Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 6 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Dukungan Business Process Outsourcing

6 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Dukungan Business Process Outsourcing

19 Januari 2023

Image of 6 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Dukungan Business Process Outsourcing

Dalam dunia bisnis, istilah Business Process Outsourcing (BPO) sudah sering terdengar. Namun, tak sedikit juga pelaku bisnis yang belum mengetahui BPO ini. Padahal, penerapan BPO sangat berdampak bagi efisiensi kerja dan keuangan perusahaan. Berikut penjelasan lengkap tentang BPO dan enam tanda yang menunjukkan bahwa perusahaan Anda membutuhkannya. 

Apa itu business process outsourcing

Business process outsourcing adalah praktik dalam dunia bisnis ketika suatu perusahaan melibatkan pihak ketiga dalam menyelesaikan beberapa tugas perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan Business Process Management (BPM) dan efisiensi waktu. BPO mempunyai dampak yang signifikan pada peningkatan kualitas hasil kerja. Pasalnya, perusahaan bisa lebih fokus pada pengembangan core business saat beberapa tugas lain telah di-handle oleh penyedia jasa outsourcing profesional.  

Contoh penerapan business process outsourcing 

Contoh jenis layanan BPO sangat beragam, meliputi outsourcing untuk rekrutmen pegawai, akuntansi, customer experience, dan banyak lagi lainnya. Saat bisnis Anda telah mendelegasikan beberapa tugas tersebut pada pihak ketiga, artinya Anda bisa lebih fokus untuk mengurus perkembangan bisnis lainnya.  

6 Tanda bisnis Anda memerlukan business process outsourcing 

Sebagai pelaku bisnis, sering kali Anda hanya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa berpikir bagaimana pekerjaan itu dapat cepat selesai. Maka, kenali enam tanda berikut yang dapat mengindikasikan bahwa bisnis Anda memang memerlukan BPO! 

  1. Bisnis Anda sedang berkembang pesat

 

Semakin berkembangnya perusahaan Anda, maka semakin banyak pula tugas dan tanggung jawab yang diemban. Di samping itu, ada beberapa tugas baru yang tidak sempat perusahaan Anda tangani secara mandiri. Pada saat itulah, perusahaan business process outsourcing dapat membantu meringankan beban kerja perusahaan atau bisnis Anda. Dengan begitu, business process management perusahaan Anda menjadi lebih terstruktur.   

  1. Anda perlu fokus pada kegiatan operasional utama bisnis

 

Di saat perusahaan Anda fokus pada bidang seni, menambah karyawan di bidang teknologi mungkin terdengar kurang efisien. Tanpa perlu repot-repot hire karyawan full time baru di bidang IT, Anda bisa memanfaatkan jasa dari perusahaan business process outsourcing. Dengan begitu, business process management perusahaan Anda bisa terjaga dengan baik.  

  1. Anda harus memangkas biaya operasional

 

Perekrutan karyawan baru memerlukan biaya yang tidak sedikit, sehingga aktivitas ini mungkin cukup berdampak kurang positif terhadap pengeluaran operasional perusahaan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, biaya operasional bisa ditekan dengan jasa outsourcing yang total pengeluarannya lebih sedikit dibandingkan merekrut pegawai baru.  

  1. Bisnis Anda tertinggal dalam penerapan teknologi

 

Penerapan teknologi di era digital sangatlah penting. Maka, tidak heran kalau hampir seluruh komponen di dunia bisnis sudah dilengkapi dengan teknologi. Namun, bukan rahasia lagi  bahwa alat-alat teknologi harganya cukup mahal. Bagi Anda yang sedang membutuhkan peralatan elektronik untuk kebutuhan kantor jangka pendek, lebih baik Anda beralih ke penyedia jasa outsourcing saja. Dengan begitu, biaya operasional yang dikeluarkan lebih sedikit dari perkiraan awal dan hasil kerja bisa sesuai dengan target pencapaian.  

  1. Proses rekrutmen butuh proses panjang 

 

Proses rekrutmen pegawai bukan hanya membutuhkan biaya yang cukup banyak, tapi juga cukup lama. Sehingga, rekrutmen pegawai untuk kebutuhan bisnis yang mendesak tidaklah efektif. Dengan jasa outsourcing dari perusahaan business process outsourcing, Anda bisa mendapatkan hasil kerja yang jauh lebih praktis daripada harus mendadak merekrut pegawai baru.  

  1. Bisnis Anda tidak memiliki kompetensi yang sesuai

 

Perusahaan rintisan biasanya sering menghadapi tantangan baru. Salah satunya mungkin beban tugas di perusahaan mendadak bertambah, tapi masih belum ada pegawai yang posisi atau kompetensinya in line dengan kebutuhan baru ini. Oleh karena itu, penggunaan jasa dari perusahaan business process outsourcing adalah solusinya. Contohnya, bisnis Anda sedang ingin mengembangkan customer experience dengan customer relationship management, maka Anda bisa bekerja sama dengan PT VADS Indonesia yang menyediakan layanan tersebut. 

Apakah bisnis Anda sedang mengalami salah satu indikasi di atas? Berafiliasi dengan perusahaan business process outsourcing terkemuka dan tepercaya seperti PT VADS Indonesia adalah solusi terbaiknya! Dengan berbagai layanan business process outsourcing dari world class company ini, business process management perusahaan Anda akan semakin berkualitas. Ingin tahu lebih lanjut tentang perusahaan BPO satu ini? Klik di sini untuk informasi lebih detailnya! 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik