Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Seberapa Penting Cloud untuk Perusahaan?

Seberapa Penting Cloud untuk Perusahaan?

04 Maret 2021

Image of Seberapa Penting Cloud untuk Perusahaan?

Teknologi memiliki dampak yang besar bagi bisnis saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan banyak alternative solusi bagi banyak perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Di era pandemic seperti sekarang ini, perusahaan harus bisa membangun dan memelihara lingkungan server mereka sendiri untuk dapat menghosting dan menjalankan aplikasi di tempat mereka. Saat ini, perusahaan harus memiliki cloud computing (komputasi awan) yang merevolusi bisnis dan operasioonal perusahaan. Teknologi ini menjadi landasan transformasi digital sebuah perusahaan.

Sebelum adanya cloud computing, orang akan menjalankan aplikasi atau program dari program yang diunduh pada server di gedung mereka. Perusahaan membuat data center mereka sendiri yang biayanya membutuhkan alokasi yang tidak sedikit seperti professional dan sumber daya lainnya. Namun semakin kompleksnya data dan jumlah professional yang dibutuhkan untuk mengelolanya juga semakin banyak, maka dibutuhkan tingkat produktivitas dan efisiensi yang menjadi tantangan baru.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan cloud computing dalam mengelola data centernya. Cloud computing salah satu solusi yang trend, inovatif, dan juga dapat digunakan sebagai back-up sistem yang sedang berjalan.

Apa itu Cloud Computing?

Cloud computing adalah sebuah pengembangan layanan penyimpanan data dan informasi yang berbasis internet. Pada teknologi cloud computing, semua data berada dan disimpan di server internet begitu juga dengan aplikasi yang pada umumnya dibutuhkan pengguna sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan ketentuan adanya koneksi jaringan internet. Cloud computing mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Dengan keunggulan tersebut, cloud computing dapat meningkatkan produktivitas dan juga karyawan perusahaan.

Manfaat Cloud Computing

  1. Efektivitas Biaya

Salah satu manfaat utama cloud computing adalah efektivitas biaya karena cloud computing adalah teknologi yang memberikan layanan kepada perusahaan sesuai dengan permintaan sehingga perusahaan hanya membayar sesuai dengan kriteria dan fitur yang digunakan. Cloud computing adalah model bisnis yang hanya membutuhkan biaya langganan bulanan untuk layanan yang digunakan saat ini sehingga dapat lebih menghemat budget.

  1. Fleksibilitas

Perusahaan harus menyadari betapa penting cloud computing ini diterapkan dalam lingkungan perusahaan terutama dalam masa pandemic ini yang membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel untuk dapat dilakukan di luar kantor seperti di rumah. Sehingga berinteraksi dengan sesama karyawan ddapat dilakukan secara virtual, cepat, dan mudah kapanpun karyawan membutuhkannya melalui perangkat yang medukung web.

  1. Keamanan

Dengan menggunakan cloud computing, semua file dan program serta data bisnis perusahaan terjaga keamanannya. Cloud biasanya memerlukan firewall yang kuat, kredensial akses, dan protokol keamanan sehingga aman untuk menyimpan informasi penting di server.

  1. Kontrol Dokumen

Semakin banyak yang bekerja sama maka semakin dibutuhkan kontrol dokumen yang lebih cepat. Dengan adanya cloud computing, karyawan tidak perlu bolak-balik mengirimkan file sebagai lampiran email.

  1. Disaster Recovery

Setiap perusahaan harus bisa berinvestasi dalam hal pemulihan bencana. Cloud dapat membantu lebih banyak bisnis dalam rangka pemulihan bencana sebagai solusi pencadangan berbasis cloud yang menghemat waktu.

  1. Digital Transformation

Penting untuk perusahaan saat ini untuk dapat berkompetisi dengan menggunakan transformasi digital salah satunya adalah memigrasikan seluruhnya ke cloud. Perusahaan dapat memastikan pemberdayaan cloud yang tepat sehingga dapat memastikan transisi yang baik ke cloud tanpa dampak apapun. Perusahaan cepat atau lambat harus mempertimbangkan transformasi digital karena cara operasional yang tradisional perlahan akan menjadi mahal.

Itulah beberapa manfaat cloud yang dapat digunakan oleh perusahaan. Di Indonesia, ada beberapa cloud provider yang menyediakan layanan cloud computing. Perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memilih provider seperti faktor biaya, layanan, dan juga keamanan. VADS Indonesia dapat membantu Anda untuk beralih menggunakan cloud. Konsultasikan rencana bisnis Anda melalui marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut dan meningkatkan keamanan serta produktivitas kinerja perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik