Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing, Apa Saja?

Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing, Apa Saja?

14 Oktober 2021

Image of Sikap Kerja yang Harus Dimiliki Seorang Telemarketing, Apa Saja?

Sikap Kerja Seorang Telemarketing

Tugas seorang telemarketing adalah menjual produk atau layanan melalui telepon. Umumnya, telemarketer hanya memiliki beberapa detik untuk meyakinkan seseorang agar tetap mendengarkan penawaran, jadi penting mengetahui sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing untuk mengembangkan seperangkat keterampilan penjualan.

Telemarketer terbaik mengetahui produk yang dijual dan dapat menjawab pertanyaan mendetail tentang produk tersebut. Mereka menyelesaikan kursus pelatihan ekstra dan tahu bagaimana menjaga sikap optimis saat berbicara di telepon. Mari simak informasi tentang sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing di bawah ini.

Komunikasi dengan nada positif

Salah satu sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing adalah komunikasi dengan nada positif. Ketika suara dan kata-kata Anda menjadi satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, memahami dan mempertahankan komunikasi dengan nada positif sangatlah penting.

Nada adalah kualitas suara Anda yang dapat dikelola dengan konsentrasi dan latihan. Saat menangani panggilan, ingatlah untuk selalu bersikap sopan dan berbicara secara positif. Sapalah pelanggan dengan cara yang mereka sukai, gunakan sapaan “Pak” atau “Bu” sebagaimana mestinya. Lalu, dalam keadaan apa pun, Anda tidak boleh berkata kasar. Ingatlah bahwa Anda adalah wajah profesional perusahaan Anda dan juga tenaga penjualan profesional yang punya etika.

Memahami target konsumen

Memahami target konsumen bisa dilakukan dengan cara melakukan riset sebelum melakukan panggilan telepon. Kegiatan telemarketing sering kali membuat kebanyakan orang merasa terganggu karena merasa tidak membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, mereka juga tidak familiar dengan tenaga telemarketing yang menghubungi mereka.

Sebagai solusi, Anda harus meluangkan waktu memahami target konsumen agar komunikasi bisa tepat sasaran. Contohnya, jika ingin menawarkan produk tabungan bank, carilah informasi mengenai usia, nama, jenis tabungan apa saja yang mungkin sudah dimiliki target konsumen. Dengan melakukan riset, Anda bisa memberi penawaran yang sesuai kebutuhan target konsumen sehingga mereka akan lebih welcome dan merasa tidak asing dengan penawaran yang Anda berikan.

Manajemen waktu secara efisien

Seorang telemarketing juga harus mampu melakukan manajemen waktu secara efisien. Inilah sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing. Hal ini berhubungan dengan banyaknya tugas yang perlu dilakukan, mulai dari mengecek email, mencatat data pelanggan, dan melakukan panggilan telepon. Banyaknya tugas hanya bisa diselesaikan dengan baik jika Anda bisa memanajemen waktu secara efisien.

Mengetahui waktu-waktu tertentu yang tepat untuk menghubungi pelanggan lewat telepon juga sangat penting. Setiap bisnis biasanya punya demografi pelanggan yang menyediakan informasi tentang jam-jam sibuk pelanggan, sehingga seorang telemarketing bisa melakukan panggilan di luar jam-jam sibuk. Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan panggilan bisa membantu Anda mendapatkan respons yang lebih baik dari target pelanggan.

Pendengar yang baik

Seorang telemarketing juga harus punya kemampuan sebagai pendengar yang baik karena pelanggan ingin didengarkan. Meskipun telemarketing pada dasarnya terdiri dari pesan pemasaran atau promosi yang disampaikan melalui telepon kepada pelanggan atau calon pelanggan, target konsumen mungkin punya pertanyaan, keluhan, atau masukan yang perlu didengarkan.

Telemarketing bertujuan mempromosikan atau mengiklankan barang atau jasa perusahaan. Kemampuan mendengarkan pelanggan bisa berdampak terhadap kesuksesan seorang telemarketing dalam merealisasikan prospek potensial lewat promosi yang dilakukan.

Pemahaman menyeluruh tentang produk

Pemahaman menyeluruh tentang produk menjadi salah satu sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing. Dengan pemahaman produk yang baik, maka seorang agen telemarketing dapat meyakinkan pelanggan secara lebih baik.

Informasi yang benar tentang produk digunakan oleh seorang telemarketing untuk menindaklanjuti prospek. Sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing satu ini mendorong strategi pemasaran yang efektif karena pelanggan bisa mendapatkan informasi secara detail dari produk yang ditawarkan sehingga bisa jadi bahan pertimbangan.

Helpful menjawab setiap pertanyaan

Target konsumen mungkin akan memiliki pertanyaan, itulah kenapa seorang telemarketing harus helpful dalam menjawab setiap pertanyaan. Anda harus siap untuk membicarakan masalah atau kekhawatiran apa pun yang target konsumen miliki. Telemarketing bukan hanya soal "menelepon, mendapatkan jawaban, dan menutup telepon".

Walau mungkin sejumlah orang merasa kurang senang mendapat telepon dari telemarketing, bisa jadi beberapa orang lainnya justru akan memberikan respons positif. Itulah kenapa Anda perlu menguasai kemampuan menjawab pertanyaan secara maksimal.

Itulah informasi mengenai beberapa sikap kerja yang harus dimiliki seorang telemarketing yang perlu Anda ketahui. Menjadi seorang telemarketing yang sukses tidak sulit jika Anda mau terus belajar dan berusaha. Tentunya tidak lupa dibekali dengan software penunjang aktivitas telemarketing seperti yang disediakan oleh VADS Indonesia. Sukses untuk Anda!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik