Berita
- VADS
- Berita
- Strategi Membangun Hubungan Pelanggan
Strategi Membangun Hubungan Pelanggan
23 Februari 2021
Salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis dan usaha adalah memperhatikan para pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Hubungan yang baik dengan pelanggan akan membuat perusahaan mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, keluhan yang dialami oleh pelanggan, serta tingkat kepuasan yang pelanggan miliki terhadap produk dan layanan perusahaan. Hal tersebut penting dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga perusahaan dapat menyediakan produk dan layanan tepat guna sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.
Pelanggan merupakan elemen utama dan juga aset paling berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin banyak perusahaan memiliki pelanggan, maka perusahaan tersebut akan semakin berkembang. Sehingga penting perusahaan harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan agar terciptanya loyalitas pelanggan. Dibutuhkan strategi yang tepat dalam membangun hubungan dengan pelanggan agar hubungan yang dibangun menjadi baik. Tertutama di era digital ini, persaingan bisnis tidak hanya berkutat pada inovasi produk dan layanan yang diciptakan saja, namun juga memperebutkan posisi dan hati para pelanggannya merupakan elemen penting untuk kemajuan perusahaan. Berikut ini strategi yang bisa digunakan untuk membangun hubungan pelanggan:
- Menanggapi Pelanggan dengan Cepat
Dalam membangun hubungan dengan pelanggan, tentunya dibutuhkan komunikasi yang baik dan tepat. Perusahaan harus bisa memberikan pelayanan kepada para pelanggannya dengan respon yang cepat dan kapanpun para pelanggan membutuhkan bantuan selama 24/7. Pelanggan harus mendapatkan prioritas supaya puas terhadap layanan dari perusahaan. Pada era digital seperti saat ini, perusahaan harus bisa berkomunikasi dengan menggunakan berbagai channel. Tentunya untuk mempermudah menjangkau para pelanggan di masing-masing platform.
- Menginformasikan Produk dan Layanan Terbaru
Perusahaan harus bisa memberikan informasi mengenai pengetahuan baru dan menarik bagi pelanggan. Dalam memberikan informasi produk dan layanan terbaru dari perusahaan, gunakan narasi yang tepat sasaran dan juga padat informasi. Membangun hubungan dengan pelanggan salah satunya dengan memberikan informasi mengenai produk dan layanan terbaru kepada pelanggan dapat melalui telepon, email, ataupun media sosial sehingga pelanggan mengetahui informasi terbaru tersebut.
- Memperlakukan Pelanggan Secara Personalisasi
Pelanggan yang loyal adalah salah satu aset penting perusahaan. Perusahaan harus bisa mengkategorisasikan pelanggan secara tepat sehingga dalam penyampaian pesannya ddapat lebih personal sehingga pelanggan merasa diperhatikan. Cara lain dalam personalisasi adalah dengan merespon komentar yang diajukan oleh pelanggan di media sosial atau media lain sehingga pelanggan merasa didengar sehingga hal tersebut membuat hubungan dengan pelanggan semakin baik.
- Memberikan Sesuatu yang Melebihi Harapan
Pelanggan membeli sebuah produk atau layanan perusahaan tentunya memiliki ekspektasi terkait dengan produk atau layanan tersebut. Disini, perusahaan harus bisa memenuhi ekspektasi pelanggan tersebut dan juga perusahaan perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Misalnya dengan memberikan penawaran atau promosi lebih dari yang ditawarkan sehingga dapat memberikan kepuasan melebihi apa yang pelanggan duga. Ketika pelanggan memiliki kesan yang baik terhadap perusahaan, maka pelanggan akan kembali lagi untuk membeli produk dan layanan perusahaan.
- Memberikan Hadiah
Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan memberkan hadiah. Pemberian hadiah ini diprioritaskan untuk pelanggan setia, namun perusahaan juga harus bisa memberikan hadiah kepada pelanggan yang baru sebagai apresiasi karena menggunakan produk dan layanan dari perusahaan. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa voucher, diskon, poin, souvenir, atau penawaran khusus lainnya sebagai ungkapan terima kasih kepada pelanggan dan bukti kepedulian perusahaan terhadap pelanggannya. Pemberian hadiah atau reward ini dapat menarik perhatian pelanggan sehingga membuat mereka akan semakin dekat dengan perusahaan.
- Menjaga Loyalitas Pelanggan
Perusahaan juga harus bisa fokus terhadap pelanggan setianya dan harus bisa dipertahankan. Pelanggan yang setia akan menjadi pendukung utama sebagai media promosi mengenai produk dan layanan perusahaan kepada lingkungan terdekatnya. Sehingga penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.
- Meminta Feedback atau Testimoni Pelanggan
Perusahaan harus bisa mencari tanggapan pelanggan untuk dapat meningkatkan layanan sehingga akan mendapatkan kepuasan pelanggan dengan harapan pelanggan dapat melakukan pembelian berulang dan meningkatkan penjualan. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan feedback dan testimoni seperti menyebarkan kuesioner, mengadakan kuis di media sosial, dan juga bisa melakukan wawancara langsung. Pelanggan biasanya akan suka memberikan pendapat terkait produk dan layanan yang sudah mereka gunakan, sehingga dari feedback tersebut perusahaan bisa menemukan solusi terbaru dari produk dan layanan perusahaan supaya semakin disukai oleh para pelanggan.
- Meningkatkan Customer Experience
Pelanggan sangat memperhatikan bagaimana perusahaan tersebut menyelesaikan masalah yang dialaminya dan mengetahui update proses penanganan yang dilakukan oleh perusahaan. Dibutuhkan customer service dan customer experience yang baik dan juga mudah dihubungi oleh pelanggannya sehingga pelanggan dengan mudah dapat terhubung dan komunikasi dengan perusahaan terkait informasi yang dibutuhkan atau kendala yang dirasakan. Perusahaan harus bisa meningkatkan customer experience nya agar memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan.
Itulah berbagai strategi yang bisa diterapkan perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggannya. Berbagai keuntungan tentunya akan didapatkan apabila perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya seperti akan meningkatkan nilai bisnis, promosi penjualan dengan word of mouth bisa lebih efektif, mendapatkan inovasi bisnis dari masukan para pelanggan, serta dapat meningkatkan profit dalam jangka panjang. Selalu utamakan pelanggan dalam bisnis perusahaan agar dapat berjalan lancar dalam jangka waktu yang panjang.
Membangun hubungan pelanggan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. VADS Indonesia bisa membantu perusahaan Anda untuk membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik. Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani pelanggan dengan menggunakan voice ataupun teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda terutama dalam membangun hubungan pelanggan. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun pelanggan bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Kunjungi www.vads.co.id atau hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan.
Berita Terkait
13 Desember 2024
10 Desember 2024
06 Desember 2024
29 November 2024
15 November 2024
14 November 2024
08 November 2024
05 November 2024
31 Oktober 2024
25 Oktober 2024
22 Oktober 2024
18 Oktober 2024
16 Oktober 2024
11 Oktober 2024
08 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020