VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa itu Business Process Outsourcing (BPO)?

Apa itu Business Process Outsourcing (BPO)?

23 Oktober 2020

image.jpg

Dunia bisnis yang semakin cepat dan tingkat kompetisi yang semakin tinggi ini membuat perusahaan harus pandai dalam mengelola bisnisnya. Bagaimana perusahaan besar dapat menjalankan seluruh operasional yang harus dilakukannya? Dibutuhkan operasional yang efisien untuk dapat berkompetitif di dunia bisnis yang semakin cepat ini. Hal tersebut membuat perusahaan membutuhkan jasa pengalihdayaan proses bisnis kepada pihak ketiga untuk dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Pengertian Business Process Outsourcing (BPO)

Business Process Outsourcing atau biasa disingkat dengan BPO yang dalam bahasa Indonesia nya adalah proses bisnis outsourcing adalah kegiatan pengalihdayaan beberapa proses dan fungsi bisnis yang dijalani perusahaan kepada pihak ketiga. Perusahaan dapat menggunakan layanan BPO untuk melakukan beberapa tugas yang diperlukan agar bisnisnya dapat beroperasi dengan efisien.

Pada dasarnya, BPO adalah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan ketika mereka menyerahkan beberapa aktivitas mereka kepada pihak luar (outside provider). Pengalihan ini, beserta hak-hak dan kewajiban yang dimiliki oleh masing-masing pihak, biasanya terekam dalam sebuah kontrak kerjasama, baik untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan, maupun mendukung tujuan dan sasaran kegiatan bisnis. Dalam artian ini, pihak outside provider maupun perusahaan memiliki kedudukan yang setara—bukan sebagai atasan dan bawahan karena merupakan partnership atau kerja sama.

Tujuan BPO

Di Indonesia banyak perusahaan BPO Company yang merupakan perusahaan pengalihdayaan proses dan fungsi bisnis dari sebuah perusahaan. Tujuan Business Process Outsourcing adalah sebagai berikut :

  • Sebagai pelengkap untuk layanan bersifat teknis
  • Perusahaan dapat fokus pada operasional bisnis inti
  • Efisiensi biaya dan perbaikan pekerjaan yang sifatnya non-core
  • Mengurangi risiko pada perusahaan atas ketidakpastian bisnis di masa mendatang

Keuntungan BPO

Keuntungan menggunakan BPO bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan produktivitas. Aspek penting dari proses bisnis outsourcing adalah kemampuannya untuk membebaskan perusahaan dari beberapa tanggung jawab manajemen proses sehari-hari mereka sehingga eksekutif memiliki lebih banyak waktu untuk fokus dalam operasional bisnis inti. Perusahaan yang melakukan outsourcing mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka untuk operasional divisi penting lainnya.
  2. Hemat Biaya. Manfaat lain yang dapat dirasakan perusahaan dengan menggunakan BPO adalah penghematan biaya. Perusahaan menggunakan BPO sehingga dapat terbantu mengenai efisiensi kerja dan juga tenaga kerja sehingga perusahaan dapat menghemat biaya dalam hal infrastruktur, tenaga kerja, dan operasional bisnis.
  3. Fokus pada Bisnis Inti. BPO dapat memberikan bantuan kepada perusahaan untuk dapat fokus pada bisnis inti perusahaan. BPO dapat memberikan kebebasan kepada para eksekutif untuk lebih fokus pada waktu dan energi membangun bisnis internal perusahaan karena BPO akan bertanggung jawab pada pengelolaan operasional back office dan front office perusahaan sehari-hari.
  4. Meningkatkan Kapabilitas. Dengan menggunakan BPO, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan produk dan layanan yang lebih optimal untuk para pelanggan. Sehingga pelanggan akan mendapatkan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dapat meningkatkan kapabilitas karyawan untuk dapat mengembangkan kemampuan mereka.

BPO telah berkembang seiring berjalannya waktu dan inovasi dalam teknologi. BPO memberikan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan seperti penggajian, sumber daya manusia, akutansi, customer experience, ataupun contact center. Dalam hal ini biasanya dikategorikan ke dalam back office outsourcing yang mencakup fungsi bisnis secara internal seperti sumber daya manusia dan keuangan, serta front office outsourcing meliputi layanan yang berhubungan dengan pelanggan secara langsung seperti contact center. Selain itu, terdapat layanan lainnya seperti bisnis, kesehatan, energi, teknologi, ritel, transportasi, dan telekomunikasi.

Salah satu perusahaan BPO ternama di Indonesia adalah VADS Indonesia yang dapat menyediakan layanan BPO secara profesional khususnya dalam bidang Customer Experience, Digital Solutions, dan Security Solutions di Indonesia dan Asia Pasific untuk meningkatkan produktivitas bisnis dan keuntungan bagi perusahaan Anda. Berbagai solusi yang disediakan seperti :

  • Contact Center Service Solutions
  • Customer Service Learning Center
  • Omni-channel Strategy
  • Digital Care Management
  • Social Media Analytics
  • IT Managed Services
  • Smart Services
  • Cyber Security
  • Blockchain Secure Authentication
  • Smart Voice Bot
  • WhatsApp Business
  • Smart Chat Assistant

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki VADS Indonesia seperti para tenaga ahli tersertifikasi, layanan 24/7 selama 365 hari, memiliki ISO 27:0001 untuk keamanan data sehingga kami dapat membantu Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana meningkatkan layanan pelanggan di perusahaan Anda, VADS Indonesia dapat membantu bisnis Anda. Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait layanan pelanggan dan melihat lebih jauh bagaimana VADS Indonesia membantu berbagai perusahaan di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya.  



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik