Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan yang Wajib Anda Ketahui

25 Maret 2022

Image of Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan yang Wajib Anda Ketahui

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah kecerdasan yang dimasukkan dalam suatu sistem yang bisa diatur. Hal ini biasanya terkait dengan pemrograman sistem komputer, sehingga suatu aplikasi dapat menerima instruksi atau melakukan sesuatu sesuai instruksi yang diberikan. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah aktivitas manusia. Misalnya, robot supermarket yang bisa bicara dan memberikan pelayanan selayaknya manusia sungguhan.

Namun, kecerdasan buatan bukanlah hal yang sempurna. Di balik semua kelebihannya, ada juga kekurangan yang bisa menimbulkan kerugian, bahkan ancaman. Segala sesuatu pasti mengandung risiko, begitu pula dengan penggunaan kecerdasan buatan. Apa saja kelebihan dan kekurangan kecerdasan buatan? Simak penjelasan berikut!

Kelebihan kecerdasan buatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kecerdasan buatan ada untuk membantu manusia. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh saat menggunakan kecerdasan buatan.

1. Mengurangi risiko human error

Kecerdasan buatan memiliki risiko error yang jauh lebih sedikit daripada manusia. Jika manusia rentan membuat kesalahan, kecerdasan buatan yang terletak pada mesin hampir tidak mempunyai kesalahan karena mesin akan selalu menghasilkan produk yang sama setiap saat.

2. Tersedia sepanjang waktu

Kelebihan lainnya adalah produktivitas mesin-mesin dengan kecerdasan buatan tidak akan berhenti. Tidak seperti manusia yang membutuhkan waktu istirahat, mesin-mesin tidak akan merasa lelah. Mesin bisa digunakan dengan jeda yang lebih sedikit, bahkan ada pula yang tanpa jeda. Dengan begitu, hasil produksi bisa lebih banyak daripada menggunakan tenaga manusia.

3. Membuat keputusan lebih cepat

Daya dan kinerja mesin cenderung lebih baik daripada manusia. Mesin dapat melakukan pemrosesan data dalam jumlah besar dengan hasil yang lebih cepat. Kecerdasan buatan yang terdapat di dalam mesin bisa mempertimbangkan banyak faktor dan membantu penggunanya untuk membuat keputusan yang akurat.

4. Tidak memiliki risiko

Mesin yang memiliki kecerdasan buatan di dalamnya banyak digunakan oleh berbagai industri. Mesin-mesin tersebut bisa menggantikan manusia, terutama tugas-tugas yang memiliki risiko besar seperti pada tambang batu bara, kilang minyak, limbah, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan pekerjaan berbahaya lainnya. Dengan begini, risiko mematikan tidak lagi menjadi ancaman bagi manusia.

5. Membantu kehidupan sehari-hari

Kecerdasan buatan pada saat ini memiliki peran besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Tidak hanya dalam industri, bahkan dalam aktivitas keseharian manusia pun sudah diiringi dengan mesin yang memiliki kecerdasan buatan. Anda bisa menemukan penggunaan kecerdasan buatan pada Google’s Voice, Siri, dan lain-lain.

Kekurangan kecerdasan buatan

Mengetahui kelebihan dan kekurangan kecerdasan buatan sangatlah penting untuk membantu Anda melakukan pertimbangan matang sebelum menggunakannya. Di balik kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, mesin dengan kecerdasan buatan tetap memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan mesin yang menerapkan kecerdasan buatan.

  1. Memakan biaya tinggi

Pada kenyataannya, mesin dengan kecerdasan buatan menggunakan konsep seperti jaringan syaraf tiruan yang membutuhkan perangkat keras yang kuat. Tidak lupa kekuatan komputasi yang harus sempurna untuk memproses informasi. Untuk memenuhi itu, diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk pemeliharaan serta perbaikan.

  1. Bisa meningkatkan pengangguran

Kekurangan lain dari kecerdasan buatan adalah risiko meningkatnya pengangguran. Banyaknya pekerjaan yang bisa digantikan oleh mesin-mesin dengan kecerdasan buatan membuat lowongan pekerjaan bagi manusia semakin berkurang. Dengan begitu, semakin banyak pula pengangguran dari waktu ke waktu karena posisi pekerjaan yang bisa digantikan oleh mesin-mesin tersebut.

  1. Pemikirannya kotak

Bagaimanapun, kecerdasan buatan yang diterapkan dalam mesin tidak dapat sepenuhnya menggantikan manusia. Mesin-mesin hanya bisa melakukan tugas yang sudah diprogramkan kepadanya. Jika menggunakan mesin untuk hal yang di luar batasannya, risiko gagal menjadi semakin besar.

  1. Tidak memiliki emosi

Kekurangan berikutnya dari mesin dengan kecerdasan buatan adalah tidak memiliki emosi seperti manusia. Artinya, mesin tidak dapat mengembangkan ikatan dengan manusia atau sesama mesin lain saat harus memecahkan suatu masalah, sehingga tidak ada manajemen tim dalam penggunaan mesin dengan kecerdasan buatan.

Itulah kelebihan dan kekurangan kecerdasan buatan yang kini banyak menggantikan peran manusia dalam perusahaan-perusahaan. Sepintar-pintarnya robot, mereka tidak memiliki ikatan emosional dan perasaan layaknya manusia. Sehingga, mesin-mesin yang menggunakan kecerdasan buatan rata-rata hanya dapat mengerjakan sesuatu sesuai perintah yang telah diprogramkan padanya.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik