Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Simak Kegunaan Robotic Process Automation dalam Bisnis!

Simak Kegunaan Robotic Process Automation dalam Bisnis!

05 Mei 2023

Image of Simak Kegunaan Robotic Process Automation dalam Bisnis!

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih demi mempermudah pekerjaan manusia secara luas. Teknologi yang ada saat ini akan selalu dikembangan untuk menjadi setara dengan inovasi terbaru. Saat ini, salah satu inovasi dalam dunia teknologi yang sedang banyak dibicarakan orang adalah robotic process automation (RPA).

Apakah Anda sudah pernah mendengar apa itu robotic process automation? Teknologi yang satu ini merupakan hasil transformasi untuk otomasi pekerjaan di berbagai bidang. Dapat dikatakan bahwa RPA adalah teknologi untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan yang berulang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu RPA, Anda bisa membaca ulasannya di sini!

Definisi robotic process automation

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, RPA adalah sebuah teknologi masa kini yang dapat membantu manusia dalam mengerjakan tugas berulang atau repetitif. Artinya, robotic process automation merupakan perangkat lunak yang didesain sedemikian rupa agar bisa meniru aktivitas manusia untuk tugas yang sama secara berulang-ulang. Dengan begitu, pekerjaan yang repetitif bisa digantikan dengan keberadaan teknologi ini.

Implementasinya teknologi ini pun bisa diaplikasikan ke berbagai industri. Pasalnya, industri yang mengaplikasikan RPA ini akan bisa mengotomatisasi alur kerja dan proses backend yang kebanyakan memakan waktu. Selain dapat melakukan tugas repetitif secara cepat, ketepatan teknologi ini juga bisa meminimalkan kesalahan manusia.

5 Contoh robotic process automation

Ada banyak sekali industri yang terbantu dengan adanya RPA, apalagi jika industri tersebut harus melakukan pekerjaan yang sama berulang kali. Industri yang terbantu dengan kehadiran RPA antara lain kesehatan, keuangan, manufaktur, pendidikan, hingga pemerintahan. Untuk memahami aplikasi robotic process automation di banyak industri, di bawah ini adalah lima contohnya.

  1. Administrasi asuransi

Industri asuransi yang bergelut dengan ribuan orang adalah contoh pertama kegunaan RPA. Perusahan asuransi pastinya akan menemukan banyak data penting yang perlu diolah untuk proses pendaftaran formulir, klaim asuransi, hingga keperluan mitigasi risiko.

RPA mampu memroses data dan secara akurat membantu manusia untuk mempercepat proses klaim asuransi. Bahkan, penelitian pun sudah membuktikan kalau RPA 75 persen lebih efisien daripada pendekatan yang masih tradisional.

  1. Help desk

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan istilah help desk. Istilah ini biasanya banyak ditemukan di website brand. Jika dulunya ada manusia yang bekerja di balik layar sebagai help desk, kini RPA sudah membantu dan bahkan menggantikan peran manusia. Jadi, pelayanan keluhan pelanggan bisa dipercepat karena kehadiran robotic process automation.

  1. Pemrosesan kartu kredit

Salah satu hal dasar yang dapat dilakukan oleh RPA adalah memeriksa data dan dokumen penting. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh industri keuangan, terlebih untuk pemrosesan kartu kredit. Teknologi ini bisa mengolah data dan melakukan validasi dengan cepat. Sehingga, jika Anda melakukan pengajuan kartu kredit, segalanya bisa diselesaikan melalui aplikasi yang ditangani oleh RPA.

  1. Orientasi karyawan baru

Di bidang human resources, robotic process automation juga bisa berperan penting. Teknologi ini akan membantu para pegawai human resource development atau HRD untuk otomasi onboarding pekerja baru. Melaluinya, para karyawan baru bisa menerima informasi terkait perusahaan dan mematuhi pedoman yang berlaku.

  1. Deteksi fraud

Dalam dunia keuangan, fraud merupakan salah satu ancaman yang harus diatasi dengan baik, apalagi ini berhubungan dengan keadaan finansial banyak orang. Teknologi robotic process automation mampu mendeteksi adanya fraud. Kehadiran RPA dapat membantu lembaga keuangan dalam mengidentifikasi akun bermasalah yang berpotensi mengancam keberlangsungan keuangan atau terindikasi fraud.

 

Demikian penjelasan mengenai teknologi robotic process automation yang terbukti membantu banyak industri. Anda pun bisa menggunakan teknologi untuk untuk mempermudah bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan teknologi ini, segera hubungi PT VADS Indonesia untuk proses aplikasi RPA dengan mudah dan tepat!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik