Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 6 Kelebihan Agent Call Center dari Channel Customer Service Lain

6 Kelebihan Agent Call Center dari Channel Customer Service Lain

13 Desember 2021

Image of 6 Kelebihan Agent Call Center dari Channel Customer Service Lain

Perkembangan di era digital membuat cara berkomunikasi ikut berkembang. Pada perusahaan yang menyediakan produk atau jasa, sejak dulu mereka memiliki call center sebagai jembatan antara perusahaan dengan pelanggan. Namun, cara berkomunikasi yang bermacam-macam membuat channel customer service juga menjadi lebih beragam.

Meski begitu, masih banyak perusahaan yang mengandalkan agent call center sebagai bentuk layanan pelanggan utama mereka. Mereka mempertahankan agent call center karena melihat berbagai kelebihannya. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui enam kelebihan agent call center dibandingkan dengan channel customer service lainnya.

Menyampaikan informasi secara langsung dan real-time

Agent call center adalah orang yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Biasanya, pelanggan ingin mendapatkan informasi secara langsung dari karyawan perusahaan. Agent call center adalah orang yang tepat untuk melakukan tugas ini. Mereka bisa menyampaikan informasi secara langsung kepada pelanggan sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapat balasan dari pihak perusahaan.

Dapat memberi informasi yang jelas dan detail kepada pelanggan

Ada kalanya ketika ingin membeli suatu barang, Anda tidak yakin dengan barang tersebut dan membutuhkan informasi lebih. Di sinilah peran call center sangat dibutuhkan. Dibandingkan dengan bertanya lewat media sosial atau email, penjelasan secara verbal tentu akan lebih jelas dan tidak memakan banyak waktu. Pelanggan cukup menekan nomor perusahaan dan akan terhubung dengan agent call center. Kemudian, pelanggan bisa menanyakan apa pun dan mendapat penjelasan detail dari petugas call center.

Menjadi jembatan antara perusahaan dan pelanggan

Salah satu fungsi dan kelebihan dari call center adalah sebagai jembatan antara perusahaan dan pelanggan. Agent call center adalah orang yang memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Mereka juga menangani panggilan untuk menanggapi kritik dan saran dari pelanggan. Kritik dan saran ini penting untuk membuat perusahaan lebih baik lagi.

Pelanggan mendapat penyelesaian yang pasti

Umumnya, pelanggan yang ingin komplain akan menghubungi agent call center. Jika terdapat masalah dalam pemesanan produk, pelanggan ingin penyelesaian yang pasti dan cepat. Agent call center hadir sebagai solusi untuk permasalahan ini. Mereka harus langsung memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelanggan.

Jika pelanggan puas dengan pelayanan call center, walaupun memiliki masalah mereka tidak akan beralih dari bisnis Anda karena mendapat penyelesaian yang pasti. Dengan kata lain, hal ini juga meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda.

Call center dapat bantu meningkatkan loyalitas pelanggan

Saat pelanggan berbelanja secara online, mereka biasanya ingin memastikan kalau mereka melakukan transaksi dengan perusahaan yang bisa dihubungi apabila ada masalah terkait dengan produk yang mereka pesan, pesanan tidak sampai, atau ada pertanyaan terkait pemesanan. Masalahnya, tidak semua perusahaan mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Itulah kenapa beberapa pelanggan lebih memilih untuk memesan via telepon. Survei bahkan menunjukkan bahwa 49% masyarakat enggan berbelanja secara online. Mereka tidak mau menulis email panjang atau menunggu balasan apabila mereka memiliki pertanyaan.

Solusinya sederhana, mereka hanya ingin ada nomor yang bisa dihubungi untuk menjawab pertanyaan mereka. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Ketika pelanggan berbicara dengan agent call center, kemungkinan mereka untuk kembali melakukan pembelian berikutnya akan semakin tinggi. Selain itu, mereka juga tidak akan segan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Bisa menjadi representasi profesional perusahaan

Pelanggan bisa menilai profesionalitas perusahaan dari pelayanan agent call center. Pelayanan yang baik akan menanggapi keluhan atau pertanyaan pelanggan dengan ramah serta memberikan solusi yang pasti. Sistem call center yang tertata juga bisa menunjukkan profesionalitas sebuah perusahaan. Misalnya, ketika ada panggilan masuk, ada sapaan untuk pelanggan dan meminta pelanggan untuk menunggu sejenak karena agent call center akan segera melayani mereka. Hal seperti ini membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional

 

Itu dia enam kelebihan agent call center. Meski banyak cara lain, call center masih bertahan sebagai layanan pelanggan yang utama. Dibandingkan dengan channel customer service lainnya, agent call center bisa memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan dalam waktu yang singkat. Adanya agent call center juga memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Agar agent call center dapat memberikan layanan optimal sebagai salah satu channel customer service andalan, bekali tim Anda dengan sistem contact center berkualitas baik seperti yang ditawarkan VADS Indonesia. Baik untuk kebutuhan panggilan inbound maupun outbound, VADS Indonesia punya solusinya untuk bisnis Anda. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik