Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Ini 5 Alasan Robotic Process Automation Penting untuk Memajukan Bisnis Anda

Ini 5 Alasan Robotic Process Automation Penting untuk Memajukan Bisnis Anda

14 Maret 2023

Image of Ini 5 Alasan Robotic Process Automation Penting untuk Memajukan Bisnis Anda

Seiring berkembangnya peradaban, semakin banyak teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya adalah robotic process automation (RPA). Istilah ini mungkin tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis. RPA adalah teknologi  software yang mampu menyusun, mendistribusikan, dan mengelola software untuk meniru tindakan manusia.

Contoh penerapan RPA adalah help desk, pekerja customer care maupun customer service tidak perlu menangani persoalan yang sama dari pelanggan karena teknologinya sudah bisa mengenali pola yang serupa. Oleh karena itu, RPA sangat penting untuk mempermudah pekerjaan. Berikut detail informasi mengenai manfaat robotic process automation untuk bisnis Anda!

  1. Hemat biaya

Dengan teknologi robotic process automation Anda dapat menghemat biaya operasional. Penggunaan RPA mungkin hanya perlu mengeluarkan dana di awal saja, setelah itu Anda bisa langsung menikmati manfaatnya. Dengan demikian, proses kerja pun menjadi lebih efisien.

  1. Menghindari human error

Proses kerja manusia tidak sepenuhnya sempurna, sehingga kemungkinan munculnya human error pasti ada. RPA adalah solusi yang tepat untuk menghindari human error sehingga meningkatkan akurasi proses dan hasil kerja. Bahkan, RPA mampu mengurangi human error hingga 57%. Dengan meminimalkan human error, Anda bisa meningkatkan kualitas produk dari bisnis Anda. bisnis otomatis RPA ini selanjutnya dapat membuat sistem integrasi perusahaan Anda meningkat.

  1. Mendorong produktivitas

Setelah human error semakin sedikit, maka bisnis Anda bisa berjalan lebih cepat. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa proses kerjanya juga menjadi lebih efisien. Jadi, pekerjaan yang lumrahnya dapat dikerjakan dalam waktu seharian penuh bisa selesai lebih cepat. Dengan demikian, karyawan juga bisa lebih produktif dan fokus pada pekerjaan lain yang urgensinya lebih tinggi. Bahkan, hasil survey dari UiPath yang melibatkan ribuan karyawan global menyatakan bahwa robotic process automation dapat membuat mereka 68% lebih produktif.

Efisiensi kerja ini juga berdampak pada penentuan strategi perusahaan Anda. Pasalnya, dana keluar masuk perusahaan, pola strategi, interaksi dengan pelanggan, dan proses lain dapat tersimpan secara otomatis. Dengan demikian, penyusunan strategi perusahaan dapat ditentukan dengan cepat pula.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Produktivitas dan integrasi usaha yang semakin meningkat, tentunya kualitas produk dan layanan di perusahaan Anda. Hal ini juga tentunya membantu banyak permasalahan karyawan, sehingga engagement karyawan dengan perusahaan juga semakin baik. Oleh karena itu, tentunya kualitas kerja karyawan juga bisa semakin meningkat. Dengan demikian, kualitas kerja yang baik ini juga akan berdampak kepada kepuasan pelanggan ke arah positif. Sebab, pelanggan akan mendapat data yang lebih akurat dari bantuan RPA ini.

  1. Mewujudkan transparansi

RPA adalah jalan yang paling efisien untuk Anda saat ingin meningkatkan tingkat transparansi kerja. Pasalnya, RPA bisa membantu karyawan untuk mengelola data. Dengan teknologi ini, data-data yang sedang dikerjakan setiap karyawan terekam secara digital. Bahkan, RPA dapat menyalurkan data dan hasil kerja ke server pusat.

Robotic process automation memang sudah terbukti mempunyai dampak positif untuk sistem kerja banyak perusahaan. Bagi Anda yang sedang membutuhkan layanan RPA dengan cara yang efektif maka kamu bisa mencari perusahaan Business Process Outsourcing (BPO) professional, salah satunya adalah PT VADS Indonesia.

Dengan bantuan dari PT VADS Indonesia, Anda tidak perlu repot menjalankan berbagai proses bisnis yang repetitif. Sehingga, kebutuhan efisiensi pekerjaan Anda dapat terpenuhi secara praktis. Ingin tahu lebih detail jenis layanan RPA dari PT VADS Indonesia? Hubungi marketing@vads.co.id segera!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik