Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Pentingnya Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

Pentingnya Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

13 Mei 2022

Image of Pentingnya Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

Bagi pemilik bisnis, membuat content marketing adalah salah satu cara efektif untuk melakukan pemasaran. Pasalnya, content marketing merupakan suatu strategi berupa penyebaran konten yang relevan dengan bisnis. Dengan menyebarkan konten ini, audiens akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau bisnis Anda. 

Tentunya, membentuk strategi marketing yang kuat akan membantu bisnis Anda untuk bertumbuh dan berkembang. Berikut ini penjelasan pentingnya content marketing dan bentuk-bentuknya. Anda bisa menyesuaikan bentuk content marketing yang dibutuhkan bagi bisnis Anda. Dengan begitu, pemasaran yang Anda lakukan bisa tepat sasaran.

Pentingnya content marketing untuk bisnis

Content marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda. Hal ini diperlukan untuk menarik perhatian audiens agar bisa mengetahui produk atau brand Anda. Ada beberapa poin penting mengapa bisnis Anda harus melakukan content marketing, salah satunya untuk meningkatkan awareness. 

Dengan kehadiran konten yang Anda sebarkan, maka banyak orang akan memahami brand dan produk yang Anda tawarkan ke publik. Konten tersebut juga bisa digunakan oleh calon konsumen untuk melakukan riset. Biasanya, jika para calon konsumen sudah tertarik dengan brand ataupun produk dari bisnis Anda, mereka akan menggali lebih dalam tentang hal-hal yang bersangkutan dengan produk yang mereka minati. 

Jika sudah demikian, mereka akan melakukan pertimbangan hingga akhirnya sampai pada tahap pembelian. Apabila banyak orang sampai pada tahap pembelian, maka strategi marketing Anda berhasil meningkatkan awareness dan juga daya beli masyarakat. Itulah pentingnya content marketing untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda.

7 Bentuk content marketing

Sebelum membuat konten untuk content marketing, Anda perlu memahami beberapa bentuk konten yang bisa Anda gunakan. Dengan mengetahui ragam content marketing, Anda bisa membuat konten yang tepat.

  1. Infografik

Banyak orang membutuhkan informasi, namun sayangnya ilmu yang ada disajikan dalam bentuk tulisan yang panjang. Alhasil, banyak orang tidak tertarik untuk membaca secara lengkap. Untuk itu, muncullah infografik yang disajikan dengan gambar dan tulisan yang sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Poin pentingnya adalah Anda harus bisa menyampaikan informasi secara padat dan to the point.

  1. Video

Bentuk content marketing yang kedua adalah video. Saat ini, video masih dianggap sebagai konten yang efektif untuk memberikan edukasi bagi banyak orang. Apalagi, saat ini platform YouTube sangat digandrungi oleh banyak orang, baik tua maupun muda. Konten dengan format video dapat lebih mudah dinikmati serta dipahami oleh banyak orang.

  1. Podcast

Konten yang sempat meningkat beberapa tahun ke belakang ini adalah podcast. Podcast adalah konten berupa suara layaknya Anda mendengarkan radio. Namun, tidak seperti radio yang banyak memutarkan lagu, podcast hanya berisi perbincangan antara pemilik akun dengan tamu undangan, misalnya. Dari konten ini, orang-orang bisa mendapatkan informasi dan ilmu dengan mudah. Mereka hanya perlu mendengarkan podcast yang berisi topik relevan dengan bisnis Anda.

  1. Blog

Salah satu konten tradisional yang sudah ada sejak lama adalah blog. Tak hanya blog, tapi juga website karena biasanya pada website bisnis, Anda bisa menempatkan section berisi artikel-artikel terkait produk Anda. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat artikel atau konten bagi blog bisnis Anda yaitu, SEO. SEO tidak bisa Anda pisahkan dari konten berbentuk artikel. Hal ini penting agar konten Anda bisa muncul di bagian teratas hasil mesin pencarian online (search engine).

  1. Media sosial

Berikutnya adalah media sosial. Siapa, sih, yang tidak memiliki media sosial saat ini? Tentu saja banyak orang dari kalangan muda dan dewasa yang memiliki setidaknya satu media sosial. Ada berbagai jenis platform yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan marketing bisnis, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, bahkan YouTube. Penggunaan media sosial ini akan sangat berpengaruh untuk menciptakan interaksi dengan pelanggan agar mereka bisa lebih mudah memahami produk Anda.

  1. Influencer

Content marketing selanjutnya adalah dengan menggunakan influencer. Saat ini, influencer memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kemampuan pemasaran bisnis Anda. Mereka bisa memberikan jasa untuk mempromosikan konten Anda kepada followers mereka yang biasanya berjumlah banyak. Dengan begitu, target audiens yang Anda capai juga akan sesuai dengan yang diperlukan. Selain itu, influencer juga bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan produk atau merek Anda.

  1. Testimoni dan review

Terakhir adalah testimoni atau review. Percaya atau tidak, review online akan sangat membantu bisnis Anda untuk lebih maju lagi. Semakin banyak yang memberikan testimoni baik setelah menggunakan produk Anda, maka akan semakin banyak pula orang yang tertarik dengan merek bisnis Anda.

Itulah ketujuh bentuk content marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Pentingnya content marketing akan membantu bisnis untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat serta mengelola konten yang baik, gunakanlah layanan Digital Solutions dari PT VADS Indonesia. Bersama dengan PT VADS Indonesia, mari tingkatkan performa bisnis Anda!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik