Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Manfaat Inbound Contact Center di Berbagai Industri

Manfaat Inbound Contact Center di Berbagai Industri

20 April 2023

Image of Manfaat Inbound Contact Center di Berbagai Industri

Inbound contact center automation merupakan solusi praktis untuk memberikan pelayanan konsumen secara optimal. Melalui pelayanan yang memuaskan, perusahaan dapat mempertahankan serta mengembangkan potensi bisnis. Pelanggan pun dapat merasa aman dan dipedulikan dengan adanya contact center agent yang dapat dihubungi. Simak contoh inbound contact center di berbagai industri dalam artikel ini!

Mengenal apa itu inbound contact center

Inbound contact center adalah layanan yang tersedia untuk menerima panggilan masuk dari pelanggan. Biasanya, pelanggan menggunakan layanan ini dengan tujuan untuk menyampaikan keluhan, menyampaikan pertanyaan, serta memberikan saran.

Sementara itu, inbound contact center automation mempermudah proses penerimaan telepon tersebut melalui automasi aktivitas repetitif. Misalnya, pelanggan yang menghubungi bisnis makanan akan disambut dengan respons suara atau interactive voice response (IVR), kemudian diarahkan untuk menekan tombol angka sesuai kebutuhan supaya menghemat waktu dan tenaga contact center agent.

Contoh bunyi IVR yaitu, “Tekan 1 untuk layanan dalam bahasa Indonesia; Press 2 for services in English.” Pihak penelepon bisa langsung menekan tombol tersebut agar dapat berbicara dengan petugas yang paling sesuai.

Contoh penerapan inbound contact center

Implementasi inbound contact center dapat dilakukan pada berbagai sektor industri. Berikut beberapa contohnya.

  1. Industri kesehatan

Layanan kesehatan beroperasi sampai 24 jam, sehingga inbound contact center automation sangat membantu teknis pekerjaan. Petugas tidak perlu menanyakan satu per satu mengenai tujuan menghubungi contact center karena telah dipilah di awal. Sebagai contoh, pasien mungkin disuguhi pilihan, “Tekan 1 untuk menanyakan status form pengajuan; tekan 2 untuk reservasi janji temu dengan dokter; tekan 3 untuk mengajukan klaim asuransi.”

  1. Industri keuangan

Dengan adanya inbound contact center automation, lembaga keuangan seperti perbankan sampai fintech bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis utamanya. Penyediaan layanan ini membantu dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah nasabah. Salah satu bentuk nyatanya adalah memblokir kartu ATM yang hilang.

  1. Retail

Industri retail juga memperoleh manfaat dari layanan ini. Contohnya, pelanggan dapat saja langsung menghubungi contact center retail ketika tidak paham terkait barang belanjaan. Petugas nantinya akan memberikan penjelasan seputar masalah yang dialami pelanggan. Jika pelanggan menyuarakan keluhan, perusahaan dapat menampungnya untuk menyusun perencanaan bisnis di masa depan.

  1. F&B

Tempat makan dan minum erat kaitannya dengan pelayanan yang ramah. Oleh karena itu, inbound contact center automation dapat diandalkan dalam menerima pesanan jarak jauh, juga menerima tanggapan pelanggan mengenai produk makanan.

Beberapa bisnis makanan pun melakukan call back terhadap nomor yang pernah menghubunginya, misalnya pelanggan setia dapat dihubungi karena sudah jarang melakukan pemesanan. Dengan begitu, pelanggan merasa dipedulikan. Diharapkan bahwa pelanggan akan segera kembali memesan ke bisnis tersebut.

  1. Industri transportasi

Aktivitas pemesanan tiket transportasi hingga komplain dapat dilakukan dengan menghubungi nomor contact center perusahaan. Jika dilakukan tanpa automasi, kemungkinan petugas akan kewalahan menangani lonjakan pelanggan saat pertengahan dan akhir tahun.

  1. E-commerce

Sebetulnya, e-commerce tidak jauh berbeda dari perusahaan retail yang dapat menjawab pertanyaan dan menanggapi komplain pelanggan. Bahkan, beberapa inbound contact center juga bisa menjadi platform menerima pesanan. Contoh keperluan menghubungi contact center agent perusahaan retail adalah menanyakan status pengiriman paket yang dibeli melalui platform online, karena pelacakan barang tampak tidak berubah untuk kurun waktu tertentu.

 

Optimalkan operasional bisnis Anda dengan inbound contact center automation

Setelah menyimak pembahasan di atas, tentu Anda dapat memahami signifikansi inbound contact center automation dalam menyediakan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Sebab, fasilitas satu ini menghapuskan proses repetitif seperti menanyakan keperluan menelepon, hingga menawarkan layanan dalam beberapa bahasa.

Tidak perlu bingung mencari, Anda dapat langsung mengandalkan layanan inbound contact center automation dari PT VADS Indonesia. Melalui layanan ini, perusahaan akan dibantu dalam memberikan respons cepat dan terbaik untuk menangani komplain, pertanyaan seputar produk, serta keperluan lainnya. Segera hubungi VADS Indonesia untuk meningkatkan efektivitas  proses bisnis Anda!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik