Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Cari Tahu Strategi Apa Saja yang Dapat Anda Terapkan di Inbound Contact Center!

Cari Tahu Strategi Apa Saja yang Dapat Anda Terapkan di Inbound Contact Center!

18 April 2023

Image of Cari Tahu Strategi Apa Saja yang Dapat Anda Terapkan di Inbound Contact Center!

Keberlangsungan bisnis akan sulit berjalan dengan baik tanpa adanya contact center yang selalu siaga mendengar suara konsumen, baik keluhan maupun pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu cepat. Karena itulah, setiap perusahaan perlu menyediakan inbound contact center automation yang selalu siap menerima panggilan konsumen.

Sayangnya, belum banyak perusahaan yang menyadari pentingnya layanan contact center tersebut, terutama perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Jika sudah memiliki pun, biasanya strategi penerapan inbound contact center automation mereka belum efektif atau peralatan yang digunakan kurang memadai. Lantas, bagaimana strategi penerapan inbound contact center yang efektif untuk perusahaan?

4 Strategi Inbound Contact Center Terbaik

Ada banyak strategi inbound contact center yang dapat Anda terapkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

  1. Fokus pada pengalaman pelanggan

Bisnis telah bergerak melampaui persaingan harga dan produk. Kini, banyak bisnis mencoba untuk membedakan diri berdasarkan pengalaman yang mereka berikan. Perusahaan dengan hasil penjualan produk terbaik adalah perusahaan yang dapat menghadirkan pengalaman menarik kepada konsumennya.

Di sinilah inbound contact center automation memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman yang menghasilkan pendapatan. Dengan kata lain, perusahan perlu mempertimbangkan kenyamanan konsumen saat mereka menghubungi contact center. Pastikan konsumen mendapatkan solusi setelah mereka menutup telepon.

  1. Tetapkan metrik yang terukur

Perusahaan juga wajib menerapkan metrik yang terukur karena setiap pengukuran sama pentingnya dalam pelayanan contact center. Pengukuran metrik yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya kelebihan data. Terlebih, metrik yang sangat penting bisa hilang akibat tersusun secara acak.

Contact center yang baik idealnya memiliki 5-8 key performance indicator (KPI) untuk menilai kesehatan operasi. Dalam KPI tersebut, perlu adanya campuran metrik terkait operasional dan pelanggan. Memang, setiap pelayanan pelanggan memiliki prioritasnya tersendiri. Namun, terdapat  sejumlah perhitungan yang membuat contact center dianggap memiliki pelayanan prima, di antaranya adalah;

  • Waktu tunggu rata-rata;
  • Tingkat layanan;
  • Resolusi panggilan pertama;
  • Kepuasan pelanggan;
  • Skor promotor bersih;
  • Kualitas skor.
  1. Investasi pada peralatan berkualitas

Layanan customer support yang baik juga tergantung pada peralatan berkualitas. Pasalnya, meskipun tenaga layanan sudah dilatih dengan baik, mereka tidak dapat bekerja secara prima tanpa adanya dukungan peralatan yang baik.

Karena itulah, pastikan basis pengetahuan terpusat dapat menampung informasi statis yang relevan dalam format yang mudah dicari. Pastikan juga kalau perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) membuat data pelanggan dapat diakses oleh tenaga contact center.

Namun, bagi pemilik perusahaan start-up yang belum memiliki tim contact center dan peralatan memadai, Anda dapat menyewa jasa inbound contact center yang tepercaya dan performanya dapat diandalkan, seperti PT VADS Indonesia.

VADS Indonesia memberikan solusi inbound contact center terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda. Tidak hanya menyediakan tenaga agen, VADS Indonesia juga memiliki tempat dan sistem jaringan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, sehingga proses bisnis pun jadi lebih efektif, hubungan dengan pelanggan semakin baik, dan penjualan meningkat.

  1. Lakukan analisis terhadap strategi yang sedang berjalan

Anda juga perlu melakukan analisis terhadap strategi yang sedang berjalan. Selalu pastikan kalau strategi yang disusun sudah berjalan dengan efektif dan dapat memberikan pelayanan baik kepada konsumen. Jika strategi tersebut tidak berjalan, segera lakukan evaluasi untuk menentukan strategi yang baru.

Evaluasi dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu, seperti beberapa bulan sekali atau sampai enam bulan sekali. Jadi, layanan inbound contact center automation perusahaan tetap terjaga dengan baik dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Inbound contact center sebagai solusi efisien

Penggunaan jasa inbound contact center automation penting diterapkan perusahaan yang belum memiliki tenaga serta peralatan contact center memadai. Nantinya, agen contact center tersebut dapat menerima panggilan masuk dari pelanggan atau calon pelanggan perusahaan Anda.

Melalui inbound contact center, perusahaan dapat memberikan respons dan penanganan secara cepat, baik untuk masukan, komplain, hingga pertanyaan seputar produk dan jasa. Bahkan Anda juga berkesempatan melakukan penjualan atau cross-selling kepada pelanggan.

 

Memahami kebutuhan tersebut, PT VADS Indonesia dapat memberikan layanan inbound contact center yang jenisnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga perusahaan Anda akan mendapatkan customer service yang fleksibel dan memahami permintaan pelanggan yang bervariasi.

Selain itu, pelayanan pelanggan Anda juga akan dikerjakan oleh tim ahli yang profesional dan menguasai software, perubahan sistem, serta standarisasi proses manajemen lainnya. Sehingga, Anda dapat fokus pada perkembangan perusahaan. Segera hubungi VADS untuk penggunaan jasa inbound contact center dan layanan lainnya dengan klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik