Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 5 Contoh Penerapan Social Media Analytic untuk Bisnis

5 Contoh Penerapan Social Media Analytic untuk Bisnis

07 Maret 2023

Image of 5 Contoh Penerapan Social Media Analytic untuk Bisnis

Berkutat di bidang bisnis pada era digital seperti sekarang ini membuat Anda mau tidak mau berhubungan dengan dunia media sosial. Selain untuk berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan media sosial, Anda juga dapat menjalankan social media marketing. Namun, supaya dapat berjalan dengan baik, Anda perlu melakukan social media analytic. Apa itu dan bagaimana contoh penerapannya dalam bisnis? Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda!

Pengertian social media analytic

Social media analytic merupakan proses pemahaman dan analisis data di social media. Katakanlah Anda mengunggah beberapa konten yang berbeda dalam seminggu. Melalui data analytic, Anda dapat mengetahui seberapa banyak respons positif pada setiap unggahan Anda. Dengan begitu, ke depannya Anda dapat lebih fokus pada konten yang lebih disukai oleh target audiens Anda.

Bagaimana cara kerjanya?

Anda bisa menemukan analytic pada social media yang Anda gunakan. Biasanya terdapat metrik yang dapat dilihat, seperti impression, engagement, dan content. Setelah memperoleh data pada metrik-metrik tersebut, Anda bisa mengolahnya.

5 Contoh penerapan social media analytic

Lalu, bagaimana contoh penerapannya? Berikut adalah beberapa contohnya untuk bisnis supaya Anda dapat lebih memahami social media analytic.

  1. Mengukur ROI strategi social media marketing

Tujuan utama dari mendapatkan view, like, retweet, dan share adalah ROI atau hasil dari segala upaya yang Anda lakukan pada akun media sosial. Katakanlah Anda sudah menentukan sebuah goal, yaitu meningkatkan brand awareness. Jika tujuannya seperti itu, ROI-nya dapat diukur melalui pertumbuhan pengikut atau impresi dari kampanye yang Anda lakukan.

Lalu, bagaimana mengukur ROI dengan benar? Pertama, Anda harus menentukan key performance indicator atau sering disebut sebagai KPI. Jika indikator-indikator tersebut tidak tercapai, bisa dikatakan bahwa upaya Anda masih perlu ditingkatkan. Anda dapat menggunakan tools, seperti Google Analytic untuk menyesuaikan performa ke arah yang benar dan lebih positif.

  1. Bantu Anda membangun customer profiling

Hampir 61 persen pelanggan mengharapkan perusahaan untuk mendengarkan pendapat mereka. Melalui social media analytic, Anda dapat mengetahui preferensi dari para pelanggan dan mengumpulkannya sebagai data untuk kemudian hari. Tentunya, Anda dapat melakukan survei untuk mendapatkan garis besar daripada hasil yang terlalu subjektif.

Untuk hasil yang lebih efektif, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah menemukan komunitas yang sejalan dengan bidang perusahaan Anda. Dari situ, Anda dapat mengambil berbagai data yang memiliki atribut yang beragam, kemudian, menggabungkannya dengan data media sosial Anda untuk menjadi bahan analisis.

  1. Alat untuk mengidentifikasi influencer yang tepat

Influencer merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif membawa banyak pelanggan. Namun, memilih influencer yang tepat memerlukan analisis yang cukup dalam. Sebab, influencer populer saja belum cukup untuk mendongkrak brand awareness. Anda harus melihat, apakah influencer tersebut mempunyai relevansi dengan bisnis Anda.

Bagaimana cara menemukan influencer yang tepat? Tentunya, Anda bisa menggunakan analytic. Dari situ, Anda bisa menemukan influencer yang dapat memberikan engagement maksimal serta dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai tujuan-tujuan ke depannya.

  1. Mengukur brand health di mata konsumen

Tidak dapat dipungkiri jika pendapat pelanggan terhadap brand Anda sangat berpengaruh pada keberlangsungan perusahaan. Akan tetapi, Anda tidak selalu tahu apa yang dipikirkan oleh pelanggan. Biasanya mereka hilang tanpa sepengetahuan Anda. Melalui social media analytic, Anda dapat memantau kesehatan brand di mata konsumen secara real time.

Bagaimana caranya? Di dalam analytic, Anda dapat menemukan volume dari pelanggan yang merespons konten Anda, dan gunakan data tersebut untuk membandingkan dengan milik kompetitor.

  1. Meringkas biaya marketing

Setiap perusahaan tentunya menginginkan pengeluaran yang lebih sedikit, terutama di bidang pemasaran. Namun, terkadang social media marketing membutuhkan dana yang besar dan hanya memberikan hasil yang kurang maksimal. Melalui social media analytic, Anda berkesempatan menekan pengeluaran dan melakukan upaya lebih efisien dan efektif.

Itulah beberapa penerapan social media analytic yang bagus untuk keberlangsungan bisnis. Anda dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan memilih influencer yang akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Selain itu, Anda dapat menekan biaya pengeluaran pemasaran secara efektif dan efisien, tapi tetap dengan hasil yang maksimal.

Jika masih bingung, Anda tidak perlu khawatir karena PT VADS Indonesia siap membantu dalam pengelolaan social media analytic Anda. VADS Indonesia adalah perusahaan tepercaya yang siap membantu Anda dalam memaksimalkan upaya pemasaran digital sekaligus customer experience. Untuk informasi lebih lengkapnya, langsung klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik