Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal Apa itu SEO dan Cara Kerjanya bersama PT VADS Indonesia

Mengenal Apa itu SEO dan Cara Kerjanya bersama PT VADS Indonesia

20 Mei 2022

Image of Mengenal Apa itu SEO dan Cara Kerjanya bersama PT VADS Indonesia

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu strategi pemasaran online yang sangat penting bagi bisnis. Calon konsumen menghabiskan banyak waktu di internet sehingga strategi SEO yang tepat dapat menarik perhatian calon konsumen dan menjangkau konsumen yang lebih luas. SEO bahkan tidak hanya bisa menjaring konsumen lokal, namun juga konsumen dari luar negeri. Mari lebih mengenal apa itu SEO dan cara kerjanya bersama PT VADS Indonesia di sini!

Apa itu SEO?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEO adalah salah satu strategi pemasaran online yang fokus pada hasil dari mesin pencarian Google. Strategi pemasaran ini mengoptimasi mesin pencarian, sebuah praktek untuk meningkatkan traffic website, baik dari segi kuantitas maupun kualitas lewat pencarian organik menggunakan mesin pencari. Tujuan SEO sederhana, yaitu agar website yang mengulas konten produk Anda bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian Google. 

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap potensi calon konsumen untuk membeli dari bisnis Anda. Konten-konten SEO yang menarik juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga melakukan pembelian. 

Mengingat SEO fokus pada hasil pencarian organik, bukan melalui iklan (Google Ads), Anda perlu membuat konten semenarik mungkin dan sesuai dengan sistem pencarian Google. Contohnya, konten SEO biasanya mengandung keyword tertentu dan membahas topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Jenis-jenis SEO

Secara umum, SEO terdiri dari tiga jenis, yaitu on page, off page, dan technical. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. On page

SEO on page merupakan apa pun yang berada di halaman website Anda, misalnya blog, produk, dan sebagainya. Semua langkah yang Anda ambil untuk membuat peringkat halaman website Anda lebih tinggi di mesin pencari termasuk ke dalam SEO on page. SEO on page mencakup pembuatan konten berkualitas tinggi dengan tujuan agar bermanfaat bagi pengunjung website Anda. 

Jenis SEO ini juga menambahkan meta tags untuk membantu bot Google lebih memahami konten Anda, menggunakan tag HTML untuk menyorot judul dan elemen konten lainnya, serta memastikan tidak ada tautan rusak atau duplikat pada konten atau halaman. Tak hanya itu, membersihkan struktur URL, memiliki sistem penamaan yang berurutan untuk berbagai halaman serupa yang termasuk dalam satu kategori, dan memilih gambar yang tidak terlalu besar saat menulis nama file deskriptif, juga termasuk kategori SEO on page.

  1. Off page

SEO off page mencakup semua aktivitas dan strategi SEO yang dilakukan di luar website Anda. SEO off page mengarahkan lalu lintas kembali ke website Anda dan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa Anda adalah website yang andal. SEO off page memberi tahu mesin pencari apa yang dipikirkan orang lain tentang Anda. Misalnya, ketika banyak tautan mengarah ke website Anda, mesin pencari menganggap Anda memiliki konten bagus yang memberi nilai bagi penggunanya.

Oleh karena itu, jenis SEO ini berkontribusi besar dalam menciptakan eksposur untuk merek Anda, membangun kepercayaan, dan meningkatkan kesadaran merek. Salah satu taktik SEO off page adalah pembuatan tautan, yang penting dalam hal menentukan peringkat halaman website.

  1. Technical

Technical SEO atau SEO teknis digunakan untuk memperbaiki infrastruktur website sehingga bot mesin pencari dapat melacak dan mengindeks halaman di website Anda dengan lebih efektif. Jenis SEO ini melibatkan proses audit dan pengoptimalan elemen teknis website sehingga memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Meningkatkan efisiensi kinerja website untuk mesin pencari membutuhkan keterampilan SEO teknis yang tinggi.

Fungsi memiliki SEO teknis yang solid untuk website adalah meningkatkan waktu buka halaman, membuatnya lebih mudah untuk dijelajahi mesin pencari, dan menyediakan algoritma mesin pencari informasi yang cukup tentang website Anda untuk mengindeksnya secara akurat. SEO teknis berada di bawah SEO on page. Oleh karena itu, fokus utamanya terletak pada peningkatan berbagai elemen di website yang dapat meningkatkan citranya di mata mesin pencari.

Cara kerja SEO

Mesin pencari online, seperti Google, digunakan oleh orang-orang yang memiliki pertanyaan dan ingin mencari jawabannya di internet. Algoritma mesin pencari adalah program komputer yang mencari petunjuk untuk memberikan hasil yang tepat sesuai apa yang pengguna cari. Mesin pencari mengandalkan algoritma untuk menemukan website dan diberi peringkat untuk kata kunci tertentu. 

SEO adalah produk dari mesin pencari. Mesin pencari mengembangkan faktor peringkat dan menggunakan faktor-faktor tersebut untuk menentukan konten yang paling relevan untuk pencarian. Namun, sebelum mesin pencari dapat menentukan konten yang paling relevan, mesin pencari harus crawling (merayapi) dan indexing (mengindeks) konten. Berikut penjelasannya:

  • Perayapan - Mesin telusur melakukan crawling untuk menemukan halaman baru dan yang sudah ada di web. Crawler menggunakan tautan untuk menemukan konten, itulah sebabnya internal link (tautan internal) dan backlink (tautan balik) penting untuk SEO.
  • Pengindeksan - Mesin pencari menggunakan pengindeksan untuk menyimpan konten dari web dan kemudian mengirimkannya melalui hasil pencarian. Pengindeksan terjadi setelah perayapan. Sebagian besar halaman akan masuk ke indeks mesin pencari, namun halaman yang berisi spam, telah diblokir, atau duplikat biasanya jarang diindeks.

Itulah informasi tentang apa itu SEO dan cara kerjanya yang diulas oleh PT VADS Indonesia. Jika butuh bantuan untuk mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia.

Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk SEO pada website. Bisnis Anda pun akan terbantu dalam meningkatkan berbagai aspek bisnis, seperti awareness, penjualan, hingga loyalitas pelanggan. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik