VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Simak Trend Outsourcing Tahun 2021

Simak Trend Outsourcing Tahun 2021

12 Januari 2021

image.jpg

Outsourcing mempekerjakan tim ataupun perusahaan pihak ketiga untuk melakukan layanan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kegiatan yang dilakukan dengan outsourcing meliputi berbagai posisi dan fungsi seperti dukungan layanan pelanggan, pengembangan hardware dan software, desain, keuangan, ataupun layanan penyediaan SDM. Outsourcing dapat dilakukan untuk memangkas biaya operasional perusahaan, menurunkan biaya tenaga kerja secara keseluruhan, dan juga dalam investasi teknologi. Manfaat lainnya dari outsourcing adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kinerja yang lebih baik dan produktif
  • Perusahaan dapat lebih fokus dengan bisnis inti
  • Memiliki akses lebih luas mengenai keterampilan dan keahlian karyawan
  • Dapat meningkatkan bisnis perusahaan
  • Dapat menjangkau pasar dan konsumen lebih cepat
  • Memiliki infrastruktur yang unggul dan lebih murah

Tren outsourcing baru telah muncul dengan fokus yang berpindah dari aspek low budget menjadi ke best practice dan hal penting lainnya. Berdasarkan artikel dari Morph Networks, dua tahun lalu pasar global outsourcing mendekati nilai 100 miliar. Industri outsourcing memiliki keuntungan besar dan terus berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa angka kebutuhan outsourcing terus meningkat dan diprediksi pada tahun 2021, industri outsourcing akan berkembang ke arah yang baru dan akan mendapatkan lebih banyak perhatian di seluruh dunia dengan peningkatan yang lebih baik, lebih banyak kemajuan teknologi, produktivitas., dan fleksibilitas. Ditambah saat pekerjaan jarak jauh sudah menjadi hal yang normal karena adanya pandemi Covid-19. Diasumsikan bahwa setelah pandemi nanti, beberapa bisnis tetap melakukan pekerjaan jarak jauh untuk efisiensi dan produktivitas. Perusahaan akan mempertimbangkan cara yang paling aman, hemat biaya untuk perkembangan dan pertumbuhan perusahaan, serta membuat perusahaan terus maju.

Pandemi ini telah secara drastis memengaruhi perubahan gaya hidup, bisnis, dan juga bagaimana kita bekerja. Hal ini juga membuka jalan bagi bisnis untuk terus berinovasi dan memenuhi perubahan perilaku koonsumen. Berikut ini merupakan prediksi tren BPO 2021 :

  1. Outsourcing proses pengetahuan (knowledge process outsourcing)

Jenis outsourcing yang berhubungan dengan pengetahuan khusus dan pemecahan masalah seperti konsultan, penelitian, pengembangan, analisis, interpretasi data, dan analisis teknis. Perusahaan yang ingin memperluas insigh dapat menggunakan KPO ini untuk memenuhi persyaratan perusahaan dengan biaya yang dapat disesuaikan oleh perusahaan

  1. Otomatisasi proses robotik dan AI

Kecerdasan buatan dalam outsourcing dan juga teknologi lainnya akan terus meningkat terutama untuk sistem terotomatisasi karena dapat membantu mengelola beban kerja secara efektif dan dapat meningkatkan layanan perusahaan.

  1. Menggunakan media sosial sebagai layanan pelanggan

Penggunaan media sosial yang semakin menjangkau banyak orang membuat perusahaan harus menggunakan media sosial sebagai salah satu layanan pelanggannya supaya dapat berinteraksi dengan para pelanggannya dimanapun dan kapanpun mereka berinteraksi dengan perusahaan sehingga menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Peningkatan keterampilan staf

Proses otomatisasi akan mengambil alih tugas yang dikerjakan secara berulang dan fokus para pekerja akan lebih terspesialisasi. Dengan menggunakan outsourcing, perusahaan dapat meningkatkan dan memperluas layanan yang diberikan perusahaan. Staf atau karyawan juga dapat meningkatkan keterampilan khusus dengan menggunakan outsourcing karena dapat memfokuskan keterampilan yang akan ditingkatkan.

  1. Komputasi awan (cloud computing)

Cloud computing menjadi sebuah kebutuhan untuk banyak industri dan memberikan akses layanan yang luas seperti penyimpanan dan kekuaran pemrosesan kepada perusahaan. Tahun 2020 telah menunjukkan bahwa perlunya membangun layanan komputasi awan, keamanan siber, dan juga otomatisasi fungsi bsnis. Outsourcing dapat menawarkan infrastruktur IT kepada perusahaan seperti server, penyimpanan, dan jaringan. Tidak hanya sebagai penyimpan data dan informasi pribadi serta perusahaan dengan aman, namun dapat meningkatkan sistem dan prosesn yang akan meningkatkan efisiensi bisnis.

Di tahun 2021 ini, permintaan pengalaman pelanggan akan semakin meningkat. Perusahaan harus terus memunculkan taktik dan solusi baru dalam memberrikan layanan pelanggannya yang terbaik. Dengan semakin meningkatnya ekspektasi pelanggan, perusahaan harus bisa berinvestasi dalam membentuk tim dukungan pelanggan yang baik. Berkaca pada tahun 2020 ketika adanya pandemi yang melanda seluruh dunia, membuktikan bahwa bagaimana layanan pelanggan dapat menyelamatkan perusahaan. Ketika seluruh negara di lockdown, perusahaan tidak dapat mengirimkan produk dengan cepat dan juga berbagai kendala lainnya, namun pengalaman pelanggan yang baik di masa lalu dapat membuat pelanggan tetap mendukung perusahaan. Dengan layanan pelanggan jadi pusat perhatian, kedepannya BPO akan diminta untuk memberikan layanan seperti customer journey mapping, benchmarking services, mystery shopping, smart reporting dan  insight management, real-time omnichannel experience melalui media sosial, email, dan voice.

Tahun 2020 terbukti menjadi tahun yang penuh tantangan. Meski industri BPO bertahan dan berhasil tumbuh, masih ada jalan panjang untuk memulihkan apabila terdapat kerugian. Untuk tahun 2021, industri BPO akan lebih siap memberikan solusi kepada dunia usaha saat krisis. Karena semakin banyak bisnis yang mengurangi praktik tradisional dan merangkul teknologi baru, industri BPO harus melakukan hal yang sama untuk terus melayani klien dan merevolusi proses bisnis.

Mendedikasikan layanan dukungan pelanggan perusahaan Anda ke perusahaan outsourcing yang andal adalah salah satu tren outsourcing 2021. Layanan bisnis outsourcing akan membantu perusahaan untuk membawa hasil yang positif dengan kemajuan teknologi dan otomatisasi yang akan membantu proses dan komunikasi yang lebih baik. Salah satunya adalah solusi Artificial Intelligence yang dapat berkontribusi untuk perusahaan Anda berkembang lebih cepat, melayani pelanggan yang lebih baik, dan lebih produktif.  

Seperti banyak lainnya, industri outsourcing telah mulai menyesuaikan layanannya untuk mengakomodasi perubahan teknologi dan kebutuhan lanskap bisnis yang terus berkembang. Terlepas dari perubahan yang menarik ini, praktik terbaik saat bekerja dengan mitra outsourcing tetap berakar pada nilai-nilai transparansi, integritas, dan komunikasi.

VADS Indonesia adalah Business Process Outsourcing di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen pusat panggilan profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi mengenai outsourcing contact center perusahaan Anda.

 

 

Source :

morphnetworks.com

selectvoice.com

teleworkph.com

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik