Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Virtual Call Center, Layanan Call Center di Era New Normal

Virtual Call Center, Layanan Call Center di Era New Normal

19 April 2021

Image of Virtual Call Center, Layanan Call Center di Era New Normal

Virtual call center adalah call center yang memberikan layanan pelanggannya dengan tidak berada di satu lokasi. Mereka berada di berbagai lokasi, bisa bekerja dari rumah ataupun bekerja di kantor yang berbeda namun tetap terhubung melalui software virtual call center. Virtual call center bisa digunakan oleh perusahaan untuk memberikan dukungan kepada para pelanggannya di berbagai zona waktu yang dibutuhkan sehingga dapat memberikan solusi hemat biaya untuk solusi call center.

Berbagai keuntungan dengan menggunakan virtual call center diantaranya adalah tidak ada batasan geografis sehingga agen dapat login secara fleksibel, dapat diakses melalui phone ataupun laptop, dapat di set up secara cepat dengan menggunakan sistem virtual phone, serta dapat dimonitor secara live. Selain itu agen virtual call center tidak membutuhkan perangkat telepon namun bisa diakses melalui browser menggunakan laptop atau mobile phone. Sistem yang digunakan virtual call center juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem lainnya seperti helpdesk, CRM, billing software, analytics, dan lainnya. Virtual call center hanya menggunakan IP Network seperti LAN dan WAN untuk memastikan data dan suara memiliki kualitas yang bagus.

Cara kerja virtual call center pada dasarnya memiliki call center yang dapat diakses dari jarak jauh. Platform virtual call center dapat dihosting di cloud atau d premises tertentu tergantung kebutuhan dari masing-masing perusahaan. Setelah sistem selesai diterapkan, agen virtual call center masuk ke dalam sistem dari lokasi masing-masing dan siap untuk menangani panggilan pelanggan seperti yang ada di lingkungan kantor.

Pekerjaan agent virtual call center sama seperti yang dikerjakan agen call center pada umumnya yaitu menangani panggilan telepon masuk dan keluar dan biasanya dibutuhkan kemampuan untuk menangani tugas-tugas berikut :

  • Menjawab panggilan telepon
  • Membalas email atau pesan obrolan online
  • Menangani masalah pelanggan
  • Mengarahkan pelanggan ke bagian resolusi apabila dibutuhkan penyelesaian yang kompleks
  • Melakukan telemarketing dan penjualan
  • Melakukan panggilan untuk verifikasi data

Agen virtual call center membutuhkan peralatan komputer yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam melayani hubungan pelanggan. Selain itu diperlukan juga pengalaman dan pelatihan untuk memberikan agen bekal yang cukup dalam mengelola layanan pelanggan perusahaan. Selain memiliki pengetahuan tentang perusahaan tempat mereka bekerja, mereka juga harus dilatih mengenai cara menangani masalah umum terkait pelanggan. Sehingga mereka harus memiliki beberapa keterampilan berikut :

Keterampilan interpersonal

Keterampilan berkomunikasi sehingga agen harus tersenyum, professional, dan ramah terutama dalam berbicara di telepon dengan nada yang jelas. Sehingga agen virtual call center harus mahir dalam menanggapi telepon.

Kesabaran

Agen call center virtual harus bisa sabar terutama dalam menghadapi penelepon yang frustasi atau marah terkait dengan keluhannya. Sehingga agen call center virtual harus mampu mengatasi situasi tersebut.

Kemampuan dalam memecahkan masalah

Agen virtual call center harus mampu berpikir cepat, menilai situasi, dan mencari solusi terbaik dalam setiap permasalah yang dialami oleh para pelanggannya masing-masing.

Keterampilan berorganisasi

Agen virtual call center membutuhkan banyak informasi dan beralih dari satu panggilan ke panggilan yang lain dengan permasalahan yang berbeda, sehingga dibutuhkan orang yang bisa mengatur dan selalu siap dalam setiap panggilan yang berbeda tersebut.

VADS Indonesia menghadirkan layanan virtual call center yang melayani pelanggan berbagai perusahaan di berbagai saluran. VADS Indonesia mengetahui dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman dukungan dengan menggunakan virtual call center yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi layanan pelanggan perusahaan Anda. Hubungi kami, dan kami akan mendemonstrasikan bagaimana virtual call center dapat meningkatkan upaya dukungan layanan pelanggan Anda. Yakin dengan berbagai manfaat dari virtual call center tapi bingung mau mulai dari mana? Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai virtual call center untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda.

 

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik