Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. 5 Manfaat Penerapan Business Process Outsourcing pada Perusahaan

5 Manfaat Penerapan Business Process Outsourcing pada Perusahaan

07 Desember 2021

Image of 5 Manfaat Penerapan Business Process Outsourcing pada Perusahaan

Setiap pelaku bisnis tentu senang jika perusahaan miliknya berkembang pesat. Namun, sejalan dengan perkembangan perusahaan, tantangan yang dihadapi pun akan ikut bertambah. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah proses bisnis yang semakin kompleks. Dampaknya, perusahaan akan kewalahan dalam mengelola proses bisnis mereka.

Salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan menerapkan business process outsourcing (BPO). Dalam BPO, perusahaan memanfaatkan layanan dari pihak ketiga untuk menjalankan beberapa proses dan fungsi bisnis mereka. Lalu, apa manfaat yang bisa didapat dengan menerapkan business process outsourcing ini?

  1. Perusahaan bisa lebih fokus pada pekerjaan inti

Manfaat outsourcing yang pertama tentu berhubungan dengan operasional perusahaan itu sendiri. Dengan BPO, perusahaan bisa lebih fokus pada pekerjaan inti. Seperti yang sudah Anda ketahui, saat perusahaan sedang berkembang, tentu fokus perusahaan adalah pada proses pengembangan tersebut. Nah, di sini outsourcing bisa membantu Anda dalam menjalankan fungsi bisnis lain yang lebih sederhana namun memiliki peran krusial.

Misalnya, katakanlah saat ini Anda memiliki perusahaan fintech yang sedang berkembang. Jumlah nasabah Anda pun terus meningkat. Situasi tersebut mengharuskan perusahaan untuk lebih fokus pada peningkatan teknologi yang digunakan.

Namun, di sisi lain, Anda juga harus memikirkan layanan terhadap nasabah yang sudah ada. Di sini Anda bisa memanfaatkan BPO untuk menjalankan fungsi call center nasabah. Dengan begitu, pelayanan kepada nasabah bisa tetap baik meski fokus perusahaan ada pada fungsi pengembangan teknologi.

  1. Mendapatkan talent berkualitas baik

Business process outsourcing juga berhubungan langsung dengan sumber daya manusia (SDM) perusahaan. Dengan memanfaatkan outsourcing, Anda bisa mendapatkan talent berkualitas yang sudah berpengalaman.

Ini karena talent yang tergabung dalam layanan BPO biasanya adalah SDM berpengalaman dan sudah sangat familiar dengan bidang kerja yang diajukan perusahaan. Jadi, proses bisnis yang dialihdayakan pun bisa tetap berjalan dengan baik.

  1. Efisiensi biaya perusahaan

Manfaat outsourcing lainnya adalah efisiensi biaya. Poin yang satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai SDM. BPO memungkinkan Anda untuk bisa menghemat beberapa pos pengeluaran perusahaan. Salah satunya adalah biaya untuk training karyawan.

Dengan BPO, Anda akan bekerja dengan talent berkualitas dan memiliki jam terbang tinggi. Artinya, mereka sudah terlatih untuk menjalankan proses bisnis yang Anda tunjuk. Otomatis, Anda tidak perlu memberikan training sebelum mereka bekerja.

Bukan hanya itu, BPO juga memungkinkan Anda untuk menghemat biaya investasi alat dan teknologi. Sebab, beberapa perusahaan penyedia layanan BPO juga menyediakan akses menuju alat dan teknologi terbaru yang masih berhubungan dengan proses bisnis.

  1. Peningkatan kualitas layanan

Penyedia layanan business process outsourcing umumnya fokus pada upaya pengembangan keahlian yang berkaitan dengan suatu proses bisnis tertentu. Bisa dibilang, penyedia layanan BPO adalah penghubung antara Anda dengan sumber daya terbaik.

Dengan kualitas sumber daya yang telah teruji, otomatis Anda akan lebih mudah dalam memberikan layanan terbaik untuk pelanggan.  Hasilnya, kualitas layanan terhadap pelanggan pun naik dan kepercayaan pelanggan tetap terjaga. Citra perusahaan Anda pun akan tetap baik di mata pelanggan.

  1. Kejelasan kontrak kerja

Terakhir, BPO juga menghindarkan Anda dari risiko penyalahgunaan kontrak. Sebab, dalam kerja sama dengan penyedia outsourcing, urusan kontrak karyawan merupakan tanggung jawab pihak penyedia. Anda cukup mengikuti kontrak kerja yang ditawarkan oleh pihak penyedia outsourcing dan berperan sebagai user (pengguna layanan).

Anda juga bisa lebih leluasa untuk menentukan jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan. Durasi kerja sama pun akan lebih mudah diatur. Katakanlah Anda masih merasa ragu dengan layanan yang diberikan pihak penyedia outsourcing, maka Anda bisa memilih durasi kerja sama lebih pendek. Jika nanti layanan terbukti memuaskan, Anda bisa membuat kontrak baru dengan durasi kerja sama yang lebih panjang.  

 

Dengan menyimak ulasan mengenai business process outsourcing dan manfaat outsourcing di atas, rasanya sayang jika tidak memanfaatkan layanan tersebut. Terutama bagi Anda pelaku bisnis yang sedang berkembang dan menghadapi proses bisnis yang jauh lebih rumit dari saat perusahaan baru dirintis.

BPO akan memudahkan Anda dalam menjalankan beragam proses bisnis, salah satunya proses bisnis yang berhubungan dengan layanan pelanggan yaitu call center. Ingin meningkatkan kualitas customer experience perusahaan Anda? VADS Indonesia siap membantu. Dengan tenaga ahli bersertifikasi dan layanan 24/7 jam selama 365 hari, VADS Indonesia adalah solusi terbaik untuk mengatasi segala hambatan dalam mengembangkan bisnis Anda. Hubungi marketing@vads.co.id atau klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim VADS Indonesia!



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik