Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Perbedaan Job Desk Call Center dan Contact Center

Perbedaan Job Desk Call Center dan Contact Center

31 Januari 2022

Image of Perbedaan Job Desk Call Center dan Contact Center

Apa saja job desk call center? Lalu, apakah job desk call center dan contact center sama? Banyak yang beranggapan bahwa call center dan contact center adalah hal yang sama. Padahal, jika dilihat dari job desk yang harus dikerjakan, keduanya memiliki beberapa perbedaan signifikan. Anda bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu call center?

Call center merupakan salah satu jalur komunikasi yang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan. Istilah call center sendiri merujuk pada sistem komunikasi tersebut, sedangkan orang yang mengoperasikannya disebut agent call center.

Untuk bisa terhubung dengan layanan komunikasi ini, pelanggan menghubungi perusahaan melalui saluran telepon. Biasanya, sistem akan menyediakan beberapa jenis layanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pelanggan.

Salah satu ukuran kesuksesan call center sebuah perusahaan adalah durasi penyelesaian masalah. Semakin banyak panggilan yang dilakukan per hari, maka semakin baik kinerja call center tersebut. Hal ini berkaitan dengan efisiensi biaya sekaligus waktu yang harus dikeluarkan perusahaan.

 

Apa saja job desk call center?

Lalu, apa sebenarnya job desk call center? Tugas seorang agent call center sendiri sangat luas. Mereka tidak hanya bertugas melakukan panggilan keluar untuk menghubungi pelanggan, tapi juga tugas lain yang masih berhubungan dengan relasi antara perusahaan dan pelanggan. Berikut adalah beberapa job desk call center:

  • Menerima panggilan masuk dari pelanggan.
  • Menerima keluhan atau masukan lain dari pelanggan melalui saluran telepon.
  • Memberikan solusi dengan tepat dan cepat atas setiap keluhan yang disampaikan pelanggan.
  • Menangani setiap panggilan dengan ramah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
  • Melakukan panggilan keluar untuk menghubungi calon pelanggan. Job desk yang satu ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan perusahaan.

Dengan job desk tersebut, agent call center harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, mereka juga dituntut untuk benar-benar memahami produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sebab, mereka tidak hanya memasarkan produk tersebut, tapi juga harus mampu menyelesaikan problem pada produk yang dikeluhkan oleh pelanggan melalui sambungan telepon.

Apa itu contact center?

Sekarang mari beralih pada contact center. Apabila dilihat sekilas, call center dan contact center terlihat mirip. Terlebih, keduanya menggunakan istilah yang serupa. Perbedaan paling jelas antara contact center dengan call center adalah jenis saluran komunikasi yang ditawarkan.

Call center melakukan komunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan melalui saluran telepon. Sedangkan, contact center menawarkan saluran komunikasi yang lebih variatif, tidak hanya terbatas pada saluran telepon saja. Selain telepon, biasanya contact center juga menyediakan saluran komunikasi melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, hingga Twitter. Banyak juga contact center yang menyediakan saluran komunikasi melalui e-mail pelanggan.

Meski saluran komunikasi yang ditawarkan sangat beragam, contact center menerapkan sistem terintegrasi. Artinya, seluruh saluran saling berhubungan dan memberikan informasi yang konsisten. Sistem seperti ini jelas akan memudahkan pelanggan dalam menghubungi perusahaan.

Misalnya, saat pelanggan yang menghubungi melalui Instagram sulit mendapatkan detail solusi, mereka bisa langsung beralih pada layanan telepon dengan mudah tanpa harus mengulang prosesnya dari awal.

Apa saja job desk contact center?

Jika dilihat dari penjelasan pada poin sebelumnya, job desk contact center sendiri mirip dengan job desk call center. Hanya saja, contact center juga harus mengelola integrasi antara saluran komunikasi satu dengan saluran komunikasi lainnya.

Meski begitu, agent contact center tidak perlu kesulitan menyusun dan mengelola sistem integrasi tersebut. Sebab, sistem integrasi telah tersedia dan agent contact center tinggal menjalankannya saja.

 

Call center dan contact center, serupa tapi tak sama

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa call center dan contact center sebenarnya serupa tapi tak sama. Kemiripannya terletak pada fungsi keduanya, yaitu sebagai saluran komunikasi yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan.

Namun, pada waktu yang bersamaan, keduanya juga berbeda. Call center hanya menyediakan saluran komunikasi melalui sambungan telepon. Sedangkan, contact center menawarkan saluran komunikasi yang lebih variatif melalui e-mail hingga media sosial seperti WhatsApp.

 

Bagi Anda yang baru merintis bisnis dan ingin merancang sistem komunikasi dengan pelanggan, VADS Indonesia menyediakan berbagai solusi terbaik. Salah satunya adalah layanan contact center yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk terhubung langsung dengan tim VADS Indonesia, klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik