Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 8 Fitur yang Jadi Kelebihan WhatsApp Business untuk Berjualan

8 Fitur yang Jadi Kelebihan WhatsApp Business untuk Berjualan

04 Maret 2022

Image of 8 Fitur yang Jadi Kelebihan WhatsApp Business untuk Berjualan

Potensi WhatsApp sebagai sarana penghubung antara perusahaan dengan pelanggan sangatlah besar. Pasalnya, sudah lebih dari 2 miliar orang di dunia menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi setiap harinya di lebih dari 180 negara dengan 60 bahasa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Facebook Inc., yang saat ini berubah nama menjadi Meta, meluncurkan WhatsApp Business. Sejumlah kelebihan WhatsApp Business memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengelola pengalaman konsumen menjadi jauh lebih baik.

WhatsApp Business VS WhatsApp Personal

Sebelum membahas mengenai kelebihan WA Business, sebaiknya perlu Anda ketahui terlebih dahulu perbedaan mendasar antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Personal. Seperti namanya, WhatsApp Business dikhususkan untuk akun perusahaan, berbeda dari WhatsApp Personal yang ditujukan untuk individual.

WhatsApp Business tentu dibekali dengan beragam fitur yang mendukung penjualan, bahkan menawarkan akun centang hijau yang menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun resmi dan terverifikasi. WhatsApp Business juga memiliki fitur analisis yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan akun.

Kelebihan WhatsApp Business

Perbedaan yang paling mencolok pada WhatsApp Business adalah keberadaan fitur-fitur berikut yang akan mendukung setiap kebutuhan perusahaan, mulai dari administrasi, iklan, hingga company branding. Berikut ini kelebihan WhatsApp Business yang dapat Anda manfaatkan untuk memajukan perusahaan.

  1. Business Profile

Bila dalam WA Personal Anda hanya menemukan foto profil, nama akun, dan status, maka dalam WhatsApp Business, Anda akan menemukan sejumlah informasi utama yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Informasi itu antara lain nama, foto profil, website, email bisnis, foto produk, kategori bisnis, alamat, hingga jam operasional perusahaan. Kelengkapan informasi ini akan membantu pelanggan menemukan bisnis Anda sekaligus menambah kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

  1. Greeting Message

Greeting Message merupakan fitur otomatis yang akan muncul ketika pelanggan mengirimkan pesan pertama pada akun WhatsApp Business Anda. Isi pesan dapat Anda atur, bisa berupa salam pembuka atau info dasar bisnis Anda. Fitur ini bertujuan agar pelanggan tahu bahwa akun WA Business yang Anda miliki aktif dan siap sedia.

  1. Quick Replies

Bagi yang sering menjawab pertanyaan sama dari banyak pelanggan, Anda tentu akan lelah mengetiknya berulang kali. Fitur Quick Replies pada WhatsApp Business mampu menyimpan pesan tersebut sebagai template, sehingga ketika pelanggan bertanya hal yang sama, maka Anda bisa langsung membalas dengan cepat tanpa mengetik ulang. Hal ini tentu membawa kesan bahwa perusahaan Anda cepat dan responsif menangani pelanggan.

  1. Katalog

Tak perlu sulit mengirimkan foto dan harga berulang-ulang untuk pelanggan yang menanyakan produk Anda. Fitur Katalog menjadi salah satu kelebihan WhatsApp Business yang dapat Anda manfaatkan untuk mempublikasi produk yang Anda jual. Katalog dapat diisi dengan foto produk, deskripsi, serta harga yang dapat ditautkan dengan link pembelian di platform yang dituju. Alhasil, pelanggan dapat langsung add to cart produk yang diinginkan.

  1. Label Chat

Fitur ini merupakan penanda chat yang berfungsi membedakan customer satu dengan lainnya. Misalnya, Anda ingin membedakan kategori pelanggan yang sudah membayar dengan yang belum. Maka, label berbeda dapat disematkan pada masing-masing chat sesuai kategori pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak perlu melihat satu per satu chat untuk menentukan mana pelanggan yang harus diprioritaskan.

  1. Away Message

Kelebihan WA Business berikutnya adalah fitur Away Message yang memungkinkan akun Anda untuk mengirimkan balasan otomatis ketika pelanggan mencoba menghubungi bisnis Anda di luar jam operasional. Selain memberikan info jam operasional, Away Message juga akan memberikan kesan bahwa pelanggan tetap terlayani.

  1. Short Link

Ketika Anda ingin membagikan link kontak WhatsApp Business Anda ke media lain, maka Short Link bisa jadi solusi. Anda bahkan dapat mengubahnya menjadi QR Code yang dapat dipindai menjadi perintah bagi ponsel milik pelanggan untuk mengirimkan chat ke WhatsApp Business Anda. Dengan begitu, pelanggan akan mudah menjangkau bisnis Anda.

  1. Integrasi dengan Facebook dan Instagram

Karena masih dalam satu perusahaan, WhatsApp Business juga dapat diintegrasikan dengan Facebook dan Instagram. Dengan kata lain, pelanggan Anda pun dapat melakukan kontak secara multichannel.

 

Tak hanya sebagai kelebihan WhatsApp Business dalam menjangkau setiap pelanggan, fitur-fitur di atas juga dapat mempermudah Anda menjalin hubungan lebih intens melalui kanal percakapan online. Untuk bantu set up akun WhatsApp Business tanpa ribet, Anda dapat menghubungi PT VADS Indonesia sekarang!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik