VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 4 Keunggulan Teknologi Chatbot untuk Meningkatkan Bisnis

4 Keunggulan Teknologi Chatbot untuk Meningkatkan Bisnis

20 Februari 2020

image.jpg

Chatbot VADS Indonesia, Vanesa

Dunia saat ini sudah semakin maju. Modernisasi dan kemajuan teknologi berkembang pesat. Peranan teknologi kian penting dalam memudahkan pekerjaan manusia. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, teknologi tak lekang dalam kehidupan manusia.

Pentingnya teknologi ini juga berpengaruh pada dunia bisnis karena mendapatkan dampak positif yang bermanfaat. Dengan hadirnya teknologi, bisnis dapat melakukan pekerjaan dengan mudah dan cepat sehingga mampu beradaptasi dengan keinginan dan kebiasaan konsumen modern yang ingin mendapatkan respons cepat dan dinamis. Perkembangan teknologi tersebut merubah pola perilaku konsumen terutama dalam pola berinteraksi dengan perusahaan. Dalam menanggapi perubahan interaksi konsumen, perusahaan tidak lagi hanya mengunggulkan produknya namun harus mampu memberikan customer experience yang baik dan memberikan dampak yang positif.

Beberapa dari dampak positif tersebut salah satunya adalah penggunaan teknologi kecerdasan buatan, yaitu chatbot. Chatbot adalah teknologi yang dirancang untuk memiliki layanan obrolan dengan tujuan memiliki suatu fungsi atau memberikan informasi melalui voice ataupun teks. Bahkan untuk saat ini, teknologi chatbot sudah memiliki fitur untuk video call. “Bot” yang merupakan kependekan dari internet robot didalamnya disisipkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) seperti Machine Learning, Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP) yang mengikuti pola kerja manusia dan dapat melakukan analitik serta menjawab pertanyaan dan memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa dari sebuah pertanyaan. Sehingga chatbot dapat melakukan respons secara otomatis dan cepat ketika ada orang yang berbicara dengan chatbot tersebut. Dengan menggunakan chatbot, perusahaan dapat melakukan work efficiency sehingga menciptakan customer experience yang baik.

Banyak perusahaan mengalami kendala terkait dengan hal yang berhubungan dengan konsumen. Misalnya dalam meningkatkan brand awareness dibutuhkan biaya yang besar hingga konsumen dapat mengenal brand perusahaan tersebut. Contoh lain adalah ketika mempromosikan produk dan kampanye, hal tersebut juga memakan cost yang tidak sedikit. Dengan hadirnya chatbot, perusahaan dapat terbantu dalam meningkatkan brand awareness melalui strategi digital marketing  serta promosi dan kampanye salah satunya menggunakan Facebook Messenger chatbot dapat dilakukan dengan biaya yang lebih murah dan lebih efektif. Hal ini dikarenakan chatbot dapat menyasar target audience yang tepat sesuai dengan brand. Keuntungan teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot lainnya seperti customer survey, customer database, buying process, customer retention, customer loyalty, dan juga customer support.

Chatbot memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan dalam penggunaannya untuk diterapkan dalam perusahaan atau bisnis. Berikut adalah kelebihan dari teknologi chatbot :

  1. Mengurangi Beban Kerja Operasional. Chatbot dapat menjawab pertanyaan berulang (repeatable queries) sehingga dapat memudahkan menjawab untuk pertanyaan yang sama dengan lebih cepat.
  1. Meningkatkan Customer Engagement dan Customer ExperienceChatbot dapat menjawab kebutuhan konsumen dalam 24/7, sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan.
  1. Menghemat Biaya Operasional. Dengan menggunakan chatbot, perusahaan hanya perlu membuat satu chatbot yang dapat dihubungkan ke berbagai aplikasi chatting, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat dari segi manpower.
  1. Dapat Memberikan Insight Tentang Konsumen. Chatbot dapat memahami bagaimana konsumen berbicara sehingga dapat merespon sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk dapat mengetahui pola konsumen (consumer behaviour) terhadap produk/brand. Analisis tersebut tentunya untuk meningkatkan pelayanan produk/brand kepada konsumen.

Dengan teknologi chatbot, semua pertanyaan dapat dijawab secara otomatis selama 24/7. Perusahaan dapat lebih mudah dalam mengelola bisnisnya dari mengurangi biaya hingga menaikan revenue. Kedepannya chatbot pasti akan semakin banyak digunakan karena kemudahan dan penggunaannya yang dapat menekan biaya bisnis.

VADS Indonesia menyediakan solusi chatbot untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melayani pelanggan. Selain itu, VADS Indonesia juga dapat menyediakan solusi chatbot bahasa Indonesia sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai fitur yang tersedia dalam chatbot tersebut adalah :

  1. Memberikan reward/point kepada pelanggan
  2. Dapat memberikan informasi lokasi cabang perusahaan
  3. Dapat melakukan reminder kepada pelanggan
  4. Dapat melakukan transaksi untuk keperluan perusahaan Anda
  5. Dapat melakukan video call yang dapat digunakan untuk verifikasi data
  6. Dapat digunakan untuk customer care dan customer engagement

Informasi lebih lengkap, silahkan klik www.vads.co.id atau email ke marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkait dengan kebutuhan perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik