021

Image of Bagaimana Voicebot Membantu Meningkatkan Penjualan Anda?

Perusahaan semakin banyak yang melakukan outsourcing terutama pada layanan pelanggan. Salah satu faktor yang mempertimbangkan perusahaan melakukan outsourcing adalah supaya lebih fokus pada bisnis inti mereka, selain itu ditemukan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk investasi dalam hal layanan pelanggan semakin tinggi setiap tahunnya. Tentunya layanan pelanggan merupakan kebutuhan pokok dalam setiap perusahaan.

Salah satu layanan pelanggan yang harus dimiliki perusahaan adalah panggilan melalui telemarketing atau panggilan outbound yang berfungsi untuk meningkatkan revenue perusahaan. Namun untuk menjalankan layanan outbound, dibutuhkan biaya per unit panggilan, biaya overhead, ataupun jumlah keuntungan yang diperoleh. Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang dapat mempermudah cara kerja outbound dan juga dengan harga yang terjangkau. Salah satu teknologi yang digunakan adalah dengan Artificial Intelligence. Penggunaan Artificial Intelligence atau AI dalam outbound salah satunya menghasilkan solusi Voicebot. 

Apa itu Voicebot?

Voicebot adalah layanan perangkat lunak yang didukung oleh Artificial Intelligence dalam menangani panggilan telepon tanpa manusia. Di dalam voicebot disisipkan pula penggunaan Natural Language Processing sehingga menghasilkan suara alami yang mirip dengan manusia dan juga pemrosesan bahasa secara alami. Beberapa panggilan masih bersuara sintesis yang terdengar seperti robot namun beberapa perusahaan suah menggunakan AI yang menghasilkan suara seperti manusia atau teknologi TTS (text-to-speech) sehingga suara alami yang mirip manusia membantu meningkatkan kualitas panggilan suara secara keseluruhan dan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Manfaat Menggunakan Voicebot

Voicebot dapat dimanfaatkan untuk melakukan panggilan penjualan atau outbound contact center dengan biaya nya yang rendah dan juga dapat melayani selama 24/7 dalam melakukan panggilan telepon merupakan manfaat yang nyata dan membantu perusahaan dalam meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan Anda. Tidak ada batasan dalam memperluas jalur panggilan dan tidak membutuhkan biaya sumber daya manusia yang lebih banyak akan cocok untuk perusahaan yang ingin memulai aktivitas penjualan dalam waktu yang singkat.

Selain itu, perusahaan tidak perlu ragu mengkhawatirkan kualitas suara atau ketidakmampuan dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan yang diberikan oleh voicebot, AI yang disisipkan oleh NLP akan menghasilkan suara seperti manusia sehingga dapat membantu menghasilkan kualitas prospek penjualan yang lebih baik.

Voicebot memang memiliki keunggulan yang luar biasa disisi untuk meningkatkan revenue perusahaan dan efisiensi budget dalam layanan pelanggan. Namun, voicebot belum bisa sepenuhnya menggantikan tenaga penjualan manusia. Beberapa sektor industry masih tetap membutuhan sentuhan manusia dalam memberikan peran kunci keberhasilan outbound contact center. Voicebot dapat membantu menyaring data dan informasi terkait kebutuhan para pelanggannya. Selain itu, voicebot juga akan membuat para tenaga penjualan menghemat waktu dan energi sehingga tenaga penjualan dapat fokus terhadap klien tertentu. Hal ini merupakan sebuah kesempatan dalam meningkatkan layanan pelanggan dan contact center perusahaan untuk menjadi lebih baik.

Meningkatkan Penjualan dengan Smart Outreach

Dalam beberapa kebutuhan, voicebot akan menjadi hal besar dalam layanan pelanggan karena penggunaannya yang mudah, responsif, dan juga personalisasi. Voicebot akan menjadi alat dukungan layanan pelanggan yang banyak diminati oleh perusahaan. VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk mengimplementasikan voicebot sebagai salah satu fitur untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda terutama untuk outbound call center dengan solusi Smart Outreach. Smart outreach atau voicebot adalah software yang didukung oleh kecerdasan buatan yang membantu penelepon berkomunikasi layaknya sistem suara interaktif (IVR) yang dapat merespons secara alami. Beberapa manfaat yang dapat dipertimbangkan dalam memilih Smart Outreach untuk meningkatkan penjualan perusahaan adalah :

  • Data Collection

Smart Outreach dapat digunakan perusahaan dalam melakukan data collection untuk memperbarui data pelanggannya dan juga dapat digunakan dalam memverifikasi data pelanggan yang ingin upgrade layanan.

  • Reminder

Smart Outreach dapat dimanfaatkan perusahaan dalam memberikan reminder kepada pelanggan terkait dengan penagihan billing, pembayaran, dan juga reminder lainnya terkait dengan tagihan.

  • Sales dan Marketing

Smart Outreach dapat digunakan untuk mendapatkan leads dan data untuk nantinya dapat digunakan untuk penjualan. Selain itu, Smart Outreach juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perjanjian pertemuan dengan klien.

VADS Indonesia menyediakan smart outreach hanya dengan setting 5 hari kerja untuk basic setup dalam mengimplementasikan  smart outreach sebagai salah satu fitur untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda dengan keuntungan sebagai berikut :

  • Secara otomatis dapat mengenali bahasa Indonesia dan bahasa lokal lainnya melalui machine learning
  • Flesibilitas dalam hal durasi
  • Setting cepat dan dapat diintegrasikan dengan sistem yang lainnya atau yang Anda miliki
  • Tersedia untuk berbagai macam channel
  • Dapat diintegrasikan dengan agent dengan human augmented bot (hybrid)

Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan demo product untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kegunaan smart outreach untuk meningkatkan penjualan perusahaan Anda.

 

 

Source : chatbotslife.com



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik