Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Omni Channel adalah Saluran Komunikasi yang Berbeda dari Multi Channel

Omni Channel adalah Saluran Komunikasi yang Berbeda dari Multi Channel

28 Januari 2022

Image of Omni Channel adalah Saluran Komunikasi yang Berbeda dari Multi Channel

Omni channel adalah salah satu metode yang digunakan pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitas bisnis. Selain omni channel, ada juga metode multi channel. Jika dilihat sekilas, keduanya tampak serupa. Namun, pada kenyataannya, omni channel adalah metode yang berbeda dari multi channel.

Baik omni maupun multi channel berhubungan dengan saluran komunikasi yang menghubungkan sebuah bisnis dan para pelanggannya. Secara harfiah, omni channel adalah semua saluran. Sedangkan, multi channel adalah banyak saluran. Untuk memahami perbedaan di antara kedua metode tersebut, simak penjelasannya berikut.

Perbedaan omni channel dan multi channel

Dalam penerapannya, omni channel adalah saluran komunikasi yang benar-benar berbeda dari multi channel. Berikut adalah beberapa perbedaan omni channel dan multi channel secara mendasar.

- Konsistensi layanan

Jika dibandingkan dari segi konsistensi layanan, omni channel adalah juaranya. Sama seperti namanya, saluran komunikasi yang ada pada omni channel telah dibuat menyeluruh dan terintegrasi. Hasilnya, para pelanggan bisa mendapatkan pelayanan yang sama baiknya meski mereka menghubungi bisnis lewat channel yang berbeda.

Di sisi lain, saluran komunikasi yang ada dalam multi channel berbeda-beda dan tidak terintegrasi. Artinya, tiap saluran yang ada tidak saling berkaitan satu sama lain. Dampaknya kepada pelanggan, layanan dan interaksi di setiap saluran komunikasi menjadi tidak konsisten. Beda saluran, maka beda lagi pengalaman pelanggan.

- Fokus layanan

Perbedaan antara omni channel dan multi channel pun terlihat dari fokusnya. Omni channel fokus pada pelayanan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi. Sementara itu, multi channel fokus pada banyaknya jenis saluran komunikasi yang bisa disediakan kepada pelanggan.

Tujuan utama multi channel adalah menyediakan sebanyak mungkin jenis saluran komunikasi untuk pelanggan. Semakin banyak saluran yang tersedia, maka diharapkan akan semakin banyak calon pelanggan yang datang. Sedangkan, omni channel lebih fokus pada pengalaman konsumen dalam berbagai channel yang disediakan. Dengan begitu, peluang konsumen untuk melakukan transaksi pun akan lebih besar.

- Kemudahan layanan

Dari segi kemudahan layanan pun omni channel dan multi channel berbeda. Seperti yang sudah Anda ketahui, omni channel menerapkan saluran komunikasi yang saling terintegrasi. Seluruh layanan pelanggan pun dikendalikan melalui satu customer service yang terpusat. Jadi, komunikasi antara pelanggan dan perusahaan pun lebih lancar.

Pada multi channel, tersedia banyak saluran komunikasi yang berbeda tapi tidak saling terkait. Hal ini terkadang bisa membuat pelanggan merasa bingung. Sebab, bentuk layanan atau solusi yang diberikan antar saluran komunikasi bisa saja berbeda.

- Informasi yang dibagikan

Saluran komunikasi multi channel yang tidak saling terhubung juga berdampak kepada informasi untuk pelanggan. Katakanlah pelanggan menghubungi perusahaan melalui e-mail sekaligus media sosial. Namun, karena kedua saluran tersebut tidak terintegrasi, informasi yang diberikan bisa berbeda

Berbeda dengan saluran omni channel yang sudah saling terhubung satu sama lain. Apa pun jenis saluran komunikasi yang dipilih oleh pelanggan, informasi yang mereka terima akan tetap sama dan konsisten. Ini karena omni channel telah diatur oleh sebuah sistem khusus agar bisa memberikan informasi yang seragam meski pelanggan mengakses saluran komunikasi yang berbeda.

- Customer insight

Customer insight adalah salah satu elemen yang bisa membantu pengembangan perusahaan. Dengan menerapkan metode multi channel, Anda bisa lebih mudah mendapatkan customer insight. Sebab, multi channel berkembang dengan memperhatikan data serta perilaku pelanggan. Dengan memperhatikan kedua faktor tersebut, maka perusahaan pun bisa memberikan pengalaman dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Sedangkan, multi channel menitikberatkan pada jumlah saluran komunikasi. Pengembangan metode saluran komunikasi ini hanya fokus pada lokasi calon pelanggan. Penambahan saluran komunikasi semata-mata dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas pelanggan, bukan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

 

Dari pembahasan ini, bisa diketahui bahwa omni channel adalah metode komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan yang terintegrasi. Sedangkan perbedaan omni channel dan multi channel bisa dilihat dari beberapa faktor seperti fokus layanan, informasi yang diberikan, hingga customer insight.

Tertarik untuk mulai menerapkan metode omni channel pada perusahaan Anda? VADS Indonesia siap membantu. Dengan metode komunikasi omni channel yang saling terintegrasi, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Informasi selengkapnya, klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik