Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal Strategi Email Marketing dengan PT VADS Indonesia

Mengenal Strategi Email Marketing dengan PT VADS Indonesia

29 April 2022

Image of Mengenal Strategi Email Marketing dengan PT VADS Indonesia

Dalam dunia bisnis, ada berbagai cara untuk melancarkan strategi marketing. Salah satunya dengan cara email marketing. Melakukan promosi bisnis melalui email dianggap sebagai pilihan yang tepat dan lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial.

Dalam artikel kali ini, PT VADS Indonesia akan menjelaskan lebih dalam mengenai strategi email marketing. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami dan bisa menggunakan email sebagai salah satu strategi email bisnis Anda!

Apa itu email marketing?

Seperti namanya, email marketing adalah cara melakukan pemasaran dengan memanfaatkan email. Artinya, Anda akan mengirimkan email pada calon konsumen. Tujuan pengiriman ini bisa beragam, mulai dari edukasi hingga mengajak audiens untuk menggunakan atau membeli produk yang bisnis Anda tawarkan.

Strategi penggunaan email ini bisa dibilang cukup tradisional dalam bidang digital marketing. Namun, jika Anda dapat menerapkan strategi yang tepat, email marketing ini akan sangat efektif.

Mengapa email marketing penting?

Meskipun terbilang cukup tradisional bila dibandingkan marketing melalui media sosial yang lebih booming saat ini, nyatanya email marketing juga penting bagi pertumbuhan bisnis Anda. Ada beberapa manfaat yang perlu dipahami agar Anda mempertimbangkan menggunakan strategi pemasaran ini.

Manfaat yang pertama adalah hemat biaya. Anda tidak perlu melakukan promosi atau pemasaran besar-besaran, cukup dengan memiliki alamat email calon konsumen dan membuat konten email yang tepat. Jangkauan email marketing pun sangat luas karena hampir tidak mungkin seseorang yang terkoneksi dengan internet, tidak memiliki alamat email.

Selain itu, beberapa penelitian mengatakan bahwa sekitar 90 persen orang akan mengecek email setiap hari. Maka dari itu, jika konten Anda bisa menarik perhatian calon konsumen, penggunaan metode pemasaran yang satu ini akan sangat efisien.

Strategi melakukan email marketing

Untuk melakukan email marketing, Anda harus memahami beberapa cara di bawah ini agar metode pemasaran lebih efektif.

  1. Kenali audiens

Strategi pertama yang PT VADS Indonesia sarankan bagi bisnis Anda adalah mengenali audiens. Anda harus bisa memahami kebiasaan atau behaviour calon konsumen Anda. Cari tahu apa saja selera dan minat mereka, dengan begitu Anda bisa membuat konten email yang tepat dan juga efektif. 

  1. Siapkan alat yang tepat

Pemasaran dengan cara mengirimkan email tidak sama dengan mengirim email pribadi. Dibutuhkan alat yang tepat untuk menunjang strategi bisnis yang satu ini. Pasalnya, di dalam email marketing akan ada video, gambar, bahkan landing page yang bertujuan agar konsumen semakin tertarik. Ada banyak alat atau tools yang bisa Anda manfaatkan. Namun, pastikan Anda sudah memahami keunggulan tiap tools agar bisa optimal dalam mengirimkan email marketing.

  1. Buatlah list 

Selanjutnya adalah membuat email list. Hal ini akan sangat diperlukan agar Anda bisa memahami target audiens yang benar-benar berpotensi bagi perkembangan bisnis. Kelompokkan alamat email calon konsumen sesuai dengan beberapa penilaian yang sudah Anda lakukan agar bisnis berjalan lancar. 

Jangan lupa juga untuk membuat konten yang menarik dengan call to action variatif agar pembaca email atau calon konsumen Anda semakin berminat menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  1. Optimasi email marketing

Setelah Anda paham dan sudah membuat email list, optimalkan email marketing Anda dengan membangun konten yang menarik. Setelah Anda yakin dengan konten tersebut, lakukanlah email blast

Email blast berarti Anda akan mengirimkan email langsung ke banyak orang dalam sekali waktu. Tentunya target audiensnya adalah orang-orang yang sudah masuk email list. Melakukan hal ini akan sangat berguna bagi bisnis karena pemasaran dikerjakan dengan cepat dan masif.

  1. Evaluasi

Strategi yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Tidak akan lengkap rasanya bila Anda tidak mengukur efektivitas email marketing yang Anda lakukan. Anda harus mengevaluasi strategi ini agar bisa memahami apakah yang Anda lakukan sudah benar dan efektif meraih atensi audiens. 

Cari tahu apakah mereka melakukan pembelian dan seberapa banyak orang yang melakukan transaksi setelah membuka email marketing dari Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengoptimalkan strategi ini di kemudian hari.

Itulah penjelasan mengenai strategi email marketing untuk mengembangkan bisnis Anda. Melakukan strategi marketing tentunya diperlukan pengalaman dan ilmu yang mendalam. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk optimalisasi strategi ini, gunakanlah layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Kunjungi website PT VADS Indonesia untuk informasi lebih lanjut!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik