Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Produktif Mengasah Kemampuan di Masa Pandemi dengan Layanan Training

Produktif Mengasah Kemampuan di Masa Pandemi dengan Layanan Training

09 Oktober 2020

Image of Produktif Mengasah Kemampuan di Masa Pandemi dengan Layanan Training

Suasana training VADS Indonesia di masa pandemi dengan menggunakan Microsoft Teams

Adanya pandemi Covid-19 mengubah cara orang bekerja. Terbatasnya jarak dan adanya pembatasan sosial berskala besar membuat sebagian perusahaan mengubah cara mereka bekerja. Seluruh industri merubah cara kerja mereka dan beradaptasi ke kehidupan normal baru atau dikenal dengan “New Normal”. Namun dengan adanya keterbatasan ini tidak membuat para perusahaan berhenti sampai sini saja, dibutuhkan inovasi dan perencanaan yang matang untuk tetap bisa bertahan dan terus memberikan pelanan yang optimal kepada para pelanggannya.

Service Excellence selalu menjadi nilai utama bagi VADS Indonesia untuk selalu memberikan layanan penuh kepada para klien setianya. Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, VADS Indonesia telah melakukan sejumlah inisiatif dalam upaya menjaga produktivitas, salah satunya adalah memberikan pelatihan kepada CEC (Customer Engagement Champion) melalui training secara online maupun offline dengan tujuan meningkatkan skill sumber daya manusia yang unggul.

Keterbatasan yang dihadapi harus membuat training yang biasanya hanya dilakukan secara tatap muka, menjadi metode online. Banyak perubahan yang harus dilakukan dalam perubahan metode dari offline ke online ini salah satunya adalah mengurangi durasi training secara harian dari yang sebelumnya 8 jam menjadi 4 jam setiap hari nya, pengurangan durasi ini membuat penyesuaian terhadap materi yang akan disampaikan.

Beralihnya menjadi metode online tidak dipungkiri bahwa hal tersebut dapat membuat peserta training mudah lelah dikarenakan minimnya komunikasi nonverbal, lokasi meeting yang hanya menatap layar seharian full dan kurang bergerak, serta muncul berbagai kesalahan teknis seperti koneksi internet yang mati atau lag pada aplikasi meeting sehingga yang seharusnya meeting berlangsung 45 menit bisa sampai 60 menit karena menunggu lag tersebut diperbaiki.

Namun halangan tersebut bukanlah menjadi tantangan untuk terus mengasah kemampuan diri. Tim Learning and Development VADS Indonesia selalu berusaha menghadirkan suasana dan tema baru dalam training yang diadakan. Tercatat beberapa kegiatan training yang dilakukan baik secara online maupun tatap muka. Salah satunya yang diadakan bulan September lalu adalah mengenai “Personality Plus dan Correspondence Skill : Email Handling” yang diberikan kepada tim operasional khususnya CEC di Jakarta dan Yogyakarta.

  • Training Personality plus membahas mengenai 4 (empat) tipe kepribadian menurut teori yang dituliskan oleh Florence Littauer, tujuan pemberian materi ini adalah agar peserta dapat memahami heterogenitas dalam lingkup kerja sehingga bisa berkomunikasi secara efektif dengan masing – masing tipe kepribadian. Diskusi dalam kegiatan training juga menjadikan suasana training sangat cair dan mempermudah peserta dalam memahami topik yang sedang disampaikan.
  • Training Correspondence Skill : Email Handling yang diadakan secara online. Email handling merupakan bagian yang tak terpisahkan dari layanan customer service, untuk itulah training ini diadakan agar para peserta mampu memahami cara menangani email dengan baik dan benar, menguasai etika dalam menggunakan email, memahami teknik membuat email yang profesional dengan personal touch serta memilih kalimat dan kata-kata yang sesuai ketika mengirimkan email.

Tim Learning and Development VADS Indonesia menjalankan training secara online dengan media Microsoft Teams. Microsoft Teams merupakan salah satu fitur dari Microsoft 365 yang berfungsi untuk video conference dan kolaborasi. Microsoft Teams memiliki beberapa keunggulan seperti :

  • Sistem keamanan data yang canggih sehingga tidak perlu khawatir mengenai kebocoran data
  • Solusi messaging yang lengkap
  • Terintegrasi penuh dengan Microsoft 365
  • Terdapat banyak add-ins
  • Hadir di berbagai platform seperti Mac, Windows, Android, dan iOS
  • Dukungan terhadap offline dan bandwidth rendah

Training secara online ini pertama kali diadakan pada 19 Mei 2020 dengan tema Social Media for Business dengan tujuan agar teman-teman CEC dan Team Leader memahami penggunaan media sosial di dunia contact center termasuk bagaimana cara berkomunikasi dengan para pelanggan menggunakan media sosial dengan efektif.

Selain itu, tim learning development juga mengadakan training online untuk internal VADS Indonesia yang bertujuan untuk memberikan edukasi terkait produk dan layanan dari VADS Indonesia. Selain itu training online internal ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan karyawan VADS Indonesia.

Namun, training offline tetap berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan face shield, mencuci tangan sebelum masuk ruangan dengan hand sanitizer yang sudah disediakan di ruangan, dan juga menjaga jarak selama training berlangsung sehingga terdapat kuota maksimal dalam setiap ruangan untuk tetap menjaga jarak.

VADS Indonesia memiliki solusi Customer Service Learning Center sebagai pusat pelatihan yang menyediakan trainer, modul, program pengembangan baik untuk individu maupun untuk tim. Memiliki kurikulum yang komprehensif untuk pelatihan yang dimoderatori oleh pelatih profesional. Lokasi dan jenis pelaksanaannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jenis pelatihan yang disediakan oleh VADS Indonesia diantaranya adalah analisa kebutuhan training, konsultasi, customer service, kepemimpinan, pengembangan interpersonal, motivasi, pelatihan untuk trainer, dan digital marketing. Berbagai keuntungan yang didapat dengan menggunakan VADS Indonesia Learning Center adalah :

  • Pelatihan yang dapat disesuaikan oleh pelatih tersertifikasi dan berpengalaman serta ahli dibidangnya
  • Meningkatkan motivasi dan engagement antar karyawan dengan perusahaan
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kepada karyawan mengenai pelayanan terhadap pelanggan perusahaan.

Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik