Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Bagaimana Cara Kerja Robotic Process Automation?

Bagaimana Cara Kerja Robotic Process Automation?

09 Maret 2023

Image of Bagaimana Cara Kerja Robotic Process Automation?

Di zaman yang semakin canggih ini, kehadiran teknologi akan sangat membantu pekerjaan manusia salah satunya dalam menghemat waktu. Salah satu teknologi yang dapat menghemat waktu pekerjaan manusia adalah robotic process automation atau RPA untuk mengeliminasi proses kerja repetitif. RPA adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk meniru dan melakukan pekerjaan manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin sudah sering menemukan pengaplikasian robotic process automation ini. Mulai dari mengambil peran help desk, pengecekan formulir, memproses pembayaran hingga mendeteksi adanya penipuan. Untuk memahami lebih jauh tentang teknologi ini, mari simak penjelasannya bersama!

Apa itu Robotic Process Automation?

Bagi sebagian orang, mungkin istilah robotic process automation masih terdengar asing. Teknologi ini muncul pada awal tahun 2000-an, kemudian RPA terus dikembangkan guna membantu manusia. RPA sendiri merupakan pengembangan dari artificial intelligence (AI), workflow  automation, dan screen scraping. Penggabungan ketiga teknologi tersebut difokuskan pada kegiatan mengoleksi data, meningkatkan kecepatan serta akurasi pengolahan data, serta pemanfaatan sistem kecerdasan buatan yang mampu menjalankan tugas dan pekerjaan manusia.

Bagaimana cara kerja Robotic Process Automation?

Sederhananya, Anda hanya akan memasukkan sistem berupa bot RPA. Nantinya, bot ini akan bekerja untuk Anda. Bot RPA akan bekerja dengan cara menyalin, mengambil data dari email atau website, memasukan data yang diterima, membuat perhitungan, memindahkan data, masuk dalam program, dan terhubung ke API.

RPA tak akan mengubah sistem yang sudah ada sebelumnya, karena teknologi ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan beragam alur kerja. Dengan begitu, bisa dikatakan kalau bot RPA sangat mudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau industri yang ingin mengaplikasikannya.

Jenis industri yang bisa memanfaatkan Robotic Process Automation

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa RPA mampu menjalankan tugas repetitif untuk berbagai industri. Apalagi kelebihannya yang mudah beradaptasi dengan sistem yang sudah ada akan sangat membantu manusia. Maka dari itu, banyak industri memanfaatkan teknologi canggih ini. Berikut ini beberapa industri yang memanfaatkan RPA.

  1. Kesehatan

Industri pertama yang memanfaatkan RPA adalah bidang kesehatan. Dalam dunia kesehatan, Anda pasti akan menemukan banyak dokumen penting yang menyangkut hidup banyak orang. Keberadaan robotic process automation bisa mengurangi risiko data tertukar atau human error lainnya dengan automasi rekam medis serta manajemen data yang tepat.

  1. Telekomunikasi

Pada sektor telekomunikasi, tugas RPA adalah membantu menyimpan data-data penting, mengingat sektor telekomunikasi menyimpan data pelanggan dalam jumlah besar. Tugas yang sifatnya berulang seperti penyimpanan dokumen sangat krusial demi kelangsungan sektor ini.

  1. Perbankan

Aplikasi robotic process automation dalam dunia perbankan mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan akurasi. Hal tersebut terbukti karena RPA bisa mendeteksi adanya kecurangan dan potensi fraud dari rekening-rekening yang mencurigakan. Selain itu, proses pendaftaran nasabah baru juga jadi semakin mudah, karena seluruh dokumen langsung diproses oleh sistem teknologi ini dengan cepat dan tepat.

  1. Customer service

Pemanfaatan RPA lainnya adalah pada bidang pelayanan pelanggan. Sistem bisa mengerjakan pekerjaan seperti verifikasi dokumen yang sudah diunggah pelanggan. Dari dokumen tersebut, sistem bisa langsung memutuskan langkah selanjutnya sesuai dengan ketepatan dokumen yang diunggah. Pelayanan pelanggan pun bisa menjadi lebih cepat dilakukan karena bantuan teknologi

Dalam dunia bisnis sendiri, robotic process automation tentunya membawa angin baru dan juga segudang manfaat. Anda akan mendapatkan hasil data yang lebih akurat dan cepat, produktivitas meningkat, menghilangkan kesempatan terjadinya kesalahan oleh manusia, dan hemat biaya. Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda perlu mempertimbangkan pengaplikasian RPA.

Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan sistem teknologi ini, maka layanan RPA dari PT VADS Indonesia bisa menjadi jawaban yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan ini, Anda bisa langsung mengunjungi website VADS. Mari automasi bisnis Anda dengan VADS untuk keuntungan yang lebih besar!

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik