Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. CRM Adalah Salah Satu Strategi Digital Marketing, Apa Saja Manfaatnya?

CRM Adalah Salah Satu Strategi Digital Marketing, Apa Saja Manfaatnya?

16 Februari 2022

Image of CRM Adalah Salah Satu Strategi Digital Marketing, Apa Saja Manfaatnya?

Customer Relationship Management atau CRM adalah salah satu strategi digital marketing yang mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Menggabungkan proses antara manusia dan teknologi, CRM membantu menarik prospek penjualan, melakukan konversi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Jadi, penggunaan CRM utamanya bertujuan memuaskan pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap perusahaan. Mari simak artikel di bawah ini untuk mengetahui ulasan lebih lengkap seputar CRM!

Apa itu CRM?

CRM adalah strategi bisnis perusahaan yang berguna meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Strategi ini mengedepankan kepentingan pelanggan sehingga bisnis dapat memberikan pengalaman lebih baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. 

Contoh CRM adalah penambahan form pada website berisi pertanyaan seputar bantuan yang bisa diberikan kepada pelanggan, subscription atau email langganan untuk mengumumkan informasi yang dapat menarik atensi pelanggan, hingga fitur rating dan kolom komen yang bisa diisi oleh konsumen pada aplikasi. Implementasi CRM yang sukses dapat memberikan perusahaan informasi tentang peluang untuk mengembangkan bisnis dengan setiap pelanggan. 

Apa itu digital marketing?

CRM sendiri merupakan bagian dari digital marketing. Digital marketing merupakan penggunaan media digital atau internet untuk melakukan kegiatan pemasaran brand atau produk. Perusahaan memakai digital marketing untuk secara cepat menarik konsumen dan calon konsumen. Pemasaran secara digital dipilih mengingat penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sekarang sangat luas sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Untuk mengikuti perkembangan yang ada, perusahaan harus siap bersaing membuat konten menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran digital. Contoh teknik pemasaran dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online melalui media sosial seperti Facebook, email marketing, mobile marketing, dan sebagainya.

Manfaat menggunakan CRM untuk digital marketing

Anda dapat menerapkan CRM dalam rangkaian digital marketing bisnis Anda. Berikut ini manfaat CRM dalam digital marketing:

  1. Strategi digital marketing berhubungan dengan CRM

Salah satu strategi digital marketing paling efektif adalah mengumpulkan data tentang pelanggan ketika mereka browsing dan mencari barang tertentu. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk memunculkan iklan penjualan tentang item tersebut di media sosial. Iklan penjualan akan mengingatkan pelanggan tentang barang yang mereka lihat dan mengarahkan pelanggan kembali ke situs tempat barang itu dijual.

  1. Membangun koneksi digital dengan pelanggan

CRM mampu membangun koneksi digital sehingga akan menghasilkan data pelanggan. Dari sini, perusahaan dapat memberikan informasi prospek kepada pelanggan lain. Koneksi dengan pelanggan yang dibangun perusahaan melalui preferensi pelanggan idealnya dapat bertahan lebih lama. Koneksi digital dengan pelanggan ini bisa dibangun dengan beberapa cara, di antaranya:

  • Mengirimkan email 
  • Memberi rekomendasi produk maupun layanan tertentu
  • Membuat blog dan artikel menarik bagi pelanggan 
  1. CRM personalisasi kampanye digital marketing

CRM adalah strategi yang mampu mempersonalisasi kampanye digital marketing karena dapat mengumpulkan data tentang apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat menargetkan item tertentu kepada pelanggan sesuai minat mereka. Sejumlah data yang dikumpulkan CRM di antaranya adalah:

  • Item yang dibeli pelanggan di masa lalu
  • Apa yang ditelusuri pelanggan saat sedang online
  • Kelompok usia pelanggan
  • Jenis kelamin
  • Wilayah pelanggan tinggal

Berbagai data pribadi pelanggan yang diperoleh melalui CRM bisa digunakan untuk kampanye digital. Personalisasi kampanye digital marketing berpotensi lebih besar menarik minat konsumen dibanding melakukan kampanye tanpa target yang jelas. Kampanye digital marketing yang dipersonalisasi menjamin bahwa ada audiens yang tertarik setelah melihat item tersebut.

  1. Menjamin kepuasan pelanggan

CRM juga menjamin kepuasan pelanggan karena salah satu manfaat CRM adalah membuat database yang berisi panggilan layanan pelanggan. Perusahaan yang lebih dekat dengan pelanggan bisa lebih mengerti apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan. CRM dapat menjamin kepuasan pelanggan dengan cara:

  • Memperhatikan panggilan layanan pelanggan
  • Mencari informasi untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan
  • Mengidentifikasi berbagai hal yang bisa dilakukan untuk memuaskan pelanggan

 

CRM adalah salah satu strategi digital marketing yang dapat membantu perusahaan Anda membangun koneksi lebih baik dengan pelanggan. Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa CRM yang bisa diandalkan, Anda bisa mempertimbangkan layanan CRM yang disediakan oleh VADS Indonesia. Semoga bermanfaat!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik