Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa Itu AI dan Gunanya bagi Search Engine Optimization?

Apa Itu AI dan Gunanya bagi Search Engine Optimization?

18 Mei 2022

Image of Apa Itu AI dan Gunanya bagi Search Engine Optimization?

Artificial Intelligence, biasa disingkat AI, merupakan kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan atau mengautomasi pengambilan keputusan dan tugas yang dilakukan oleh manusia. Itulah mengapa AI kerap digunakan oleh bisnis dan sangat penting untuk transformasi bisnis digital. AI memungkinkan bisnis untuk mengurangi biaya tenaga kerja, menghasilkan model bisnis baru, dan meningkatkan proses atau layanan pelanggan. Lantas, apa itu AI dan, terutama, gunanya bagi Search Engine Optimization?

​​Apa itu AI dan hubungannya dengan SEO?

AI telah mengubah proses pencarian secara permanen. Pengguna internet mendapatkan hasil pencarian khusus berdasarkan pencarian sebelumnya, perangkat yang digunakan, lokasi, dan ratusan faktor lainnya. Mesin pencari semakin tahu apa yang diinginkan pengguna. Pergeseran teknologi ini juga mendorong perubahan penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Sebab, teknologi AI mampu membangun strategi pengoptimalan yang disesuaikan.

Saat menggunakan AI untuk melihat hubungan antara search intent dan konten, hasil pencarian disesuaikan dengan lanskap konten tertentu. Dengan kata lain, SEO yang bekerja untuk satu kelompok keyword mungkin tidak bekerja dengan baik untuk kelompok keyword lainnya. SEO yang mengandalkan AI menganalisis hubungan antara situs, halaman konten, dan peringkat mesin pencari, serta memberikan hasil yang cepat dan dapat ditindaklanjuti.

Manfaat penggunaan AI bagi SEO

Berikut beberapa manfaat penggunaan AI bagi praktik SEO dalam digital marketing:

  1. Pencarian menggunakan suara

Mesin pencari mengandalkan AI untuk memberikan hasil pencarian yang relevan. Mesin telusur menggunakan AI, machine  learning (pembelajaran mesin), dan deep learning (pembelajaran mendalam) untuk memproses query penelusuran, lalu memprediksi hasil mana yang akan memenuhi segala jenis penelusuran. 

Itu berarti, teknologi AI memainkan peran penting dalam menentukan peringkat konten Anda dan bagaimana merek Anda ditemukan oleh pengguna internet, terlepas dari mesin pencari yang digunakan. Pencarian menggunakan suara, misalnya, hanya memungkinkan dengan bantuan AI. 

Pencarian menggunakan suara bergantung pada teknologi AI dalam pembuatan dan pemrosesan bahasa alami agar berfungsi optimal. Saat ini, pencarian menggunakan suara menjadi lebih umum sehingga bisnis perlu menerapkan strategi SEO untuk pencarian menggunakan suara.

  1. Pencarian topik

Penggunaan AI bagi SEO juga membantu pencarian topik. AI dapat membantu pencarian topik yang tepat karena mampu menemukan pola dalam kumpulan data yang besar, termasuk data pada volume pencarian. Penggunaan AI memungkinkan Anda memilih topik konten dengan traffic pencarian tinggi untuk kelompok keyword tertentu. 

Bisnis dapat menggunakan AI untuk mengekstrak topik dari data pencarian, sehingga Anda dapat melihat apa yang dilakukan situs peringkat teratas lainnya untuk muncul pertama kali dalam peringkat pencarian di sekitar keyword terkait. AI membantu Anda membuat konten baru di sekitar hasil pencarian dan dapat membantu mengoptimalkan konten yang sudah Anda miliki. Tujuannya tentu mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk keyword yang sama. 

  1. Analisis traffic

Traffic merupakan lalu lintas organik gratis yang meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Itu berarti, traffic SEO penting bagi setiap bisnis untuk mendapatkan lebih banyak prospek, pelanggan, dan penjualan dari mesin pencari yang tidak harus dibayar. 

Traffic baik untuk SEO karena semakin populer situs Anda,  maka semakin baik peringkatnya di hasil mesin pencarian. Website yang mendapatkan lebih banyak traffic akan meningkatkan metrik SEO. Mesin pencari seperti Google lebih suka memberi peringkat pada konten yang ingin dikunjungi orang.

AI dapat membantu analisis traffic dan memberikan wawasan berharga dari data web. Perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan layanan pelanggan, mempersonalisasi rekomendasi produk, dan memastikan kepatuhan data. 

Di sisi lain, AI juga membantu menganalisis data pelanggan, mempelajari perilaku konsumen, dan memberikan penawaran yang dipersonalisasi. Hal ini penting karena konsumen akan membeli dari perusahaan yang menawarkan produk yang disesuaikan dengan preferensi mereka.

  1. Prediksi peringkat

Memahami peringkat website Anda dan pertumbuhan traffic sangat penting untuk SEO. Anda bisa mendapatkan informasi tentang peringkat website dan pertumbuhan traffic menggunakan Google Analytics. Namun, Google Analytics dapat memakan waktu lama untuk menafsirkan data. Penggunaan AI dalam SEO menjadi penting karena teknologi AI dapat memprediksi dan memperingatkan tentang pertumbuhan peringkat, sehingga dapat mengautomasi identifikasi masalah dan memberikan tindakan korektif.

  1. Kontrol SEO lebih terfokus

AI akan berdampak besar pada strategi SEO karena mengubah cara bisnis mendekati SEO dan bagaimana SEO membantu bisnis mencapai hasil yang lebih baik. Bisnis yang mampu merangkul AI akan mampu menjadi yang terdepan dalam persaingan dan mendominasi hasil mesin pencarian. AI memungkinkan bisnis untuk mengautomasi komunikasi dengan lebih baik, serta memungkinkan kontrol langsung atas strategi berbasis AI dan fokus kata kunci.

Itulah informasi tentang apa itu AI dan gunanya bagi Search Engine Optimization. Jika butuh bantuan mengeksekusi strategi SEO untuk bisnis atau brand, Anda dapat menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Layanan ini membantu Anda membuat dan mempublikasikan kampanye pemasaran melalui berbagai saluran digital, termasuk website SEO. Klik di sini jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan Digital Marketing dari VADS Indonesia dan berbagai layanan menarik lainnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik