Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence dan Bedanya dari Machine Learning

Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence dan Bedanya dari Machine Learning

09 Maret 2022

Image of Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence dan Bedanya dari Machine Learning

Perkembangan zaman melahirkan banyak inovasi teknologi yang memudahkan aktivitas manusia. Contoh yang belakangan ini sering disebut-sebut adalah artificial intelligence dan juga machine learning.

Kedua istilah ini sering muncul bersamaan. Bahkan tak jarang artificial intelligence dan machine learning dianggap sebagai dua hal yang sama. Benarkah demikian? Agar tak semakin salah kaprah, mari simak ulasan mengenai apa itu artificial intelligence dan machine learning beserta perbedaannya berikut ini.

Apa itu artificial intelligence?

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari cara untuk membuat komputer agar dapat melakukan tindakan, yang selama ini dianggap hanya bisa berjalan dengan kecerdasan manusia.

Menyimak definisi tersebut, Anda mungkin akan membayangkan sebuat robot super canggih yang bisa bertindak dan berpikir seperti manusia. Pada kenyataannya, artificial intelligence sendiri sudah sangat dekat dengan aktivitas manusia sehari-hari. Bahkan teknologi ini sudah mulai dipelajari sejak tahun 1956 oleh para ilmuwan komputer seperti Allen Newell.

Contoh sederhananya adalah fitur keamanan biometrik pada smartphone. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengakses smartphone hanya dengan memindai sidik jari. Selain itu, ada juga fitur voice assistant yang belakangan ini makin banyak kegunaannya, seperti untuk menghidupkan lampu, mengaktifkan TV, hingga membuat jadwal kegiatan.

Apa itu machine learning?

Sekarang mari bergeser ke machine learning. Sebenarnya, machine learning adalah salah satu cabang artificial intelligence. Bidang ini mempelajari tentang bagaimana merancang algoritma komputer agar sistem bisa mengerjakan suatu tindakan secara otomatis. Algoritma tersebut disusun dari data yang sudah ada sebelumnya.

Machine learning mengumpulkan data, kemudian memeriksa dan mempelajarinya. Dari situ, bisa diambil suatu informasi yang nantinya diterapkan pada komputer agar bisa bertindak secara otomatis. Contoh penerapannya adalah fitur rekomendasi kata pada smartphone. Jika fitur tersebut aktif, pasti akan langsung muncul prediksi kata meski Anda belum selesai mengetik.

Jadi, apa perbedaan AI dan machine learning?

Dari kedua poin di atas, bisa diketahui bahwa machine learning (ML) adalah bagian dari artificial intelligence (AI) itu sendiri. AI secara garis besar mempelajari cara agar komputer bisa meniru perilaku manusia. Sedangkan, ML berkutat tentang pembelajaran data secara otomatis agar komputer bisa meniru mekanisme berpikir manusia.

Apa itu artificial intelligence bertujuan membantu manusia untuk bisa menguraikan suatu masalah. Nah, ML adalah salah satu cara untuk menguraikan masalah tersebut. ML membantu manusia menyelesaikan suatu masalah dengan mempelajari data yang sudah ada sebelumnya.

AI digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sedangkan ML mengupayakan agar keputusan yang diambil merupakan yang paling tepat. Caranya adalah dengan mempelajari pengalaman sebelumnya, menemukan pola khusus, hingga akhirnya didapat informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana contoh AI dan machine learning dalam dunia bisnis?

Setelah mempelajari tentang apa itu artificial intelligence dan machine learning beserta perbedaannya, sekarang mari pelajari bagaimana keduanya diterapkan dalam dunia bisnis.

Baik AI maupun ML sebenarnya sudah banyak digunakan dalam dunia bisnis. Contoh penerapan AI adalah teknologi chatbot. Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam membangun hubungan dengan konsumen mereka. Solusi berbasis AI tersebut kini telah tersedia di PT VADS Indonesia melalui layanan Smart Chat Assistant.

Begitu juga dengan ML. Inovasi teknologi ini pun sudah dikenal luas penggunaannya dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah optimasi iklan yang kini menjadi strategi digital marketing populer. Contoh lain adalah prediksi tren pasar yang akan datang. Dengan mempelajari data yang sudah ada sebelumnya, ML dapat mengetahui pola pergerakan tren pasar hingga akhirnya bisa diperoleh prediksi yang akurat.

 

Meski artificial intelligence dan machine learning adalah dua hal yang berbeda, keduanya saling berhubungan erat. Perbedaan AI dan machine learning bisa dibilang hanya pada cakupannya saja. Cakupan AI lebih luas dibandingkan machine learning.

Keduanya juga sama-sama bisa diterapkan pada bisnis. Kembangkan bisnis Anda dengan dukungan artificial intelligence dan machine learning bersama PT VADS Indonesia. PT VADS Indonesia menyediakan berbagai solusi berbasis AI dan machine learning untuk bantu kembangkan bisnis Anda seperti Smart Chat Assistant dan strategi digital marketing. Untuk langsung terhubung dengan tim PT VADS Indonesia, klik di sini!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik