VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Memaksimalkan Contact Center dengan Smart Chat Assistant

Memaksimalkan Contact Center dengan Smart Chat Assistant

18 November 2020

image.jpg

Berbagai industri di Indonesia harus beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi disrupsi dan perkembangan teknologi yang cepat. Perkembangan tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk industri perusahaan Anda. Saat ini sudah banyak konsumen yang menggunakan media yang membutuhkan respons cepat untuk menjawab kebutuhan dan keluhan mereka. Sehingga perusahaan harus bisa menyesuaikan layanannya terutama dengan memasukkan lebih banyak teknologi untuk menarik lebih banyak pelanggan, belum lagi perusahaan Anda yang harus menarik konsumen dengan penawaran yang menggiurkan untuk meningkatkan customer awareness maupun untuk meningkatkan customer loyalty. Salah satu teknologi terbaik dan juga lebih murah dalam menarik pelanggan adalah dengan menggunakan teknologi chatbot atau smart chat assistant.

Penggunaan smart chat assistant di Indonesia semakin marak dalam beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak smart chat assistant yang dapat membantu melayani berbagai macam industri misalnya dalam bidang telekomunikasi, retail, otomotif, financial services, kesehatan, e-commerce, pendidikan, bahkan UMKM. Berbagai macam industri tersebut berusaha untuk dapat merespon dengan cepat kebutuhan konsumennya sehingga kecepatan dan efisiensi saat ini sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan layanan pelanggan.

Apa itu Smart Chat Assistant?

Smart chat assistant adalah program kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang mensimulasikan percakapan manusia secara interaktif karena didalamnya terdapat Machine Learning dan Natural Language Processing sehingga dapat diprogram secara interaktif dan dapat memahami bahasa yang digunakan sehari-hari. Smart Chat Assistant adalah program kecerdasan buatan (AI) yang mensimulasikan percakapan manusia interaktif menggunakan frasa pengguna kunci yang dihitung sebelumnya dan sinyal auditori, visual, dan berbasis teks.

Fitur Smart Chat Assistant

Smart chat assistant akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih saat sedang chatting bersama dengan chatbot. Smart chat assistant dapat berbahasa Indonesia menggunakan bahasa sehari-hari yang digunakan sehingga seolah akan terjawab secara personal. Apabila terdapat permasalahan yang lebih kompleks, smart chat assistant akan mengarahkan kepada agen contact center untuk dieskalasikan dan menyelesaikan permasalahan yang kompleks tersebut. Selain itu, beberapa fitur smart chat assistan lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan reward/point kepada pelanggan
  2. Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
  3. Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
  4. Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
  5. Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
  6. Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement

Manfaat Smart Chat Assistant

Di era keterbukaan informasi saat ini, pelanggan tentunya memiliki keluhan dan berbagai pertanyaan yang menginginkan jawaban dengan cepat dan tepat. Tentunya dengan menggunaan smart chat assistant, Anda dapat terbantu dalam menangani keluhan setiap saat bahkan di luar jam kerja sekalipun. Disinilah peran besar smart chat assistant dalam hal menanggapi pelanggan dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan smart chat assistant, Anda dapat menghemat waktu dalam menjawab seluruh respons pelanggan baik itu keluhan maupun pertanyaan dari pelanggan setiap harinya. Smart chat assistant dapat membantu perusahaan Anda menghemat waktu dan juga mengurangi anggaran pengeluaran perusahaan Anda. Manfaat lainnya yang dirasakan dengan menggunakan smart chat assistant untuk contact center perusahaan Anda adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi beban kerja operasional

Smart chat assistant dapat melakukan banyak tugas dengan cepat dan tepat. Smart chat assistant dapat menjawab pertanyaan secara general, dengan automatisasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya seperti mengurangi jumlah panggilan masuk dan dapat meningkatkan efisiensi.

  1. Meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pengalaman pelanggan

Smart chat assistant dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan dengan cepat dan tepat sehingga pelanaggan tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan respons dari perusahaan. Hal tersebut dapat membuat pelanggan merasa senang karena merasa keluhan dan informasi yang dibutuhkan dapat ditanggapi dengan cepat sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan yang baik.

  1. Meningkatkan lead generation

Smart chat assistant dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan data pengunjung seperti nama, email, dan nomor telepon, dan kebutuhan pelanggan tersebut, sehingga perusahaan dapat mengetahui potensial pelanggan terbaru dan menambahkan lead dengan tujuan penjualan dan meningkatkan revenue perusahaan.

  1. Memberikan insight tentang pelanggan

Dengan smart chat assistant memiliki data pengunjung seperti nama, email, nomor telepon, kebutuhan pelanggan, maka perusahaan memiliki data terkait tentang insight pelanggan sehingga data tersebut dapat dijadikan oleh perusahaan untuk memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan target pasar nya.

  1. Selalu setia melayani pelanggan selama 24 jam

Smart chat assistant dapat digunakan agar selalu sedia melayani pelanggan tanpa batas waktu tertentu. Sehingga smart chat assistant merupakan solusi yang tepat untuk melayani pelanggan kapan saja dan di platform mana saja.

Apakah perusahaan Anda sudah menggunakan smart chat assistant untuk memaksimalkan kinerja contact center Anda? Smart chat assistant dapat memberikan efisiensi untuk perusahaan Anda terutama untuk pekerjaan yang dapat diautomisasi terutama yang sifatnya berulang. Selain itu, smart chat assistant memiliki jam kerja yang tidak terbatas. Smart chat assistant dapat melayani konsumen selama 24 jam dan juga di berbagai platform seperti FB Messenger, Telegram, Line, Webchat, Mobile, Twitter, dan WhatsApp.

Sudah saatnya perusahaan Anda menggunakan smart chat assistant untuk memaksimalkan fungsi contact center perusahaan Anda serta menciptakan kepuasan pelangggan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan customer experience perusahaan Anda. VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan customer experience Anda dengan memaksimalkan fungsi contact center perusahaan Anda menggunakan smart chat assistant yang mudah digunakan, hemat biaya, dan dapat merespon pelanggan lebih cepat selama 24 jam kapanpun dan jam berapapun.  Hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait dengan kebutuhan smart chat assistant di perusahaan Anda. 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik