VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Call Center dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Call Center dan Manfaatnya untuk Perusahaan

30 September 2020

image.jpg

Layanan Call Center VADS Indonesia

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan berlomba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya salah satunya adalah dengan menyediakan call center. Hampir semua perusahaan memiliki call center karena merupakan suatu kebutuhan untuk perusahaan dan pelanggan. Kebutuhan akan adanya call center sangat penting sebagai sarana komunikasi antara pelanggan dengan perusahaan sehingga perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan baik dari segi pemenuhan kebutuhan informasi maupun untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Selain itu, call center juga dapat memberikan informasi dan data berupa kebutuhan para pelanggan sehingga perusahaan dapat melihat insight tersebut dan dapat menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat meningkatkan layanan perusahaan kepada pelanggan.

Apa Itu Call Center?

Call center adalah pusat panggilan telepon yang berasal dari pelanggan. Call center dapat menerima panggilan telepon masuk dari pelanggan ataupun dapat melakukan panggilan keluar kepada pelanggan. Tujuan perusahaan memiliki call center adalah untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan, untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan baik itu pertanyaan terkait layanan dan produk dari perusahaan, dan memberikan bantuan kepada pelanggan atas masalah yang mereka hadapi. Call center merupakan garda terdepan perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan publik karena sifatnya komunikasi dua arah. Pelanggan dapat menceritakan pengalaman dan kendala yang dimiliki sehingga perusahaan dapat membantu menyelesaikan kendala tersebut, sebaliknya perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan terkait produk dan layanan yang dimiliki sehingga pelanggan dapat memilih dan membeli produk yang sesuai dengan keinginannya.

Call center dioperasikan berdasarkan kebutuhan masing-masing perusahaan, bisa melalui jam kerja yang panjang atau bisa sampai 24x7 dengan melibatkan agen call center dan dilengkapi work station berupa alat-alat seperti komputer, telepon, headset, routing, distribusi panggilan otomatis, respons suara interaktif (interactive voice response – IVR), panggilan keluar, pesan suara, dan berbagai komponen lainnya.

Apa Saja Tugas Call Center?

Tugas dan tanggung jawab dari call center adalah sebagai berikut :

  • Melakukan penerimaan panggilan yang masuk ke call center
  • Memberikan solusi yang cepat dan tepat untuk setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan
  • Mendengarkan dengan baik seluruh keluhan yang disampaikan oleh pelanggan
  • Melayani pelanggan dengan ramah dan tepat
  • Memberikan jawaban untuk setiap pertanyaan seputar masalah yang diajukan dan mengenai produk perusahaan
  • Memberikan informasi lengkap mengenai produk dan layanan perusahaan

Apa Saja Manfaat Call Center?

Call center merupakan suatu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi untuk berinteraksi dengan pelanggan terutama dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Apabila permasalahan yang dialami pelanggan dapat terselesaikan tepat waktu, pelanggan akan merasa puas. Manfaat lain dengan adanya call center adalah :

  • Hemat Biaya. Dengan menggunakan solusi call center, perusahaan dapat menghemat biaya karena dengan call center perusahaan sudah secara langsung berkomunikasi dengan pelanggan, menciptakan loyalitas pelanggan sehingga membuat pelanggan akan terus menggunakan produk dan layanan perusahaan, serta dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, dengan menggunakan perusahaan jasa call center dapat menjadi solusi dalam efisiensi anggaran perusahaan karena perusahaan penyedia jasa call center dapat membantu perusahaan dalam mengelola layanan service perusahaan.
  • Memahami Pelanggan. Call center dapat dijadikan media perusahaan untuk mengetahui dan memahami apa saja kebutuhan pelanggan. Dengan mengganakan call center, perusahaan mendapatkan akses data dan melihat secara fakta terkait informasi pelanggan seperti informasi pribadi dan pembelian produk atau layanan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat memahami pelanggan dan berinteraksi secara tepat waktu dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan. Call center adalah sarana perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang berfokus pada saluran telepon sehingga dengan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyelesaikan kebutuhan pelanggan. Call center yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik pada akhirnya akan menciptakan loyalitas pelanggan sehingga hubungan dengan pelanggan semakin meningkat.

Apa Saja Jenis-jenis Call Center?

Secara keseluruhan, call center memiliki dua jenis yaitu Inbound Call Center dan juga Outbound Call Center.

  • Inbound Call Center adalah saat dimana perusahaan akan mendapatkan panggilan telepon dari pelanggan baik untuk menanyakan produk dan layanan perusahaan maupun mendengarkan keluhan dan kendala yang mereka alami. Jumlah panggilan yang diterima oleh inbound call center setiap perusahaannya tidak tetap dan sangat bervariasi. Pada hari tertentu jumlah pelanggan yang menelpon inbound call center bisa sangat tinggi namun di hari lain bisa sedikit. Inbound call center penting dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan. Layanan yang dilakukan oleh inbound call center seperti customer service, walk in center, dan service desk. (Pengertian Inbound Call Center)
  • Outbound Call Center adalah saat dimana perusahaan harus melakukan penggilan telepon ke pelanggan untuk melakukan kegiatan penjualan ataupun untuk memvalidasi data pelanggan. Outbound call center dapat digunakan untuk melakukan promosi, memperluas leads sales, dan program customer retention. Outbound call center juga dapat berfungsi sebagai data pelanggan melalui informasi yang didapat dari survey yang dilakukan. Layanan yang dilakukan oleh outbound call center seperti telemarketing, telesales, telecollection, telereminder, teleretention, dan survey. (Pengertian Outbound Call Center)

Selain kedua jenis tersebut, call center juga dapat dibedakan dengan inhouse call center dan outsourced call center.

  • Inhouse Call Center adalah dioperasikan oleh perusahaan sendiri untuk memberikan layanan kepada pelanggannya. Keuntungan menggunakan inhouse call center adalah perusahaan dapat melihat sendiri seberapa dekat pelanggan dan perusahaan dengan bisnis utama perusahaan tersebut. Selain itu, apabila terdapat kendala dapat didiskusikan secara internal dan lebih cepat.
  • Oursourced call center adalah dioperasikan oleh penyedia jasa layanan call center secara profesional. Keuntungan menggunakan outsourced call center adalah perusahaan tidak perlu repot dalam menyediakan infrastruktur dan juga merekrut agen yang akan menghabiskan waktu dan uang lebih banyak apabila semuanya diatur secara inhouse call center.

VADS Indonesia Sebagai Penyedia Jasa Call Center

Kehadiran call center saat ini sangat diperlukan. Tidak hanya untuk menjual produk dan promosi, mengakomodiasi klaim dan protes, namun juga untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Pelanggan tidak hanya memilih produk berkualitas dan harga yang baik saja namun juga membutuhkan pelayanan yang baik. Apabila perusahaan Anda membutuhkan solusi untuk membangun dan meningkatkan customer experience dengan call center di berbagai industri, solusi Call Center yang dimiliki VADS adalah pilihan yang tepat. VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience dengan solusi yang lengkap baik untuk perusahaan bisnis besar maupun kecil. VADS Indonesia memiliki solusi yang terintegrasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti berapa banyak SDM yang dibutuhkan untuk memenuhi target penjualan atau menangani pelanggan Anda. Anda akan mendapatkan data dan laporan mengenai pelanggan Anda sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. VADS Indonesia sebagai penyedia layanan call center dapat memberikan solusi seluruh layanan customer service termasuk inbound call center dan outbound call center dan juga dapat terintegrasi dengan sistem lainnya salah satunya adalah CRM dan Omnichannel. Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi dan penyediaan layanan call center. 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik