Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 6 Keunggulan WhatsApp API untuk Kebutuhan Customer Service

6 Keunggulan WhatsApp API untuk Kebutuhan Customer Service

27 Oktober 2021

Image of 6 Keunggulan WhatsApp API untuk Kebutuhan Customer Service

WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia dengan dua miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Jangkauan yang langsung, pribadi, dan global menjadikannya salah satu aplikasi terbaik bagi pelanggan untuk menjangkau bisnis. Brand yang fokus pada strategi omnichannel bisa menggunakan WhatsApp untuk solusi customer service karena sangat membantu engagement dengan pelanggan secara pribadi dan aman.

Mulai dari menangani pertanyaan pelanggan hingga menampilkan produk, mengirim pemberitahuan, hingga memberikan pembaruan, berbagai aktivitas bisnis dapat dilakukan melalui WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan brand. Sekarang bahkan sudah tersedia WhatsApp API yang dapat memperkuat kinerja customer service. Mari simak beberapa keunggulan WhatsApp API chat untuk kebutuhan customer service berikut ini!

Lebih dekat dengan konsumen melalui komunikasi dua arah

Saat ini, pelanggan mengharapkan jawaban yang dipersonalisasi dan terlibat dalam komunikasi real-time. WhatsApp yang aman membuatnya ideal untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berbagai brand menggunakan WhatsApp API sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk customer service agar lebih dekat dengan konsumen melalui komunikasi dua arah.

WhatsApp API Chat sendiri merupakan aplikasi yang membantu interaksi antara konsumen dan perusahaan berjalan lebih efisien. Brand harus hadir pada hampir setiap channel untuk memenuhi pengalaman pelanggan. Dengan menggunakan WhatsApp API, bisnis Anda akan menemukan customer service channel yang membawa bisnis lebih dekat dengan konsumen dan dapat menawarkan dukungan pelanggan yang berkualitas.

Pesan bisa lebih cepat diterima

Kecepatan merupakan hal penting dalam customer service karena pelanggan tidak ingin dibuat menunggu lama. Salah satu atribut terpenting dari pengalaman pelanggan yang baik adalah waktu respons yang cepat. Oleh karena itu, merespons dengan cepat berarti Anda memenuhi harapan pelanggan. Dengan menggunakan WhatsApp API, Anda bisa memastikan bisnis mengirim pesan yang lebih cepat diterima oleh pelanggan.

Waktu pengiriman pesan yang cepat dan real-time tanpa adanya penundaan akan membuat pelanggan lebih puas terhadap layanan yang diberikan. Jika lama mengirim pesan, bukan tak mungkin Anda akan kehilangan pelanggan karena mereka beralih ke kompetitor. Namun, setiap kali Anda merespons secara tepat waktu, Anda menunjukkan bahwa bisnis Anda memang memprioritaskan pelanggan.

Dilengkapi berbagai fitur untuk komunikasi yang interaktif

Interaksi dengan pelanggan penting karena dapat mendorong kepuasan pelanggan. Setiap interaksi pelanggan tidak hanya memberikan insight tentang pengalaman pelanggan tertentu, tapi juga menambahkan data lain untuk kepuasan basis pelanggan bisnis Anda secara keseluruhan.

 

Kebanyakan perusahaan menggunakan komunikasi interaktif lewat WhatsApp API karena membuat pelanggan lebih aktif. Hal ini juga memungkinkan pertukaran ide dan informasi yang lebih lancar. Berbagai fitur unggulan WhatsApp API Chat seperti greeting message, scheduled message, quick replies, dan sebagainya membangun komunikasi antar perusahaan dan konsumen yang lebih efisien.

Adanya chatbot untuk layanan optimal

Chatbot membantu bisnis Anda membangun loyalitas brand dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dan mengarahkan mereka ke sana. Dengan mengotomatiskan berbagai tugas rutin dan tersedia sepanjang waktu untuk menjawab pertanyaan pelanggan, chatbot mengurangi kebutuhan akan lebih banyak agen customer service.

Fitur chatbot dari WhatsApp API juga membantu meningkatkan efisiensi support team yang sudah ada dengan mengurangi beban kerja mereka dan melakukan tugas yang berulang. Tentu saja ini akan berujung pada pemberian layanan optimal terhadap pelanggan. Fitur ini membuat bisnis dapat membalas pesan secara otomatis, bahkan di luar jam kerja.

Teknologi artificial intelligence dalam fitur chatbot WhatsApp API Chat memungkinkan bisnis membalas berbagai macam variasi pesan yang dikirim ke pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir soal terlambat merespons pelanggan sehingga bisa meningkatkan kepuasan.

Mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain

Keunggulan WhatsApp API untuk kebutuhan customer service yang selanjutnya adalah mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain. Ada banyak aplikasi yang dapat terintegrasi dengan WhatsApp API Chat. Anda dengan mudah dapat menghubungkan sinkronisasi data online dengan aplikasi lain, seperti Pipedrive, GetResponse, Google Spreadsheet, SMS atau panggilan suara, messenger, dan banyak lagi.

Sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data

Sangat penting mengatur keamanan data untuk bisnis Anda karena semakin aman sistem data Anda, maka semakin efektif juga bisnis Anda. Data bisnis adalah sumber kehidupan bisnis, jadi Anda perlu memastikannya agar dapat melakukan tugas tanpa ancaman ketidakamanan data.

Menggunakan WhatsApp API adalah langkah tepat karena terdapat tingkat keamanan yang berlapis sehingga Anda tidak perlu khawatir soal data dan informasi yang Anda bagikan melalui WhatsApp API Chat. Sistem keamanannya yang berlapis memastikan Anda dan pelanggan bisa berbagai pesan dengan aman.

 

Dengan berbagai keunggulan WhatsApp API untuk kebutuhan customer service di atas, sekarang adalah saat yang tepat bagi bisnis Anda untuk mulai menggunakan WhatsApp API chat. Tak perlu bingung, Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi VADS Indonesia sekarang juga!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik