Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Layanan Inbound Contact Center

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Layanan Inbound Contact Center

13 April 2023

Image of 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Layanan Inbound Contact Center

Penerapan layanan inbound contact center mulai masif dilakukan oleh perusahaan dari berbagai sektor, terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan konsumen. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen selama berinteraksi dengan perusahaan Anda. Dengan layanan contact center yang baik, konsumen akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan sehingga akan menarik mereka untuk menjadi pelanggan tetap.

Kabar baiknya lagi, saat ini penerapan inbound contact center sudah dapat diautomasi dan mengandalkan kecerdasan buatan. Hal ini dianggap sebagai solusi efisien karena perusahaan dapat mengurangi tenaga manual. Namun, tentu tetap terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan ini. Apa saja?

Definisi inbound contact center

Inbound contact center merupakan layanan yang diberikan perusahaan untuk pelanggan, biasanya berupa nomor telepon interaktif. Dengan nomor ini, mereka dapat menanyakan informasi terkait produk dan jasa dari perusahaan hingga memberikan kritik, saran, dan keluhan. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan feedback untuk mengembangkan produk dan jasa lebih baik lagi.

Layanan ini memang dapat dilakukan secara manual, namun berkembangnya teknologi membuat inbound contact center bisa diautomasi dengan mengandalkan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).  Dengan kecerdasan buatan tersebut, seluruh keinginan pelanggan dapat dipenuhi dalam waktu cepat, mulai dari pertanyaan general hingga spesifik.

 

Memahami cara kerja inbound contact center

Cara kerja inbound contact center sama dengan layanan call center pada umumnya. Ketika panggilan dari pelanggan diterima, panggilan tersebut akan dialihkan ke agen atau tim agen yang sesuai. Staf pusat kemudian akan menangani panggilan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dalam beberapa kasus, panggilan masuk dapat dialihkan secara otomatis ke agen berikutnya berdasarkan waktu dan jenis panggilan. Dalam kasus lain, pelanggan dapat diminta untuk on hold sementara sampai agen tersedia.

Komponen utama inbound contact center

Nah, agar inbound contact center automation berjalan optimal, terdapat berbagai komponen utama yang penting untuk dipenuhi. Mulai dari interactive voice response hingga call reporting, berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Interactive Voice Response

Sistem yang sering disingkat sebagai IVR ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem komputer menggunakan perintah suara. Sistem IVR sering digunakan untuk mengalihkan panggilan ke bagian layanan yang dibutuhkan pelanggan.

  1. Call Monitoring

Komponen utama inbound contact center automation berikutnya adalah call monitoring, yang memungkinan manajer untuk mendengarkan panggilan pelanggan secara real-time. Fitur ini sering digunakan untuk tujuan kontrol kualitas.

Manajer layanan pelanggan dapat menggunakan call monitoring untuk mendengarkan area di mana agen memerlukan perbaikan. Untuk memastikan layanan pelanggan yang baik, call monitoring sering digunakan sebagai cara untuk melatih agen tentang cara menangani pertanyaan pelanggan.

  1. Call Distribution

Call distribution merupakan komponen yang mengatur tentang distribusi panggilan. Dengan komponen ini, tim contact center dapat mengatur panggilan yang akan diprioritaskan untuk diangkat terlebih dahulu. Sehingga, pelanggan yang memiliki kebutuhan dalam waktu cepat dapat segera dipenuhi.

  1. Call Recording

Call recording merupakan komponen yang digunakan untuk merekam interaksi pelanggan. Sama seperti call monitoring, call recording pun berguna untuk kontrol kualitas dan tujuan pembinaan. Selain itu, beberapa bisnis menggunakan call recording untuk melindungi diri dari kewajiban hukum. Dari hasil call recording juga bisa diambil catatan interaksi pelanggan untuk melatih staf contact center terbaru.

  1. Call Reporting

Komponen inbound contact center selanjutnya adalah call reporting. Komponen ini memberikan kebebasan kepada manajer untuk mendapatkan informasi tentang kinerja agen pusat panggilan. Informasi ini dapat mencakup jumlah panggilan yang dijawab oleh agen, jumlah waktu yang mereka habiskan untuk setiap panggilan, dan jumlah keluhan pelanggan yang mereka terima. Selain itu, pelaporan historis dapat digunakan untuk melacak tren dan pola spot.

  1. Pengaturan jeda waktu tunggu

Pengaturan jeda waktu tunggu merupakan layanan yang dapat memberikan pengalaman menunggu yang menarik bagi pelanggan, sehingga mereka pun akan merasa dihargai. Software panggilan masuk dapat memberikan informasi tentang waktu tunggu atau posisi antrean, menawarkan opsi panggilan balik antrean tingkat lanjut, atau memberikan pengumuman khusus.

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan inbound contact center?

Selain komponen-komponen di atas, terdapat sejumlah hal lain yang harus diperhatikan perusahaan yang akan menerapkan inbound contact center automation, di antaranya adalah;

  1. Performa contact center agent

Perusahaan harus selalu memonitor performa contact center agent. Perhatikan bagaimana mereka  menyambut pelanggan, kemampuan mereka memenuhi permintaan pelanggan, hingga respons mereka ketika menghadapi keluhan pelanggan. Sehingga, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang baik dan permintaannya terpenuhi.

  1. Akurasi informasi penelepon

Informasi yang diberikan penelepon harus berisi, tetapi tidak terbatas pada detail dasarnya. Seluruh riwayat interaksi mereka dengan perusahaan seperti tiket support, email, hingga pesanan harus disertakan juga. Perangkat lunak pusat panggilan masuk Anda harus menyediakan semua data penelepon dalam satu interface sesegera mungkin begitu percakapan dimulai, sehingga dapat memberikan dukungan secara real-time.

  1. Pemahaman terhadap teknologi yang digunakan

Meskipun agen contact center menanggapi satu penelepon pada satu waktu, kolaborasi dengan agen lain di contact center juga penting dalam operasi mereka. Fungsi seperti konferensi panggilan, transfer panggilan, panggilan agen ke agen, dan tugas pesan suara penting dalam memberikan layanan pelanggan yang optimal. Oleh karena itu, pastikan software Anda saat ini memungkinkan kerja tim yang efektif di perusahaan.

  1. Reputasi penyedia

Pastikan juga kalau perusahaan Anda menggunakan jasa inbound contact center automation yang memiliki reputasi baik dan tepercaya. Idealnya, peralatan contact center sudah dibekali dengan software terbaru hingga penyimpanan berkapasitas besar untuk menyimpan rekaman percakapan pelanggan.

 

Penerapan layanan inbound contact center automation memerlukan banyak pertimbangan, termasuk komponen yang mendukung dan berkualitas. PT VADS Indonesia (VADS) dapat menyediakan layanan inbound contact center yang jenisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, bahkan sudah tersedia automation juga.

Dengan begitu, segala keperluan konsumen dapat terpenuhi dengan cepat dan mereka pun akan mendapatkan pengalaman tidak terlupakan. Segera hubungi VADS untuk mulai konsultasi seputar layanan inbound contact center automation dengan klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik