Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Penting untuk Kemajuan Bisnis

Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Penting untuk Kemajuan Bisnis

07 Maret 2022

Image of Alasan Penggunaan Kecerdasan Buatan Penting untuk Kemajuan Bisnis

Kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang memungkinkan mesin untuk memiliki kecerdasan sehingga dapat berpikir layaknya manusia. Tidak perlu berpikir terlalu jauh membayangkan robot cerdas yang bertingkah seperti manusia dalam film-film sci-fi, penggunaan kecerdasan buatan sekarang ini sudah sangat dekat dengan kehidupan. Misalnya, saat sedang menggunakan peta digital dan aplikasi secara otomatis akan menampilkan rute terdekat. Itu pun sudah bisa dikatakan sebagai penerapan kecerdasan buatan.

Lalu bagaimana dengan penggunaan kecerdasan buatan dalam bisnis? Benarkah dengan adanya kecerdasan buatan, maka bisnis bisa semakin maju? Ulasan kali ini akan membahas tentang apa saja alasan penggunaan kecerdasan buatan dalam bisnis. Mari pelajari bersama.

Bantu memahami selera dan perilaku konsumen

Tiap konsumen pasti punya selera dan perilaku konsumsi yang berbeda-beda. Keduanya bisa membantu para pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran produk. Penggunaan kecerdasan buatan bisa menjadi solusi atas tantangan tersebut. Kecerdasan buatan akan mempelajari histori pembelanjaan konsumen. Misalnya, produk yang sudah dibeli, waktu belanja, hingga promo yang digunakan.

Dengan begitu, personalisasi pengalaman belanja pelanggan bisa dilakukan dengan mudah. Anda tak perlu lagi menebak-nebak seperti apa selera dan perilaku pelanggan. Ini merupakan strategi yang efisien dalam meningkatkan penjualan.

Mempermudah analisis data

Alasan penggunaan kecerdasan buatan yang selanjutnya berhubungan dengan analisis data. Tiap bisnis pasti punya data penting, terutama data yang berkaitan dengan pelanggan. Jika bisnis masih baru dirintis, data yang ada mungkin masih bisa dianalisis secara manual, tapi bagaimana jika bisnis sudah lama berjalan dan skalanya besar?

Kecerdasan buatan dapat diprogram untuk menganalisis data dalam skala besar atau istilahnya, big data. Kemampuan analisis data kecerdasan buatan bahkan bisa memunculkan informasi penting seperti prediksi tren pasar hingga pola perilaku konsumen saat berbelanja. Semua informasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyusun strategi bisnis yang efisien dan tentunya mendatangkan keuntungan besar.

Bisa melayani pelanggan selama 24 jam

Customer service adalah ujung tombak suatu perusahaan dalam menjaga kepuasan pelanggan. Sebagus apa pun kualitas produk yang Anda jual, jika customer service yang diberikan tidak memuaskan, pelanggan akan enggan datang kembali.

Salah satu indikator yang menentukan kualitas customer service adalah ketersediaan. Customer service akan dianggap baik jika sigap melayani keluhan pelanggan kapan pun. Sayangnya, menyediakan customer service yang selalu standby selama 24 jam tidaklah mudah.

Customer service yang didukung kecerdasan buatan dapat bekerja 24 jam non-stop sehingga dapat melayani pelanggan kapan pun. Salah satu contohnya adalah penerapan teknologi chatbot untuk customer service yang bisa Anda dapatkan di PT VADS Indonesia.

Memprediksi tren dalam bisnis

Alasan penggunaan kecerdasan buatan dalam bisnis juga tidak terlepas dari kemampuan memprediksi tren dalam bisnis. Anda tentu paham bagaimana pergerakan tren bisnis. Bulan ini, produk A bisa sangat laris di pasaran, tapi bulan selanjutnya justru tergeser oleh produk B. Tren bergerak begitu dinamis dan sulit diprediksi.

Jika Anda juga mengalami hambatan tersebut, penerapan kecerdasan buatan bisa dipertimbangkan. Manfaat kecerdasan buatan akan mempelajari data terkait tren yang pernah populer. Data tersebut kemudian diolah hingga muncul suatu pola khusus. Nah, dari pola itulah tren bisnis yang akan datang bisa diprediksi.

Tingkatkan efisiensi proses rekrutmen

Proses rekrutmen sangat penting bagi bisnis. Dengan sistem yang baik, Anda bisa mendapatkan talenta-talenta terbaik untuk mendukung proses produksi. Sayangnya, sering kali proses rekrutmen yang optimal bisa menghabiskan banyak waktu.

Penggunaan kecerdasan buatan dalam proses rekrutmen akan membantu tim HR Anda menyeleksi kandidat potensial tanpa waktu lama. Aplikasi yang diajukan kandidat akan disaring oleh kecerdasan buatan hingga akhirnya muncul talenta potensial. Hal ini tentu jauh lebih efisien dibandingkan dengan sistem penyaringan aplikasi manual.

 

Dari pembahasan ini, bisa diketahui bahwa ada banyak sekali manfaat kecerdasan buatan bagi bisnis. Selain alasan penggunaan kecerdasan buatan yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat lain seperti automasi interaksi dengan pelanggan.

Tertarik untuk mulai menerapkan kecerdasan buatan dalam bisnis Anda? PT VADS Indonesia siap membantu. PT VADS Indonesia menyediakan berbagai solusi berbasis kecerdasan buatan yang disesuaikan untuk keperluan bisnis seperti smart chat assistant, digital marketing, hingga komputasi awan. Untuk informasi selengkapnya mengenai solusi berbasis kecerdasan buatan dari PT VADS Indonesia, silakan klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik