VADS

Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Outbound Contact Center dan Manfaatnya Dalam Meningkatkan Customer Experience

Outbound Contact Center dan Manfaatnya Dalam Meningkatkan Customer Experience

23 September 2020

image.jpg

Outbound Contact Center VADS Indonesia

Contact Center adalah salah satu layanan yang harus dimiliki sebagai penghubung antara pelanggan dengan perusahaan. Contact center merupakan suatu keharusan untuk setiap perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan angka penjualan.

Contact center terdiri dari dua tipe yaitu Inbound Contact Center dan Outbound Contact Center. Inbound Contact Center adalah menerima panggilan yang masuk dari pelanggan yang mencari tahu informasi dan membutuhkan dukungan teknis terkait produk atau layanan perusahaan (Inbound Contact Center untuk Meningkatkan Customer Experience). Sedangkan Outbound Contact Center adalah melakukan panggilan dari perusahaan kepada pelanggan untuk kegiatan bisnis tertentu. Kita akan bahas lebih lanjut mengenai Outbound Contact Center.

Apa itu Outbound Contact Center?

Outbound Contact Center adalah melakukan panggilan dari perusahaan kepada konsumen untuk melakukan kegiatan bisnis tertentu. Kegiatan ini bersifat proaktif dalam menghubungi pelanggan dalam menjalankan operasional untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Tujuan dari outbound contact center adalah untuk mempromosikan penjualan perusahaan, memberikan kepuasan kepada pelanggan, dan menciptakan pelanggan yang baru sehingga akan meningkatkan layanan pelanggan dan juga penjualan bisnis perusahaan. Kegiatan yang termasuk dalam outbound contact center seperti Telemarketing, Telesales, Telereminder, Telecollection, Teleretention, dan kegiatan bisnis lainnya.

Keuntungan Menggunakan Outbound Contact Center

Keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan jika menggunakan outbound contact center diantaranya adalah :

  • Informasi terbaru mengenai produk dan layanan perusahaan dapat disampaikan kepada pelanggan dengan tepat waktu dan efisien.
  • Mendapatkan pelanggan baru melalui panggilan telepon ataupun penjualan baru kepada pelanggan existing.
  • Meningkatkan transaksi penjualan.
  • Mengontrol kualitas layanan after sales.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Dapat terintegrasi ke customer service atau CRM.

Outbound contact center memberikan keuntungan bagi perusahaan. Selain itu, dengan kemajuan teknologi, layanan telekomunikasi seperti outbound contact center semakin meningkat kualitas layanannya sehingga perusahaan wajib memiliki layanan outbound contact center untuk meningkatkan bisnisnya.

Layanan yang Bisa Dilakukan dengan Outbound Contact Center

Berbagai layanan yang dapat dilakukan oleh agen outbound contact center seperti melakukan panggilan untuk menjangkau dan menarik hati calon pelanggan untuk mengetahui produk dan layanan yang dimiliki perusahaan. Selain itu dengan menggunakan agen outbound contact center, perusahaan dapat melakukan riset pasar mengenai kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen. Agen outbound contact center menghubungi pelanggan sesuai dengan target pelanggan perusahaan dan mempelajari lebih lanjut mengenai kebutuhan dan minat para konsumen. Layanan lainnya seperti :

  • Lead Generation
  • Market Research dan Survey
  • Appointment Setting
  • Debt Collection
  • Data Validation dan Database Development
  • Direct Sales
  • Customer Acquisition
  • Customer Loyalty Program
  • Product/Service Promotion

Jenis-jenis Outbound Contact Center

  • Telemarketing. Telemarketing memberikan penawaran berupa produk dan layanan perusahaan melalui telepon seperti penjualan dan promosi produk ke calon dari campaign marketing sampai dengan pembelian. Keuntungan menggunakan jasa telemarketing ini adalah untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan produktivitas penjualan, dan peluang bisnis. Dibutuhkan agen telemarketing yang memiliki wawasan luas untuk meningkatkan penjualan dan menawarkan layanan perusahaan.
  • Telereminder. Telereminder merupakan bagian dari jenis outbound contact center yang dapat diaplikasi kepada para pelanggan dengan tujuan untuk mengingatkan dan memastikan pelanggan melakukan pembayaran secara tepat waktu. Keuntungan menggunakan jasa telereminder ini adalah dapat membantu menyelesaikan pembayaran mulai dari awal hingga jatuh tempo, menyediakan alternatif pembayaran, mengontrol, cash flow dan mengurangi kredit macet. Dibutuhkan agen telemarketing yanag memiliki pelayanan yang terbaik (service excellence) dalam melakukan penagihan sehingga dapat menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
  • Teleretention. Teleretention dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dengan meyakinkan kepada pelanggan untuk menawaran produk dan layanan terbaru yang dimiliki perusahaan sehingga dapat memastikan pelanggan memiliki loyalitas terhadap produk dan layanan perusahaan. Keuntungan menggunakan jasa teleretention ini adalah untuk meminimalisir hilangnya pelanggan, menjaga customer satisfaction, memanfaatkan database yang dimiliki, meningkatkan produktivitas penjualan, dan membangun kembali koneksi dengan para pelanggan.
  • Telecollection. Telecollection merupakan perpanjangan dari proses manajemen piutang. Proses telecollection dimulai dari memahami perilaku pelanggan dan dengan mengembangkan kampanye sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi oleh pelanggan. Setelah itu, agen telecollection akan menindaklanjuti pelanggan dengan segera meenagih untuk membayar. Keuntungan menggunakan jasa telecollection adalah memastikan bahwa transaksi bisnis dan pembayaran dapat diterima tepat waktu, meningkatkan pengumpulan uang tunai perusahaan, serta mengurangi kecurangan dan kerugian yang dialami dalam proses piutang.

Kemampuan untuk memberikan customer experience yang baik bergantung pada kualitas agen outbound contact center dalam memberikan pelayanannya kepada pelanggan. Agen outbound contact center adalah representasi perusahaan yang langsung berinteraksi kepada pelanggan sehingga dengan memiliki agen outbound contact center yang terlatih dan berpengalaman dan juga sistem teknologi outbound contact center yang baik dapat memberikan customer experience sesuai dengan harapan para pelanggan.

VADS Indonesia, salah satu BPO yang bergerak di bidang contact center dapat membantu perusahaan Anda untuk membuat outbound contact center perusahaan Anda menjadi sukses. VADS Indonesia memiliki sistem dan teknologi outbound contact center yang mempermudah Anda mencapai tujuan bisnis yang diinginkan serta meningkatkan penghasilan bisnis Anda. Selain itu, agen outbound contact center VADS Indonesia memiliki keterampilan dan pengalaman yang baik untuk memastikan mereka dapat melayani pelanggan Anda dengan baik sehingga menciptakan customer experience yang baik, di sisi lain Anda dapat fokus pada operasional bisnis utama Anda. Beberapa keuntungan lainnya yang dimiliki oleh VADS Indonesia kepada perusahaan Anda adalah :

  • Memiliki sertifikasi Metodologi Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL) dalam meningkatkan kualitas secara efisien dan efektif
  • Memastikan pelayanan yang efektif, meningkatkan performa, dan meningkatkan nilai bisnis perusahaan Anda
  • Melayani pelanggan Anda dengan multi bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin, Malaysia, Tagalog, Jepang, dan Korea
  • Sumber daya manusia yang berpengalaman dan pelatihan yang berkelanjutan
  • Memberikan dukungan teknis 24/7
  • Memberikan konsultasi dengan praktisi contact center VADS yang berpengalaman dan tersertifikasi oleh COPC
  • Menghemat budget perusahaan Anda dan juga meningkatkan keuntungan untuk perusahaan Anda

Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi mengenai outbound contact center untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda.



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik