Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Strategi Membangun Hubungan Pelanggan

Strategi Membangun Hubungan Pelanggan

23 Februari 2021

Image of Strategi Membangun Hubungan Pelanggan

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis dan usaha adalah memperhatikan para pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Hubungan yang baik dengan pelanggan akan membuat perusahaan mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, keluhan yang dialami oleh pelanggan, serta tingkat kepuasan yang pelanggan miliki terhadap produk dan layanan perusahaan. Hal tersebut penting dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga perusahaan dapat menyediakan produk dan layanan tepat guna sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.

Pelanggan merupakan elemen utama dan juga aset paling berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin banyak perusahaan memiliki pelanggan, maka perusahaan tersebut akan semakin berkembang. Sehingga penting perusahaan harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan agar terciptanya loyalitas pelanggan. Dibutuhkan strategi yang tepat dalam membangun hubungan dengan pelanggan agar hubungan yang dibangun menjadi baik. Tertutama di era digital ini, persaingan bisnis tidak hanya berkutat pada inovasi produk dan layanan yang diciptakan saja, namun juga memperebutkan posisi dan hati para pelanggannya merupakan elemen penting untuk kemajuan perusahaan. Berikut ini strategi yang bisa digunakan untuk membangun hubungan pelanggan:

  1. Menanggapi Pelanggan dengan Cepat

Dalam membangun hubungan dengan pelanggan, tentunya dibutuhkan komunikasi yang baik dan tepat. Perusahaan harus bisa memberikan pelayanan kepada para pelanggannya dengan respon yang cepat dan kapanpun para pelanggan membutuhkan bantuan selama 24/7. Pelanggan harus mendapatkan prioritas supaya puas terhadap layanan dari perusahaan. Pada era digital seperti saat ini, perusahaan harus bisa berkomunikasi dengan menggunakan berbagai channel. Tentunya untuk mempermudah menjangkau para pelanggan di masing-masing platform.

  1. Menginformasikan Produk dan Layanan Terbaru

Perusahaan harus bisa memberikan informasi mengenai pengetahuan baru dan menarik bagi pelanggan. Dalam memberikan informasi produk dan layanan terbaru dari perusahaan, gunakan narasi yang tepat sasaran dan juga padat informasi. Membangun hubungan dengan pelanggan salah satunya dengan memberikan informasi mengenai produk dan layanan terbaru kepada pelanggan dapat melalui telepon, email, ataupun media sosial sehingga pelanggan mengetahui informasi terbaru tersebut.

  1. Memperlakukan Pelanggan Secara Personalisasi

Pelanggan yang loyal adalah salah satu aset penting perusahaan. Perusahaan harus bisa mengkategorisasikan pelanggan secara tepat sehingga dalam penyampaian pesannya ddapat lebih personal sehingga pelanggan merasa diperhatikan. Cara lain dalam personalisasi adalah dengan merespon komentar yang diajukan oleh pelanggan di media sosial atau media lain sehingga pelanggan merasa didengar sehingga hal tersebut membuat hubungan dengan pelanggan semakin baik.

  1. Memberikan Sesuatu yang Melebihi Harapan

Pelanggan membeli sebuah produk atau layanan perusahaan tentunya memiliki ekspektasi terkait dengan produk atau layanan tersebut. Disini, perusahaan harus bisa memenuhi ekspektasi pelanggan tersebut dan juga perusahaan perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Misalnya dengan memberikan penawaran atau promosi lebih dari yang ditawarkan sehingga dapat memberikan kepuasan melebihi apa yang pelanggan duga. Ketika pelanggan memiliki kesan yang baik terhadap perusahaan, maka pelanggan akan kembali lagi untuk membeli produk dan layanan perusahaan.

  1. Memberikan Hadiah

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan memberkan hadiah. Pemberian hadiah ini diprioritaskan untuk pelanggan setia, namun perusahaan juga harus bisa memberikan hadiah kepada pelanggan yang baru sebagai apresiasi karena menggunakan produk dan layanan dari perusahaan. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa voucher, diskon, poin, souvenir, atau penawaran khusus lainnya sebagai ungkapan terima kasih kepada pelanggan dan bukti kepedulian perusahaan terhadap pelanggannya. Pemberian hadiah atau reward ini dapat menarik perhatian pelanggan sehingga membuat mereka akan semakin dekat dengan perusahaan.

  1. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Perusahaan juga harus bisa fokus terhadap pelanggan setianya dan harus bisa dipertahankan. Pelanggan yang setia akan menjadi pendukung utama sebagai media promosi mengenai produk dan layanan perusahaan kepada lingkungan terdekatnya. Sehingga penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.

  1. Meminta Feedback atau Testimoni Pelanggan

Perusahaan harus bisa mencari tanggapan pelanggan untuk dapat meningkatkan layanan sehingga akan mendapatkan kepuasan pelanggan dengan harapan pelanggan dapat melakukan pembelian berulang dan meningkatkan penjualan. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan feedback dan testimoni seperti menyebarkan kuesioner, mengadakan kuis di media sosial, dan juga bisa melakukan wawancara langsung. Pelanggan biasanya akan suka memberikan pendapat terkait produk dan layanan yang sudah mereka gunakan, sehingga dari feedback tersebut perusahaan bisa menemukan solusi terbaru dari produk dan layanan perusahaan supaya semakin disukai oleh para pelanggan.

  1. Meningkatkan Customer Experience

Pelanggan sangat memperhatikan bagaimana perusahaan tersebut menyelesaikan masalah yang dialaminya dan mengetahui update proses penanganan yang dilakukan oleh perusahaan. Dibutuhkan customer service dan customer experience yang baik dan juga mudah dihubungi oleh pelanggannya sehingga pelanggan dengan mudah dapat terhubung dan komunikasi dengan perusahaan terkait informasi yang dibutuhkan atau kendala yang dirasakan. Perusahaan harus bisa meningkatkan customer experience nya agar memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan.

Itulah berbagai strategi yang bisa diterapkan perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggannya. Berbagai keuntungan tentunya akan didapatkan apabila perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya seperti akan meningkatkan nilai bisnis, promosi penjualan dengan word of mouth bisa lebih efektif, mendapatkan inovasi bisnis dari masukan para pelanggan, serta dapat meningkatkan profit dalam jangka panjang. Selalu utamakan pelanggan dalam bisnis perusahaan agar dapat berjalan lancar dalam jangka waktu yang panjang.

Membangun hubungan pelanggan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. VADS Indonesia bisa membantu perusahaan Anda untuk membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik. Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani pelanggan dengan menggunakan voice ataupun teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda terutama dalam membangun hubungan pelanggan. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun pelanggan bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Kunjungi www.vads.co.id atau hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan. 

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik