Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa itu AI Contact Center?

Apa itu AI Contact Center?

12 Mei 2023

Image of Apa itu AI Contact Center?

Tingginya harapan konsumen terhadap perusahaan, membuat perusahaan harus melakukan inovasi untuk memberikan customer experience yang baik. Artificial Intelligence atau AI memiliki potensi besar terutama dalam inovasi contact center dengan mengotomatisasi tugas-tugas rutin yang dilakukan oleh para agen dan meningkatkan efisiensi. Berbagai industri seperti ritel, layanan kesehatan, perbankan, dan travel sudah mulai menggunakan teknologi ini.

Apa itu AI Contact Center?

AI atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang memungkinkan mesin atau komputer melakukan tugas-tugas customer experience yang biasa dilakukan oleh manusia. Dalam konteks ini, AI diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan dukungan pelanggan. Hal ini dicapai dengan membantu agen dalam membantu pelanggan melalui pertanyaan umum dan pelacakan pesan, membimbing pelanggan dalam proses pembelian, membuat janji temu dan reservasi, dan membantu mengarahkan permintaan pelanggan ke agen yang tepat.

Apakah AI akan menggantikan agen contact center?

Tujuan hadirnya teknologi AI dalam contact center merupakan bagian pelengkap dari contact center dan membuatnya menjadi lebih efisien. Teknologi AI dapat membantu interaksi pelanggan secara self service, namun teknologi tersebut masih belum bisa menggantikan tingkat empati, kecerdasan emosional, dan inisiatif yang dimiliki oleh agen contact center. Cara yang tepat memanfaatkan teknologi ini adalah menggabungkan antara teknologi AI dengan agen contact center. Walaupun teknologi AI dapat mengotamatiskan secara cerdas tugas-tugas yang repetitif dan memakan waktu, agen contact center tetap menjadi orang terbaik dalam memberikan layanan pelanggan terutama kepada klien potensial yang bernilai tinggi.

Apa saja fungsi AI Contact Center?

AI tidak hanya meningkatkan customer experience, tetapi juga pengalaman karyawan yang menjadi lebih produktif. Sehingga agen dapat menyederhanakan pekerjaannya dan dapat fokus pada permasalahan yang lebih kompleks. Penggunaan AI contact center bukan hanya sebagai penghematan dan efisiensi budget saja namun juga sebagai alat untuk menghasilkan pendapatan bisnis seperti pemasaran dan penjualan, memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan, melakukan pembelian, dan membangun percakapan yang dapat disesuaikan dengan niat konsumen. Beirkut ini merupakan fungsi AI contact center lainnya:

1. Peningkatan efisiensi 

AI Contact Center

AI dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin dan repetitif, seperti menjawab pertanyaan umum pelanggan dan melakukan pemrosesan data. Hal ini memungkinkan agen contact center untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks dan bernilai tinggi, sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi keseluruhan.

2. Perbaikan pengalaman pelanggan

AI Contact Center

Dengan menggunakan AI, contact center dapat memberikan dukungan pelanggan yang lebih cepat dan lebih responsif. AI dapat memberikan solusi instan untuk pertanyaan umum pelanggan melalui chatbot atau sistem self-service, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Personalisasi yang lebih baik

AI Contact Center

Dengan kemampuan analitiknya, AI dapat menganalisis data pelanggan secara real-time dan memberikan informasi yang relevan dan personal. Hal ini memungkinkan contact center untuk memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan individu pelanggan, meningkatkan tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan.

4. Prediksi dan analisis

AI Contact Center

AI dapat menganalisis data historis dan pola perilaku pelanggan untuk memberikan insight yang baik untuk contact center. Dengan pemodelan prediktif dan analisis data yang canggih, AI dapat membantu mengidentifikasi tren, memprediksi kebutuhan pelanggan, dan mengoptimalkan strategi layanan pelanggan.

5. Biaya yang lebih murah

AI Contact Center

Dengan mengotomatiskan sejumlah tugas dan proses, penggunaan AI dapat mengurangi biaya operasional contact center. AI juga dapat membantu mengoptimalkan alokasi sumber daya dan mengurangi kesalahan manusia, yang dapat mengurangi biaya penanganan dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.

Secara keseluruhan, penggunaan AI dalam contact center dapat meningkatkan kinerja operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menghasilkan keuntungan bisnis yang lebih baik. PT VADS Indonesia menyediakan layanan AI contact center dengan 24/7 dukungan penuh untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelangan Anda. Diskusikan layanan AI contact center Anda sekarang juga!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik