VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. WhatsApp Business API untuk Memaksimalkan Customer Service

WhatsApp Business API untuk Memaksimalkan Customer Service

08 Juli 2020

image.jpg

Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business untuk Customer Service

Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat aktif berbelanja secara daring. Produk yang dibeli secara daring lebih memberikan banyak pilihan baik itu produk maupun platform belanja daring tersebut. Penerapan pembatasan fisik dan sosial guna menghindari penularan Covid-19 membuat banyak masyarakat seminimal mungkin untuk keluar rumah. Sehingga belanja daring menjadi solusi di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat. Peningkatan aktivitas belanja daring juga didorong oleh kemudahan akses berbelanja melalui internet. Platform belanja daring tidak hanya terdiri dari aplikasi e-commerce saja namun juga melalui aplikasi percakapan yaitu WhatsApp. WhatsApp dipilih sebagai media komunikasi karena banyak pelanggan yang lebih mudah dalam menggunakan WhatsApp dibanding menggunakan aplikasi belanja lainnya. Berdasarkan data dari Harian Kompas (3/7), penggunaan WhatsApp sebagai sarana komunikasi dimanfaatkan untuk menghubungkan pembeli dan penjual pasar tanpa harus pergi ke lokasi terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Fenomena tersebut merupakan peluang transaksi digital yang terjadi secara global dan dapat dimanfaatkan pemilik usaha.

Ilustrasi belanja online | unsplash.com

Di masa pandemi seperti saat ini, perusahaan berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan untuk dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan memanfaatkannya untuk customer service. WhatsApp Business dapat digunakan untuk meningkatkan customer experience dan mengurangi biaya dalam penggunaannya. Saat ini WhatsApp Business mulai dilirik oleh berbagai perusahaan sebagai marketing tool mereka. WhatsApp Business dapat digunakan untuk perusahaan dapat lebih dekat dengan customer. Dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat menjangkau customer lebih cepat dengan cara yang efisien. WhatsApp sendiri dapat digunakan di Android, iPhone, Mac, Windows, dan Tablet sehingga banyak customer di berbagai platform tersebut dengan mudah menghubungi perusahaan. Sehingga banyak customer cenderung memiliki ekspektasi tinggi bahwa percakapan mereka akan segera dijawab oleh customer service. 

Lalu apa bedanya dengan WhatsApp Business API? API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memungkinkan developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan begitu, WhatsApp Business API dapat terintegrasi dengan sistem lain dalam bisnis yang perusahaan sudah miliki, misalnya CRM dan customer service. Versi ini berbeda dengan Whatsapp Business biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau modifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.

Whatsapp Business API membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan calon klien, pelanggan, dan karyawan. Integrasi Whatsapp dengan sistem CRM akan mempermudah pengelolaan dalam mengirimkan notifikasi dan mengatasi customer service, di antaranya yaitu memudahkan customer untuk berinteraksi dengan perusahaan, dapat meningkatkan respon terhadap keluhan customer, dan dapat dengan cepat merespon customer dalam hal pertanyaan umum lainnya. Berbagai fitur yang dimiliki WhatsApp Business API diantaranya adalah : 

  1. Akun Dilihat Sebagai WhatsApp Business. Ketika melakukan chat kepada customer, di bagian paling atas chat konsumen akan mendapatkan pemberitahuan bahwa customer sedang melakukan chat dengan akun bisnis. Dengan adanya pemberitahuan ini, maka customer akan lebih percaya kepada perusahaan. Keuntungan lainnya WhatsApp Business adalah perusahaan dapat mengoptimalkan profil bisnis seperti foto profil dengan menggunakan logo perusahaan, alamat lengkap, kategori bisnis, deskripsi bisnis, hari dan jam operasional perusahaan, email bisnis dan juga website bisnis sehingga customer dapat mengetahui profil perusahaan melalui WhatsApp Business perusahaan dan akun WhatsApp perusahaan terlihat lebih profesional.
  2. Integrasi dengan layanan customer service seperti CRM. Jika aplikasi atau website perusahaan ingin dapat mengirimkan pesan WhatsApp otomatis by system, seperti kode OTP, pesan pemberitahuan nomor resi, informasi tagihan, dan lain lain, bisa koneksikan melalui WhatsApp Business API.
  3. Terdapat Analisis Data Interaksi Pelanggan. WhatsApp Business menyediakan informasi detail terkait dengan interaksi customer untuk perusahaan, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan juga dibaca. Sehingga statistik data tersebut dapat berguna untuk perusahaan mengetahui seberapa pesan dapat tersampaikan kepada customer.
  4. Bisa Pakai Nomor Perusahaan/Kantor. Fitur selanjutnya yang dapat dirasakan yang WhatsApp Business API miliki yaitu fitur penggunaan telepon perusahaan selain nomor seluler sehingga akan membuat akun WhatsApp Business perusahaan terlihat lebih profesional. Dengan menggunakan nomor dan profil perusahaan dengan lebih jelas, maka customer dapat lebih percaya dengan akun WhatsApp Business perusahaan. 
  5. Pesan Otomatis (Auto Response). Perusahaan harus dapat melayani customer dengan sepenuh hati setiap saat. Salah satunya adalah dengan menjawab pertanyaan dari customer yang terkadang datang di luar jam kerja. Dengan menggunakan WhatsApp Business, perusahaan dapat dipermudah dalam berkomunikasi dengan customer dengan menggunakan fitur Auto Response (Pesan Otomatis). Perusahaan dapat menciptakan pesan balasan apapun dan mengirimnya secara otomatis ketika tidak dapat menjawab atau membalas pesan customer. Pesan tersebut akan langsung terkirim kepada konsumen yang mengontak secara personal.

Whatsapp Business API memberikan pengalaman interaksi dengan bisnis bagi customer yang aman dan bebas spam. Fitur-fitur yang dimilikinya memudahkan pemilik bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Sebaliknya, customer juga dipermudah dalam menjangkau bisnis. Inilah yang menjadi keunggulan Whatsapp Business untuk customer service.

Penggunaan WhatsApp untuk berkomunikasi | unsplash.com

WhatsApp Business API bertujuan untuk mempermudah komunikasi perusahaan dengan customer sehingga dengan adanya WhatsApp Business API dapat meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang dapat membuat customer melakukan repurchase intention apabila mendapatkan pengalaman membeli yang baik. Sehingga dibutuhkan pelayanan yang baik untuk dapat mengambil hati konsumen. WhatsApp Business API merupakan salah satu solusi tepat untuk dapat meningkatkan repurchase intention tersebut sehingga dapat meningkatkan bisnis perusahaan

Untuk memudahkan Anda dalam mengontrol dan memegang kendali pada customer service untuk memuaskan pelanggan Anda,  VADS Indonesia hadir untuk membantu anda dalam mengaplikasikan dan mengintegrasikan WhatsApp Business API. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi digital tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun konsumen bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Kunjungi www.vads.co.id atau hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda menggunakan WhatsApp Business API.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik