Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 7 Keahlian Customer Service Yang Wajib Dimiliki Bisnis Anda

7 Keahlian Customer Service Yang Wajib Dimiliki Bisnis Anda

27 Februari 2020

Image of 7 Keahlian Customer Service Yang Wajib Dimiliki Bisnis Anda

Customer Service VADS Indonesia

Revenue yang lebih baik dan berkembangnya sebuah bisnis datang dari layanan pelanggan/ customer service yang hebat karena itulah dasar dari bisnis yang sukses dan berkelanjutan. Hal yang sangat penting adalah sebuah bisnis memiliki customer service yang handal sebelum kompetitor melakukannya lebih dahulu. Namun bagaimana memiliki customer service yang handal dan mumpuni? Karena profesi sebagai customer service atau call center adalah hal yang tidak mudah. Berikut adalah beberapa keterampilan yang wajib dimiliki oleh customer service untuk dapat memberikan layanan yang yang luar biasa kepada pelanggan.

  1. Product/Service Knowledge. Ini adalah keahlian yang utama dan paling wajib dimiliki oleh setiap karyawan dalam bisnis Anda. Mereka harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk/layanan yang dimiliki perusahaan. Para agent harus selalu terupdate dengan fitur dan pengembangan produk serta layanan dari perusahaan yang terbaru. Dengan memiliki product knowledge yang baik akan membantu agent lebih cepat mengatasi keluhan, pemberian rekomendasi/ solusi, dan interaksi dengan pelanggan.
  1. Transparan. Tidak ada yang sempurna di dunia. Bahkan sebuah perusahaan terbaik pun membuat kesalahan. Yang penting adalah mengakui dan menerima bila perusahaan melakukan kesalahan atau mempunyai kekurangan, dan jangan menjanjikan sesuatu yang tidak dapat dipenuhi kepada pelanggan. Jujur dan apa adanya adalah kunci pelayanan yang baik terhadap pelanggan.
  1. Kata-kata Positif. Gunakan kata-kata dan kalimat yang paling positif dalam setiap situasi dan keadaan saat Anda membangun basis pelanggan yang loyal serta  hubungan yang baik dan jangka panjang. Sangat penting memperhatikan kata-kata agent saat berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan nada yang lebih ramah tentunya membuat lebih mudah mendekati dan memenangkan hati pelanggan.
  1. Siap dengan Keluhan. Di dalam bisnis yang kompetitif, Anda akan menerima berbagai pertanyaan dari pelanggan. Mereka tidak akan menunggu hanya untuk membeli produk/ jasa perusahaan Anda karena mereka dihadapkan dengan banyak pilihan dan mempunyai hak untuk bertanya. Tak jarang pelanggan menolak setelah banyak bertanya, namun jangan takut karena situasi ini dapat digunakan untuk mendapat informasi yang penting seperti kebutuhan pelanggan, masalah, dan tantangan yang mereka alami. 
  1. Berpikir & Bereaksi dengan Cepat. Akan ada situasi dimana pelanggan bertanya pertanyaan random yang tidak ada di product knowledge atau petunjuk yang dimiliki oleh agent. Dalam situasi ini, sangat penting untuk berpikir cepat dan memberikan solusi yang tepat. Bila agent tidak mampu memberikan jawaban yang tepat, agent harus memiliki back-up plan seperti menyambungkan pelanggan ke level yang lebih tinggi yang dapat membantu dengan cepat.
  1. Berbicara Terstruktur dan Jelas. Pelanggan sangat tidak suka dengan penjelasan yang berputar-putar dan tidak menyelesaikan masalah. Solusi yang terbaik adalah memberikan jawaban atau solusi langsung pada permasalahannya. Dan wajib selalu diingat, agent harus selalu memastikan pelanggan mengerti bahasa/ kalimat yang digunakan dan tidak bingung dalam penjelasan yang teknikal.
  1. Kemampuan Closing. Kemampuan closing mengacu kepada kemampuan agent mengakhiri percakapan dan memastikan semua pertanyaan pelanggan terjawab dengan baik. Dengan closing yang baik dan memastikan pelanggan puas dengan solusi yang diberikan, dapat memberi kesan agent/ perusahaan peduli dengan pelanggan dan bersedia membantu dengan cara apa saja yang memungkinkan.

Kabar baiknya, semua agent di VADS Indonesia adalah agent-agent terbaik. Karena para agent di VADS wajib mengikuti pelatihan dari trainer-trainer berpengalaman dan terpercaya di dunia contact center hingga mereka siap untuk mulai bekerja. Dengan menggunakan layanan dari VADS, anda akan mendapatkan agent contact center / customer service  yang terbaik untuk perusahaan Anda dan juga tentang bagaimana mengembangkan bisnis untuk perusahaan Anda. Karena semua itu telah dikerjakan oleh VADS Indonesia.

Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan layanan contact center / customer service  dari VADS Indonesia dan raih kesuksesan bersama dengan VADS.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik