Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 7 Cara Manfaatkan Social Media Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

7 Cara Manfaatkan Social Media Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

30 Maret 2023

Image of 7 Cara Manfaatkan Social Media Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

Social media saat ini menjadi salah satu senjata ampuh untuk melakukan pemasaran bisnis. Hal ini tidak terlepas dari masifnya pengguna social media seperti Instagram, TikTok, dan lain-lain. Itulah kenapa banyak perusahaan mulai menyusun strategi social media marketing yang efektif untuk meningkatkan performa bisnis mereka.

Melalui social media marketing, Anda dapat mempromosikan produk dengan berbagai cara menarik, mulai dari upload foto, video, mengadakan kuis, hingga memasang iklan. Alhasil, target pasar dapat dengan mudah menyadari keberadaan brand Anda dan pada akhirnya tertarik untuk membeli produk Anda. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan social media marketing untuk dapat meningkatkan penjualan produk?

  1. Pahami target market Anda

Salah satu cara memanfaatkan social media marketing adalah dengan memahami target pasar yang Anda tuju. Anda dapat memahami perilaku hingga kebutuhan mereka dengan cepat melalui media sosial, mulai dari topik yang mereka sukai, jenis konten yang sering mereka likes, kapan mereka sering aktif, dan sebagainya.

Setelah mendapatkan data tersebut, Anda dapat menyusun strategi digital marketing yang lebih tepat sasaran. Terus lakukan ini secara konsisten agar brand Anda semakin dikenal dan mengungguli kompetitor.

  1. Memilih platform yang tepat

Saat ini, terdapat banyak platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk memilih platform yang tepat sesuai dengan target social media marketing Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan, misalnya, melakukan survei social media mana yang lebih sering digunakan oleh target pasar Anda.

Setelah mengetahui social media yang tepat, Anda tinggal menyusun kampanye social media marketing secara efektif untuk menjangkau target pasar dengan cepat. Kampanye tersebut dapat dilakukan melalui postingan atau video menarik hingga memberikan penawaran yang menarik untuk target pasar.

  1. Tetapkan target yang dapat diukur

Sangat penting bagi Anda untuk menetapkan target yang dapat diukur saat menyusun social media management. Dengan menetapkan target, strategi marketing perusahaan akan terarah dengan baik dan dapat disesuaikan dengan budget.

Beberapa contoh target yang dapat diukur dalam penerapan social media marketing adalah mendapatkan 1.000 followers dalam tiga bulan, meningkatkan engagement rate hingga 50% dalam enam bulan, atau mendapatkan 25% sales dari media sosial dalam tiga bulan. Jadi, tiap bulan atau tiap dua minggu sekali, Anda bisa mengukur sudah sejauh mana target tersebut tercapai.

  1. Lakukan riset kompetitor

Anda juga dapat melakukan riset kompetitor di media sosial. Cek akun-akun media sosial kompetitor pada berbagai platform seperti Instagram dan Twitter. Lihatlah konten seperti apa yang selama ini mereka unggah.

Dari sini, idealnya Anda akan mendapat inspirasi untuk mengembangkan konten social media marketing yang belum pernah dibahas kompetitor. Dengan begini, Anda menawarkan hal berbeda kepada target konsumen sehingga meningkatkan peluang merek untuk beralih ke brand Anda.

  1. Konsisten hadirkan konten yang berkualitas

Salah satu cara memanfaatkan social media marketing yang efektif adalah dengan konsisten menghadirkan konten berkualitas. Hal tersebut karena Anda sudah memasang standar tinggi sejak awal pembuatan konten. Sehingga, target pasar akan terus menunggu konten dengan kualitas yang sama bagusnya seperti sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat menjaga loyalitas target pasar agar tidak beralih ke kompetitor perusahaan..

  1. Tentukan jadwal posting

Selalu tentukan jadwal posting konten sesuai dengan waktu aktif target pasar Anda di media sosial. Misalnya, jika target pasar bisnis Anda sering membuka media sosial pada siang hari, unggahlah konten Anda pada jam tersebut agar langsung muncul di urutan atas feed mereka. Alhasil, Anda punya peluang lebih tinggi untuk mendapat lebih banyak likes, comments, dan shares.

  1. Jangan melewatkan evaluasi

Jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi terhadap konten yang sudah dibuat. Selalu cek berapa besar engagement yang didapat dari konten sebelumnya, cari kekurangan dari unggahan tersebut untuk dijadikan bahan pembelajaran saat membuat konten berikutnya.

Diperlukan strategi social media marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Tak perlu khawatir, PT VADS Indonesia (VADS) dapat memberikan digital solutions berupa layanan Social Media Marketing untuk perusahaan Anda.

Mulai dari penggunaan kecerdasan buatan untuk strategi marketing lewat social media analytics sampai pengelolaan konten marketing yang tepat lewat social media care management, VADS memastikan social media marketing perusahaan Anda akan lebih efektif. Sehingga, produk perusahaan dapat menjangkau target pasar dengan baik. Segera klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Social Media Marketing  dari PT VADS Indonesia!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik