VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Kenapa Harus Menggunakan BPO Contact Center?

Kenapa Harus Menggunakan BPO Contact Center?

28 Oktober 2020

image.jpg

Persaingan di era teknologi yang serba cepat seperti sekarang ini membuat berbagai perusahaan saling berkompetisi untuk menujukkan produk dan layanan terbaiknya. Perusahaan membutuhkan bantuan pihak ketiga dalam mengelola beberapa kegiatan yang dapat membantu perusahaan untuk lebih fokus terhadap bisnis utama mereka. Hal ini disebut dengan istilah Business Process Outsourcing (BPO) yaitu proses outsourcing atau pengalihdayaan beberapa fungsi bisnis oleh pihak ketiga khusus. Beberapa layanan yang dapat didukung oleh BPO diantaranya adaah duungan layanan penjualan, dukungan pelanggan, dan juga dukungan teknis seperti keuangan, hukum, pengembangan, marketing, desain produk, sumber daya manusia, dan juga contact center.

Era kompetisi seperti yang dijelaskan sebelumnya membuat perusahaan harus semakin optimal dalam memberikan pelayanannya kepada para konsumennya. Berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh Zendesk Customer Experience Trends Report 2020, sebanyak 51% konsumen memiliki ekspektasi terhadap respons yang dilakukan oleh perusahaan dibawah 5 menit ketika mereka sedang menghubungi perusahaan melalui contact center. Oleh sebab itu, BPO dibutuhkan dalam bidang pelayanan pelanggan ini salah satunya adalah BPO contact center untuk membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan yang optimal.

Apa itu BPO Contact Center?

BPO contact center adalah layanan alihdaya yang menangani pelayanan kepada pelanggan melalui panggilan masuk (inbound) dan panggilan keluar (outbound). Jika perusahaan ingin fokus pada bisnis inti nya dan meningkatkan produktivitas serta efisiensi terutama dalam melayani pelanggan, menggunakan BPO contact center dapat menjadi salah satu pertimbangan. Sebagai contoh, apabila perusahaan Anda menjual produk atau layanan, maka vendor outsourcing atau BPO contact center ini akan menangani tugas seperti menjawab panggilan dari pelanggan Anda atau dapat menjalankan tugas sebagai telemarketing untuk menawarkan produk dan layanan dari perusahaan Anda.

Jenis-jenis BPO Contact Center

Aktivitas BPO contact center terdiri dari dua jenis pusat panggilan, yaitu :

1. Inbound Contact Center Outsourcing

Inbound contact center outsourcing adalah menjawab panggilan masuk dari pelanggan seperti pelanggan yang melakukan pemesanan, memberikan informasi terkait kebutuhan pelanggan, dan menangani keluhan pelanggan.

2. Outbound Contact Center Outsourcing

Outbound contact center outsourcing adalah melakukan panggilan keluar kepada panggilan dan prosesk yang ada seperti menawarkan produk dan layanan perusahaan dan memberikan informasi terbari terkait produk dan layanan perusahaan.

Selain melakukan dan menerima panggilan, aktivitas yang dilakukan BPO contact center juga mencakup seperti entri data dan pekerjaan back end lainnya, layanan service desk, front dan back office, dukungan teknis, dan juga riset pasar sesuai kebutuhan pelanggan perusahaan.

Kenapa Menggunakan BPO Contact Center?

Dengan menggunakan BPO contact center, perusahaan dapat memilih untuk lokasi outsourcing baik di luar kota maupun di negara lain dengan begitu memberi bisnis akses ke tenaga kerja yang terdidik dengan biaya yang rendah menyesuaikan dengan permintaan perusahaan. Perusahaan dapat memilih sejumlah opsi dengan mitra BPO contact center seperti memilih opsi secara full outsource, manage services, atau hanya dengan job supply.

BPO contact center dapat memberikan fleksibilitas kepada perusahaan untuk membentuk fungsi layanan dalam memenuhi kebutuhan bisnis perusahan terutama dalam menggunakan teknologi contact center yang semakin canggih dan serbaguna. Berikut ini merupakan beberapa alasan lainnya yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menggunakan BPO contact center :

  • Hemat Biaya. Karena memiliki contact center secara inhouse tidaklah murah. Dibutuhkan biaya untuk tempat, infrastruktur, peralatan, biaya pelatihan, gaji karyawan, dan lainnya yang bisa dilakukan dengan outsourcing untuk biaya yang lebih hemat. Dengan menggunakan BPO contact center, perusahaan tidak perlu melakukan biaya apapun seperti IT infrastructure dan pusat data, perusahaan tidak perlu melatih tenaga kerja atau agen mereka sendiri karena BPO contact center dapat membantu Anda dengan biaya yang lebih hemat.
  • Hemat Waktu. Perusahaan dapat menghemat waktu untuk merekrut tenaga kerja dan menjalankan contact center secara keseluruhan. Karena merekrut tenaga kerja membutuhkan banyak waktu dan akan memakan waktu yang berharga dari kegiatan bisnis perusahaan Anda. Selain itu, perusahaan juga akan menghabiskan waktu untuk pelatihan dan mengelola karyawan baru sehingga apabila menggunakan BPO contact center semuanya akan terbantu dalam mengelola tenaga kerja yang berkualitas dan berpengalaman.
  • Mengembangkan Bisnis Perusahaan. Dengan menggunakan BPO contact center, perusahaan dapat fokus pada bisnis inti perusahaan sehingga perusahaan dapat mengembangankan bisnisnya. Hal ini meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena perusahaan lebih fokus pada operasional dan kegiatan lainnya yang berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan perusahaan dan fokus dalam memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan perusahaan.

Gunakan BPO Contact Center untuk Memberikan Layanan Pelanggan yang Optimal

Kemampuan perusahaan untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang positif dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang. Dibutuhkan respons yang cepat, tepat, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan konsumen. Dlam hal itu, cara paling tepat adalah dengan melakukan outsourcing kepada ahlinya. VADS Indonesia adalah market leader dalam menyediakan customer experience dan layanan outsourcing contact center. Dengan menggunakan VADS Indonesia, perusahaan Anda akan mendaatkan layanan pelanggan yang berkualitas tanpa harus membuang waktu dan sumber daya dari fungsi bisnis utama Anda. Beberapa manfaat menggunakan layanan dari VADS Indonesia adalah :

  • Memiliki headquarter di Malaysia. Selain itu, lokasi kantor yang dimiliki oleh VADS Indonesia ada di Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang.
  • Memiliki sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan data dan infrastruktur
  • Memiliki sertifikasi Metodologi Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL) dalam meningkatkan kualitas secara efisien dan efektif.
  • Melayani 24/7 selama 365 hari
  • Memiliki tenaga ahli yang tersertifikasi

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana BPO contact center dapat memaksimalkan layanan pelanggan di perusahaan Anda, Silahkan hubungi marketing@vads.co.id untuk konsultasi terkat layanan pelanggan, contact center, dan customer service untuk meningkatkan performa bisnis perusahaan Anda.

 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik