Berita
- VADS
- Berita
- The Power of Contact Center: Pengaruh Positifnya terhadap Bisnis Anda
The Power of Contact Center: Pengaruh Positifnya terhadap Bisnis Anda
05 Januari 2022
Pelanggan menginginkan efisiensi dan kemudahan dalam mendapatkan informasi. Mereka ingin informasi yang tidak hanya mudah diakses, tetapi juga lengkap dan memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui hal apa saja yang pelanggan butuhkan. Caranya adalah dengan membuat contact center di mana pelanggan bisa menghubungi perusahaan Anda untuk menanyakan informasi atau mengajukan komplain.
Contact center berfungsi memberikan pelayanan terbaik dalam bentuk interaksi dengan pelanggan secara konsisten, serta mengenalkan nilai perusahaan kepada pelanggan untuk meningkatkan kepuasan mereka. Pelanggan yang puas akan mendorong loyalitas mereka dan pelanggan yang loyal akan dengan senang hati melakukan repeat order hingga akhirnya berimbas pada keuntungan perusahaan yang meningkat.
Namun, contact center tidak hanya sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Masih ada banyak pengaruhi positif lain yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Inilah the power of contact center dan pengaruh positifnya untuk bisnis Anda.
Peningkatan customer engagement
Sebuah studi menunjukkan bahwa customer service yang kurang optimal dapat menurunkan customer engagement. Keterlibatan pelanggan adalah prioritas utama dalam bisnis apa pun. Membuka berbagai saluran komunikasi dengan pelanggan dan secara proaktif berdialog dengan mereka adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencapai kepuasan dan kesetiaan pelanggan.
Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuka contact center yang terintegrasi dengan banyak saluran komunikasi. Pelanggan akan merasa puas jika mereka menerima dukungan secara langsung dan cepat.
Berimbas positif terhadap kepuasan pelanggan
The power of contact center yang baik akan memberikan imbas positif terhadap kepuasan pelanggan. Jika Anda mampu menjawab pertanyaan pelanggan, menampung saran dan komplain yang mereka ajukan, dan bisa memberikan respons yang tanggap, para pelanggan akan merasa puas. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan contact center tidak akan ragu untuk memesan dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.
Peluang untuk melakukan up-sell dan cross-sell
Sebagai orang yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan, agen contact center berada pada posisi yang baik untuk menawarkan bantuan, saran, serta nasihat untuk pelanggan. Agen contact center juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menawarkan produk yang bisa membantu para pelanggan.
Pada sistem call center tradisional, pelanggan mungkin menganggap bahwa cara ini terlalu “memaksa” mereka untuk membeli suatu produk karena agen tidak tahu riwayat atau preferensi pelanggan.
Namun, dengan multi-channel contact center atau contact center yang terintegrasi dengan berbagai saluran, agen memiliki pengetahuan tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan perusahaan selama ini. Dengan memiliki pengetahuan tersebut, agen contact center bisa memberikan saran yang lebih tepat sasaran dan memiliki pengaruh yang lebih baik pada pelanggan.
Mendapat data analitik pelanggan
Pelanggan akan puas jika Anda bisa memberikan informasi detail terkait dengan pertanyaan mereka. Untuk melakukan itu, Anda perlu menguasai setiap elemen produk yang ditawarkan perusahaan Anda. Namun, tahukah Anda kalau memiliki pengetahuan soal pelanggan Anda juga merupakan hal yang penting?
Pelanggan yang pernah berkomunikasi dengan contact center pasti memiliki riwayat yang bisa Anda periksa. Dengan mengakses informasi pelanggan, mengetahui bagaimana perilaku pelanggan, dan bagaimana setiap pertanyaan dijawab, maka hal tersebut dapat menghasilkan analisis lebih baik mengenai pelanggan. Jika perusahaan memiliki pengetahuan detail mengenai pelanggan, perusahaan bisa memperbaiki produk, pemasaran, atau layanan, serta mengatur taktik untuk meningkatkan penjualan. Inilah the power of contact center.
Kesempatan menciptakan brand image secara positif
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, agen contact center adalah pihak yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Para agen inilah yang bisa membantu membangun image perusahaan menjadi lebih baik. Pelanggan akan menilai perusahaan dari bagaimana seorang contact center melayani mereka; apakah para agen mengerti apa yang mereka tanyakan, bagaimana agen contact center menjawab pertanyaan mereka, hingga seberapa cepat atau lambat respons contact center. Hal-hal tersebut menjadi penilaian untuk perusahaan.
Berikan respons terbaik Anda untuk setiap pelanggan tanpa memandang bagaimana pelanggan itu berkomunikasi dengan Anda. Fokuslah pada tujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Maka, imbas positifnya juga akan dirasakan oleh perusahaan secara keseluruhan. Itulah the power of contact center jika berhasil dimanfaatkan secara optimal.
Berita Terkait
11 Oktober 2024
07 Oktober 2024
04 Oktober 2024
27 September 2024
24 September 2024
20 September 2024
17 September 2024
13 September 2024
10 September 2024
10 September 2024
06 September 2024
04 September 2024
02 September 2024
02 September 2024
21 Agustus 2024
16 Agustus 2024
14 Agustus 2024
09 Agustus 2024
05 Agustus 2024
26 Juli 2024
23 Juli 2024
25 Juni 2024
18 Juni 2024
14 Juni 2024
12 Juni 2024
26 April 2024
05 April 2024
26 Maret 2024
25 Maret 2024
22 Maret 2024
29 Februari 2024
27 Februari 2024
23 Februari 2024
20 Februari 2024
09 Februari 2024
02 Februari 2024
30 Januari 2024
26 Januari 2024
23 Januari 2024
19 Januari 2024
17 Januari 2024
12 Januari 2024
09 Januari 2024
05 Januari 2024
04 Januari 2024
29 Desember 2023
26 Desember 2023
20 Desember 2023
13 Desember 2023
08 Desember 2023
05 Desember 2023
28 November 2023
23 November 2023
17 November 2023
14 November 2023
09 November 2023
08 November 2023
01 November 2023
27 Oktober 2023
24 Oktober 2023
17 Oktober 2023
17 Oktober 2023
11 Oktober 2023
10 Oktober 2023
06 Oktober 2023
04 Oktober 2023
29 September 2023
27 September 2023
22 September 2023
21 September 2023
15 September 2023
08 September 2023
05 September 2023
01 September 2023
25 Agustus 2023
22 Agustus 2023
18 Agustus 2023
15 Agustus 2023
08 Agustus 2023
04 Agustus 2023
26 Juli 2023
21 Juli 2023
04 Juli 2023
03 Juli 2023
30 Juni 2023
13 Juni 2023
09 Juni 2023
26 Mei 2023
19 Mei 2023
17 Mei 2023
12 Mei 2023
27 April 2023
20 April 2023
12 April 2023
04 April 2023
16 Maret 2023
09 Maret 2023
07 Maret 2023
02 Maret 2023
28 Februari 2023
22 Februari 2023
14 Februari 2023
13 Februari 2023
09 Februari 2023
07 Februari 2023
31 Januari 2023
26 Januari 2023
23 Januari 2023
17 Januari 2023
12 Januari 2023
06 Desember 2022
29 September 2022
31 Agustus 2022
20 April 2022
15 April 2022
06 April 2022
04 April 2022
01 April 2022
25 Februari 2022
23 Februari 2022
21 Februari 2022
18 Februari 2022
11 Februari 2022
08 Februari 2022
02 Februari 2022
31 Januari 2022
24 Januari 2022
17 Januari 2022
14 Januari 2022
12 Januari 2022
07 Januari 2022
03 Januari 2022
28 Desember 2021
13 Desember 2021
09 Desember 2021
07 Desember 2021
01 November 2021
27 Oktober 2021
25 Oktober 2021
22 Oktober 2021
18 Oktober 2021
15 Oktober 2021
14 Oktober 2021
27 April 2021
22 April 2021
13 April 2021
08 April 2021
05 April 2021
26 Maret 2021
18 Maret 2021
15 Maret 2021
12 Maret 2021
04 Maret 2021
02 Maret 2021
26 Februari 2021
23 Februari 2021
19 Februari 2021
16 Februari 2021
11 Februari 2021
09 Februari 2021
04 Februari 2021
26 Januari 2021
21 Januari 2021
19 Januari 2021
12 Januari 2021
07 Januari 2021
05 Januari 2021
29 Desember 2020
17 Desember 2020
15 Desember 2020
10 Desember 2020
08 Desember 2020
04 Desember 2020
18 November 2020
16 November 2020
13 November 2020
11 November 2020
10 November 2020
09 November 2020
06 November 2020
28 Oktober 2020
23 Oktober 2020
21 Oktober 2020
12 Oktober 2020
06 Oktober 2020
02 Oktober 2020
30 September 2020
19 September 2020
06 Agustus 2020
22 Juli 2020
22 April 2020
09 April 2020
02 April 2020
26 Maret 2020
12 Maret 2020
09 Maret 2020
02 Maret 2020
27 Februari 2020
20 Februari 2020
13 Februari 2020
06 Februari 2020