Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Pentingnya Omnichannel untuk Memajukan Bisnis B2C

Pentingnya Omnichannel untuk Memajukan Bisnis B2C

09 Februari 2023

Image of Pentingnya Omnichannel untuk Memajukan Bisnis B2C

Melalui berbagai perkembangan teknologi yang saat ini ada, para pelaku bisnis dimudahkan untuk bisa menjual langsung produknya ke konsumen (end user). Baik bisnis besar maupun kecil, penerapan model business to consumer atau B2C sudah menjadi hal yang lazim.

Tak terkecuali untuk bisnis Anda, model ini juga sangat mungkin untuk dilakukan dengan memanfaatkan berbagai channel penjualan digital yang saat ini tersedia.

Untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik dan kemudahan integrasi antar-channel penjualan, biasanya para pebisnis menggunakan strategi omnichannel. Sudah pernah dengar istilah tersebut sebelumnya? Simak pembahasan lengkap soal omnichannel marketing berikut ini!

Memahami apa itu omnichannel

Sebelum memahami apa itu omnichannel, kita perlu mundur sebentar dan memahami beberapa konsep berikut ini.

Setiap bisnis pasti memiliki channel penjualannya masing-masing. Bisnis Anda mungkin melakukan penjualan melalui toko fisik, toko online, atau keduanya. Nah, kalau bisnis Anda saat ini menjual produk hanya melalui toko fisik atau toko online saja, itu dinamakan dengan channel penjualan. Atau jika lebih spesifik lagi, Anda hanya menjual produk melalui Instagram atau e-commerce. Instagram dan e-commerce inilah yang dinamakan channel.

Namun, jika Anda memiliki toko di beberapa platform sekaligus, seperti Instagram, Facebook, dan e-commerce, itu dinamakan multichannel. Sedangkan jika Anda bisa saling mengintegrasikan berbagai channel penjualan tersebut, maka istilah yang dipakai adalah omnichannel.

Jadi, secara sederhana, omnichannel bisa dimaknai sebagai strategi untuk mengintegrasikan setiap channel penjualan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai dari mencari informasi produk hingga melakukan pemesanan.

Pentingnya omnichannel untuk memajukan bisnis B2C

Dengan model bisnis B2C yang harus menjangkau langsung konsumen akhir, strategi omnichannel tentu sangat penting untuk dilakukan. Beberapa alasannya adalah seperti berikut ini.

  1. Memperluas jangkauan bisnis

Melalui strategi omnichannel, bisnis Anda bisa muncul di setiap tempat yang potensial. Ketika calon pelanggan mencari informasi melalui mesin pencari, media sosial, maupun e-commerce, bisnis Anda bisa ditemukan dengan mudah. Karena hal tersebut, jangkauan bisnis Anda juga bisa semakin luas dan tidak terbatas hanya pada beberapa channel saja.

  1. Meningkatkan segmentasi pelanggan

Perlu diketahui bahwa setiap channel penjualan memiliki karakteristik dan segmentasinya masing-masing. Memposisikan brand di setiap tempat dengan optimal dapat memperluas segmentasi pelanggan Anda. Berkat bantuan konten yang dipersonalisasi, Anda bisa terhubung dengan lebih dekat dengan calon pelanggan yang potensial. Semakin banyaknya pengguna yang berinteraksi dan terhubung dengan bisnis Anda, maka semakin luas juga segmentasi pelanggan yang bisa bisnis Anda miliki. Dengan begitu, ke depannya berbagai strategi marketing bisa dilakukan dengan lebih optimal. Tidak sulit juga nantinya untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal dalam jangka waktu panjang.

  1. Berbagai media berjalan secara terintegrasi

Omnichannel marketing tidak berbicara soal seberapa banyak channel penjualan yang Anda miliki, tapi juga mencakup seberapa baik channel tersebut saling terintegrasi. Misalnya, ketika pengguna menemukan produk Anda melalui media sosial, mereka bisa menemukan website resmi di bagian bio atau caption. Lalu, ketika mereka menemukan produk Anda melalui mesin pencari, calon pelanggan juga bisa melakukan pembelian di dalam website atau mengunjungi toko online Anda di e-commerce dengan mudah. Integrasi semacam itu memungkinkan Anda untuk memantau performa bisnis dalam satu sistem yang solid dan akurat.

  1. Mendorong kepuasan pelanggan

Berbagai kemudahan untuk mengakses informasi produk, melakukan transaksi, dan menghubungi Anda dengan cepat menjadi poin plus yang bisa didapatkan dari strategi omnichannel. Melalui berbagai keunggulan tersebut, pelanggan akan mendapatkan kepuasan layanan yang tinggi. Dengan pengalaman pengguna yang maksimal, tidak sulit untuk bisnis Anda berkembang dan mendapatkan kepercayaan mereka dalam jangka waktu panjang. Jadi, pastikan kalau kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi poin utama yang harus selalu ditingkatkan.

  1. Meningkatkan keuntungan

Lebih banyak channel yang digunakan artinya ada lebih banyak calon pelanggan potensial yang dijangkau. Dalam kondisi tersebu,t maka semakin besar juga peluang penjualan yang bisa Anda dapatkan. Jika dilakukan dengan optimal, maka strategi omnichannel marketing bisa menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan keuntungan. Bukan tidak mungkin, ke depannya Anda tidak perlu keluar biaya tinggi lagi demi mendapatkan pelanggan baru, mengingat brand Anda sudah tersebar dari mulut ke mulut.

Namun, tentu saja beberapa manfaat yang ditawarkan oleh omnichannel tersebut tidak bisa Anda dapatkan secara instan. Perlu effort tinggi dan konsistensi untuk bisa mencapai semua keuntungan tersebut. Nah, supaya lebih praktis, Anda bisa menggunakan layanan omnichannel yang disediakan oleh PT VADS Indonesia.

Selain praktis, VADS juga sudah dipercaya selama lebih dari satu dekade oleh berbagai perusahaan raksasa untuk membantu mengurus omnichannel layanan pelanggannya. Dengan sumber daya profesional yang mumpuni, strategi marketing dan layanan pelanggan Anda akan berjalan lebih optimal dan hemat biaya. Tertarik untuk menerapkan strategi omnichannel marketing pada bisnis Anda? Hubungi VADS sekarang juga!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik