Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Pentingnya Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia

Pentingnya Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia

04 April 2022

Image of Pentingnya Social Media Analytics dari PT VADS Indonesia

Media sosial adalah platform digital yang digunakan oleh mayoritas masyarakat seluruh dunia. Tak hanya untuk bertukar kabar dan informasi, media sosial juga digunakan untuk media promosi, terutama bagi para pelaku bisnis di era digital ini.

Beragam inovasi membuat media sosial memiliki fitur-fitur baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dari para pelaku usaha, salah satunya adalah social media analytics. Memahami hal tersebut, PT VADS Indonesia juga turut menghadirkan layanan social media analytics bagi para pelaku bisnis. Memangnya, apa itu social media analytics dan mengapa ini penting? 

Apa itu social media analytics?

Social media analytics adalah metode pengumpulan data di media sosial yang diproses secara terstruktur dalam rangka meningkatkan engagement perusahaan atau semacamnya. Data-data tersebut digunakan untuk melihat respons dan opini pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Social media analytics sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis untuk meninjau pasar secara komprehensif, mulai dari brand awareness, analisis kompetitor, hingga pengalaman pelanggan. Fitur social media analytics ini dapat ditemukan di berbagai media sosial, misalnya Instagram Analytics, YouTube Analytics, dan Facebook Insight.

Tugas utama staff social media analytics

Sementara itu, ada istilah staff social media analytics atau bisa disebut juga dengan social media analyst. Mereka adalah orang yang bertugas menilai keberhasilan perusahaan dalam menawarkan produk dengan menganalisis social media analytics. Biasanya, staff social media analytics memahami SEO (search engine optimization) untuk mengoptimasi media sosial dan meningkatkan traffic online dari berbagai platform media sosial. 

Pentingnya social media analytics untuk kembangkan bisnis

Sebagai pelaku usaha, media sosial memiliki berbagai manfaat untuk kembangkan bisnis, khususnya melalui fitur social media analytics. Apalagi, saat ini fungsi fitur social media analytics jauh lebih beragam dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Berikut adalah beberapa fungsi social media analytics untuk keberlangsungan bisnis Anda, yang juga ditawarkan oleh PT VADS Indonesia.

  1. Membantu kerja marketing

Di dalam suatu perusahaan, tentu ada divisi marketing yang bertanggung jawab pada bidang pemasaran. Selain itu, terdapat pula divisi customer service atau pelayanan pelanggan. Tugas-tugas yang dilakukan oleh divisi tersebut akan lebih sulit jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, penggunaan social media analytics sangat diperlukan.

Social media analytics membantu kerja marketing untuk mengetahui alur pelanggan di halaman media sosial, misalnya lebih banyak ke halaman promo, halaman penjualan, atau halaman yang lain. Dengan begitu, perilaku pelanggan dapat dianalisis secara efektif agar pemasaran yang dilakukan sesuai dengan target yang ingin dicapai. 

  1. Melacak kinerja kampanye

Dengan menggunakan social media analytics, peluncuran kampanye penawaran produk di media sosial dapat dilacak perkembangannya, apakah menghasilkan impresi yang positif atau justru sebaliknya. Dengan begitu, performa kampanye dapat diukur tingkat keberhasilannya.

Hal ini tentunya membantu kampanye produk atau jasa dapat dipromosikan dengan baik kepada pelanggan sesuai target pasar. Social media analytics juga membantu perusahaan untuk memaksimalkan kinerja kampanye agar berhasil dan tepat sasaran.

Layanan social media analytics dari PT VADS Indonesia

Berdasarkan penjelasan di atas, media sosial menjadi salah satu platform terbaik untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan Anda. Anda bisa memantau keberhasilan promosi dengan menganalisis social media analytics akun media sosial perusahaan

Gunakan layanan social media analytics dari PT VADS Indonesia agar urusan bisnis jadi lebih praktis, cepat, dan tepat. PT VADS Indonesia dapat memastikan proses bisnis perusahaan Anda berjalan lancar dan sesuai target yang diharapkan dengan optimasi media sosial perusahaan.

Dalam memberikan layanan social media analytics, PT VADS Indonesia melindungi dan menjaga kerahasiaan dan ketersediaan informasi dari data-data yang dianalisis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir terhadap risiko keamanan informasi bagi perusahaan Anda.  

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan social media analytics dari PT VADS Indonesia, silakan hubungi marketing@vads.co.id. Anda juga bisa konsultasi terkait berbagai layanan PT VADS Indonesia lainnya untuk membantu berbagai kebutuhan bisnis Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik