VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Human Augmented Bot, Solusi Inovatif untuk Meningkatkan Produktivitas Contact Center Anda

Human Augmented Bot, Solusi Inovatif untuk Meningkatkan Produktivitas Contact Center Anda

10 Desember 2020

image.jpg

Perkembangan teknologi menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam layanan pelanggan. Industri layanan pelanggan sangat menjadikan teknologi sebagai salah satu alat untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI yang sering digunakan dalam melayani pelanggan adalah dengan menggunakan chatbot. Chatbot adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan yang dapat melayani percakapan dengan cepat dan kapanpun selama 24/7. Program komputer ini dirancang untuk dapat merespons percakapan dengan pelanggan melalui teks. Fitur chatbot ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk melayani pelanggan karena fungsinya yang dapat merespons dengan cepat dan kapanpun pelanggan menanyakan informasi dan kendala yang dialaminya.

Artificial intelligence terus dikembangkan untuk memaksimalkan penggunaannya yang bermanfaat dalam membantu pekerjaan manusia. Setelah pengembangan chatbot yang dapat membantu dalam melayani pelanggan, berbagai perusahaan teknologi mengembangkan chatbot tidak hanya berdasarkan teks saja, namun mulai merambah melalui suara atau yang dikenal dengan voicebot. Voicebot adalah software yang didukung oleh kecerdasan buatan yang membantu penelepon berkomunikasi layaknya sistem suara interaktif (IVR) yang dapat merespons secara alami. Penelepon atau pelanggan tidak perlu mendengarkan menu dan menkan tombol di keypad sesuai dengan arahan dari IVR, namun pelanggan berbicara langsung dengan IVR dalam simulasi panggilan yang tersistem secara sederhana dengan operator langsung.

Voicebot menggunakan respons rekaman dan teks ke ucapan untuk menjawab pertanyaan para pelanggan. Tugas voicebot adalah membantu mengarahkan apa yang diinginkan pelanggan dengan respons yang efektif dengan menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kapasitas dirinya dan juga untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Contoh popular voicebot adalah seperti Amazon Poly, Siri, Cortana, Alexa, IBM Watson, dan juga Google Assistant.

Baik chatbot maupun voicebot keduanya dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan layanan pelanggannya karena dapat beroperasi selama 24/7 sehingga kapanpun pelanggan menghubungi akan selalu dibantu oleh chatbot maupun voicebot. Namun, saat ini keduanya terbatas hanya dapat menjawab pertanyaan berulang dan pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pelanggan sehari-hari. Untuk pertanyaan dan permasalahan yang lebih kompleks, dibutuhkan agen customer service sebagai pelengkap dalam solusi permasalahan yang dialami oleh pelanggan Anda. Solusi chatbot atau voicebot yang dilengkapi dengan agen customer service sebagai pelengkap dalam layanan pelanggan disebut dengan Human Augmented Bot.

Pengembangan secara hybrid, Human Augmented Bot adalah perpaduan antara manusia dan mesin yang dikembangkan untuk melakukan fungsi yang lebih optimal dan produktif. Chatbot dan voicebot dalam layanan pelanggan yang memiliki sistem AI memang memiliki keunggulan lebih cepat merespons dibanding dengan melakukan interaksi dengan manusia. Robot lebih baik dalam mengolah data, mencari pola, melakukan tugas berulang, dan melihat rekaman atau journey pelanggan dalam hitungan detik. Namun, di sisi lain tetap harus ada manusia yang memberikan proses data pelanggan dan juga berinteraksi kepada pelanggan dalam hal permasalahan yang lebih kompleks dan menangani subjek tertentu. Human Augmented Bot ini akan membuat perusahaan memberikan layanan kepada pelanggan yang lebih baik dan juga tentunya dengan biaya yang lebih rendah.

Human augmented bot membuat layanan pelanggan menjadi cepat, efisien, dan dapat terintegrasi dengan sistem yang dimiliki oleh perusahaan. Perpaduan antara saluran digital , otomatisasi, AI, dan keterlibatan manusia menjadikan human augmented bot menjadi suatu terobosan untuk meningkatkan layanan perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggannya.

Teknologi chatbot dan voicebot akan terus dikembangkan karena teknologi ini merupakan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia di berbagai industri terutama dalam bidang layanan pelanggan. Tingkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda dengan Human Augmented Bot yang disediakan oleh VADS Indonesia.  VADS Indonesia akan membantu perusahaan Anda dalam mengembangkan live chat secara hybrid, melakukan follow up dan juga tagihan melalui human augmented bot yang dapat digunakan dalam berbagai channel seperti WhatsApp, Line, Facebook, Twitter, dan Telegram. Hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi lebih lanjut dan konsultasi mengenai peningkatan layanan pelanggan perusahaan Anda agar lebih produktif dan efisien.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik