Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Memahami Apa Itu KOL dan Manfaatnya bersama PT VADS Indonesia

Memahami Apa Itu KOL dan Manfaatnya bersama PT VADS Indonesia

27 April 2022

Image of Memahami Apa Itu KOL dan Manfaatnya bersama PT VADS Indonesia

Beberapa dari Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah KOL, tapi mungkin masih ada juga yang bertanya-tanya apa itu KOL. KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader. Penggunaan KOL akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan pemasaran karena pada dasarnya, KOL dibutuhkan saat membuat strategi marketing.

Nah, bagi Anda yang sedang ingin mengatur strategi marketing untuk bisnis atau perusahaan, PT VADS Indonesia hadir sebagai solusi untuk Anda. PT VADS Indonesia berkomitmen untuk membantu usaha Anda dengan memberikan layanan terbaik yang mampu meningkatkan perkembangan bisnis. Salah satunya adalah layanan Digital Marketing yang berkaitan dengan KOL. Agar Anda semakin memahami apa itu KOL, mari simak artikel ini!

Pengertian apa itu KOL

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, KOL adalah sebuah singkatan dari Key Opinion Leader. KOL bisa berupa perorangan atau organisasi dengan status sosial yang dipercaya. Dengan begitu, saat KOL melakukan rekomendasi akan sesuatu, maka banyak orang akan memercayainya. Jadi, KOL bisa dipastikan memiliki pengaruh yang besar di masyarakat.

Biasanya, perusahaan akan bekerja sama dengan KOL untuk melakukan pemasaran produk. Bila perusahaan menggunakan KOL, maka reputasi perusahaan akan semakin dikenal sehingga peluang penjualan produk pun ikut meningkat.

Meskipun KOL akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, Anda tak bisa asal memilih KOL. Anda harus bisa menyesuaikan pemilihan KOL dengan produk yang Anda jual agar pendapat mereka semakin relevan. Misalnya, jika Anda menjual produk makanan, maka Anda bisa menggunakan jasa chef ternama untuk membantu bisnis Anda.

KOL dan influencer, apakah beda?

Selain istilah KOL, saat ini berkembang juga istilah influencer yang bisa digunakan untuk pemasaran. Namun, ternyata kedua hal ini memiliki perbedaan, apalagi influencer memiliki ketergantungan terhadap media sosial. Mereka meraih atensi orang banyak dengan memanfaatkan media sosial yang dimilikinya. Sedangkan, KOL tidak harus menggunakan media sosial untuk meraih lebih banyak perhatian publik.

Selain itu, KOL juga tidak harus membuat konten yang berkaitan dengan topik-topik viral. Mereka akan tetap fokus pada bidang pekerjaannya yang relevan dengan produk perusahaan Anda. Sementara itu, influencer biasanya turut terpengaruh pada sesuatu yang viral untuk menciptakan interaksi dua arah dengan audiens. Dengan begitu engagement jadi meningkat.

Manfaat KOL dalam strategi marketing

Nah, setelah memahami perbedaan antara apa itu KOL dengan influencer, mari kita memahami lebih jauh apa saja manfaat KOL bagi pemasaran perusahaan Anda.

  1. Meningkatkan jangkauan audiens

Manfaat pertama yang terlihat saat menggunakan KOL untuk strategi marketing adalah jangkauan audiens yang semakin luas. Jika menggunakan jasa KOL, Anda bisa menjangkau audiens potensial dan juga sesuai dengan target market bisnis. Alhasil, Anda pun dapat melakukan pemasaran dengan lebih efisien dan efektif karena tepat sasaran.

  1. Meningkatkan penjualan

Manfaat yang kedua adalah meningkatnya jumlah penjualan bisnis Anda. Karena pendapat KOL dipercaya oleh publik, maka mereka akan lebih mudah membeli produk yang Anda tawarkan. Apalagi, dengan menggunakan KOL, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness. Brand awareness ini sangat penting agar calon pelanggan memahami perusahaan Anda. Jika mereka sudah mengenali bisnis Anda, maka mereka akan lebih percaya untuk membeli produk. 

  1. Relevan dengan brand

Poin utama penggunaan KOL untuk strategi marketing Anda adalah relevansinya dengan brand. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pengaruh KOL bisa dimaksimalkan juga sesuai dengan produk yang Anda tawarkan bagi publik. Jika produk dan KOL saling terkait, maka orang semakin mantap untuk memilih produk Anda.

  1. Membantu jaga nama baik brand

Manfaat terakhir dari penggunaan KOL adalah menjaga nama baik brand perusahaan Anda. Seperti yang sudah disampaikan, KOL bukanlah orang sembarangan. Mereka memiliki reputasi yang baik dalam bidangnya. Nah, reputasi yang baik ini juga akan berdampak positif bagi perusahaan Anda.

Berdasarkan uraian di atas, kini Anda jadi lebih tahu tentang apa itu KOL dan manfaatnya. Membangun brand serta meningkatkan penjualan akan lebih mudah dengan menggunakan jasa KOL. Bagi Anda yang tertarik mengembangkan bisnis dengan cara ini, Anda bisa menggunakan layanan Digital Marketing dari PT VADS Indonesia. Dengan layanan ini, Anda bisa membentuk campaign marketing yang tepat sesuai target audiens. Pelajari lebih lanjut tentang layanan ini di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik