Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Apa‌ ‌Itu‌ ‌AI:‌ ‌Pengertian,‌ ‌Cara‌ ‌Kerja,‌ ‌dan‌ ‌Penerapannya‌ ‌dalam‌ ‌Bisnis‌ ‌

Apa‌ ‌Itu‌ ‌AI:‌ ‌Pengertian,‌ ‌Cara‌ ‌Kerja,‌ ‌dan‌ ‌Penerapannya‌ ‌dalam‌ ‌Bisnis‌ ‌

24 Januari 2022

Image of Apa‌ ‌Itu‌ ‌AI:‌ ‌Pengertian,‌ ‌Cara‌ ‌Kerja,‌ ‌dan‌ ‌Penerapannya‌ ‌dalam‌ ‌Bisnis‌ ‌

Apa itu AI? Belakangan ini, kata AI atau artificial intelligence semakin sering dibicarakan. Disebut-sebut, AI memiliki banyak manfaat yang bisa memudahkan tugas manusia, termasuk dalam hal mengelola bisnis. Untuk membantu Anda memahami apa itu AI dan seperti apa contoh penerapannya dalam bisnis, mari simak ulasan berikut ini!

Berkenalan dengan apa itu AI

AI sendiri merupakan singkatan dari artificial intelligence. Secara harfiah, AI berarti kecerdasan buatan. Pada dasarnya, AI merupakan sistem komputer yang dikembangkan sedemikian rupa agar bisa memiliki kecerdasan seperti manusia. Sama seperti manusia, kecerdasan yang dimiliki AI pun diperoleh dari suatu proses pembelajaran.

Hanya saja, proses pembelajaran AI berbeda dari manusia. AI belajar dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi. Sistem yang ditanam pada AI kemudian menyaring dan mengolah informasi tersebut hingga akhirnya bisa digunakan. Secara garis besar, AI memiliki tiga kemampuan dasar, yaitu pembelajaran, penalaran, serta koreksi sistem mandiri.

Memahami cara kerja AI

Setelah mengetahui apa itu AI, mari memahami pula cara kerjanya. Cara kerja AI dimulai dengan mengumpulkan data. Setelah itu, algoritma yang ditanamkan dalam AI akan menyaring dan mengolah kumpulan data tersebut. Dengan begitu, AI pun bisa mendapatkan informasi baru.

Misalnya, Anda ingin membuat sebuah AI yang bisa memberikan rekomendasi makanan sesuai kondisi cuaca. Agar AI bisa bekerja, maka Anda harus memasukkan data mengenai aneka jenis makanan. Nantinya, AI akan mengelompokkan data makanan tersebut ke dalam kondisi cuaca tersebut. Jadi, saat user memasukkan kondisi cuaca tertentu, mereka bisa langsung mendapatkan rekomendasi makanan.

Contoh penerapan AI dalam bisnis

Penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari sangatlah luas, Anda bahkan bisa menerapkannya saat mengelola bisnis. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa contoh penerapan AI dalam bisnis:

- Pemberian rekomendasi produk pada website e-Commerce

Pilihan produk yang beragam memang memudahkan. Namun, jika terlalu beragam, pelanggan pun akan merasa bingung menentukan pilihan. Di saat seperti ini, memberikan rekomendasi bisa menjadi solusi.

Nah, Anda bisa memanfaatkan AI untuk memberikan rekomendasi produk kepada pelanggan. AI akan mempelajari selera pelanggan dari produk-produk yang sudah pernah mereka beli atau lihat sebelumnya. Dari situ, AI bisa menawarkan produk yang mirip atau masih berhubungan.

- Chatbot untuk melayani pelanggan selama 24 jam

Chatbot merupakan sebuah software yang dirancang khusus agar bisa membalas chat dari pelanggan secara otomatis. Menariknya, chatbot menawarkan interaksi yang mirip dengan manusia.

Hal ini bisa terjadi karena AI mengumpulkan data berupa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan berikut responsnya. AI juga menyimpan kata kunci atau keyword dalam sistem. Jadi, saat keyword tersebut muncul pada pertanyaan pelanggan, AI bisa langsung mencari jawabannya.

Jika Anda sering merasa kewalahan melayani pertanyaan pelanggan, chatbots bisa jadi solusi efisien. VADS Indonesia menawarkan layanan Smart Outreach berupa chatbot yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Klik di sini untuk detail layanannya!

- Inventory monitoring untuk pantau stok barang

Saat bisnis semakin berkembang, monitoring stok barang secara manual jelas akan sangat memakan waktu. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan bantuan AI. Dengan AI, tracking bahan baku menjadi lebih mudah. Selain itu, AI juga bisa mengelola penjualan backorder dari supplier hingga melakukan inventarisasi stok secara otomatis.

- Automasi proses rekrutmen karyawan

Contoh penerapan AI lainnya adalah automasi proses rekrutmen karyawan. Memanfaatkan AI, Anda bisa menyortir aplikasi sesuai kebutuhan perusahaan. Jika terdapat kriteria yang tidak sesuai, AI secara otomatis akan langsung menolak aplikasi. Cara ini sangat efisien, baik dari segi waktu maupun biaya.

- Memprediksi tren pada masa mendatang

Dengan mengumpulkan data yang sesuai, AI juga bisa memprediksi tren bisnis di masa mendatang. Anda cukup menyediakan data mengenai tren bisnis di tahun-tahun sebelumnya, perilaku konsumen, permintaan pasar, dan stok bahan baku, maka AI akan langsung mengolahnya menjadi prediksi tren di masa depan.

 

Semoga ulasan kali ini dapat menjawab pertanyaan mengenai apa itu AI beserta contoh penerapan AI dalam bisnis. Jika ingin segera memanfaatkan AI untuk membantu manajemen bisnis Anda, VADS Indonesia menyediakan beberapa layanan yang telah didukung oleh teknologi AI seperti chatbot. Informasi selengkapnya, klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik