Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Ini 4 Metrik untuk Social Media Analytic

Ini 4 Metrik untuk Social Media Analytic

04 April 2023

Image of Ini 4 Metrik untuk Social Media Analytic

Dalam dunia bisnis, social media marketing saat ini mulai menjadi jantung branding dan promosi dari suatu produk. Diiringi dengan perkembangan teknologi, saat ini social media untuk para pebisnis sudah dikategorikan secara khusus, contoh Instagram Professional Dashboard, Whatsapp Business, dan lain-lain.

Saat ini sudah ada social media analytic tool yang dapat mempermudah Anda untuk mengamati kinerja akun media sosial. Dengan melihat data ini, Anda dapat mengevaluasi seberapa efektif strategi social media Anda. Yuk, cek empat daftar metrik dan masing-masing penjelasannya di bawah ini!

  1. Reach dan Impression

Reach mengindikasikan berapa total akun yang tertarik dan menonton konten Anda di media sosial. Sementara, impression menandakan berapa kali konten Anda muncul di timeline audiens. Semakin trendy konten yang Anda buat, maka semakin besar pula kemungkinan konten tersebut muncul di timeline banyak orang. Hal ini berkaitan erat dengan kelihaian Anda dalam social media marketing.

Dalam menerapkan social media analytic, social media marketing Anda perlu dievaluasi ulang apabila angka reach-nya rendah. Jika impression sudah tinggi, namun orang-orang tidak tertarik untuk mengeklik konten, berarti konten Anda masih kurang menarik dan perlu dikembangkan.

  1. Engagement

engagement

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, engagement rate tidak kalah pentingnya dari reach dan impression, bahkan hasilnya lebih transparan. Pasalnya, engagement umumnya melibatkan total like, share, dan comment yang biasa muncul di konten Instagram Anda. Sementara di platform lain seperti Facebook, Twitter, atau Tiktok pun berlaku hal yang sama, hanya saja jenis metriknya agak berbeda.

Semakin banyak interaksi yang Anda dapat dari audiens, engagement rate Anda juga semakin tinggi. Dari situ, dapat terlihat apakah followers Anda merupakan followers aktif atau bukan. Untuk sebuah bisnis engagement rate sangat penting untuk meningkatkan reputasi brand, sehingga total audiens yang tertarik dengan konten Anda bisa semakin banyak pula. Dengan demikian, engagement adalah komponen yang paling krusial dalam social media analytic.

  1. Response Rate

response rate

Response rate berkaitan erat dengan layanan customer care. Sebab, social media marketing yang menarik bukan hanya satu-satunya faktor penentu kesuksesan konten produk bisnis Anda. Hal tersebut juga masih perlu didukung dengan customer care yang baik. Metrik satu ini biasanya termasuk ke dalam Customer Satisfaction (CSAT) Score pada social media analytic.

Layanan customer care yang baik perlu berkomunikasi secara intens dan interaktif dengan audiens, contohnya dengan responsif dan cepat menanggapi pertanyaan audiens di social media. Supaya kualitas customer experience dapat terjamin. Untuk menjamin ini, Anda bisa menggunakan jasa dari PT. Vads Indonesia yang sudah berpengalaman memenuhi target customer experience.

  1. Conversion Rate

conversion rate

Conversion rate adalah salah satu tahap yang paling puncak dari social media analytic. Metrik satu ini menunjukkan seberapa efektifnya social media marketing dari konten produk yang Anda buat. conversion rate memfokuskan langsung pada action, dimana audiens tergerak untuk membeli sesuatu karena pengaruh dari konten yang Anda buat. Bagaimana cara mengetahuinya? Umumnya, ada fitur Click Through Rate (CTR) untuk mempermudah Anda mengetahui seberapa banyak klik yang audiens klik dengan perbandingan Ads impression. 

 

Selain empat metrik di atas, dalam ranah social media analytic masih banyak hal yang perlu Anda ketahui lebih jauh supaya bisnis Anda dapat ikut berkembang di dunia digital. Temukan informasi terkait di situs resmi PT VADS Indonesia!

Supaya social media marketing bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, ada hal yang lebih praktis daripada harus menjalankan social media analytic yang rumit secara mandiri, yakni dengan bantuan dari PT VADS Indonesia. Bisnis Anda sedang membutuhkan bantuan pengembangan social media analytic? Klik di sini untuk lebih detailnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik